Mantapnya Kuliner Makassar Ini Wajib Anda Coba Saat Berkunjung ke Makassar

By | September 2, 2016

Pulau Sulawesi selain terkenal dengan kekayaan alamnya yang sangat melimpah, juga terkenal dengan banyak nya kuliner yang pasti menggugah selera. Salah satu kota di Pulau Sulawesi yang kaya akan wisata kuliner adalah Makassar. Apakah Anda pernah berlibur ke Makassar dan mencicipi kuliner yang ada di sana? Jika belum atau pun sedang berencana untuk pergi ke Makassar, inilah kuliner yang wajib Anda coba!

Mantapnya Kuliner Makassar Ini Wajib Anda Coba Saat Berkunjung ke Makassar

Mantapnya Kuliner Makassar Ini Wajib Anda Coba Saat Berkunjung ke Makassar

Kuliner yang wajib dicicipi di Makassar

Coto

Kuliner yang satu ini tidak akan sulit Anda temukan di Makassar. Hal ini karena banyak warung Coto yang terdapat di Makassar. Bahkan konon jumlahnya bisa mencapai ratusan. Namun, memang tidak semua warung mempunyai cita rasa yang khas. Mungkin warung Coto ini bisa menjadi pilihan Anda agar tidak salah dalam memilih warung Coto, warung Coto tersebut berada persis di Jalan Nusantara atau umumnya di kenal dengan Coto Nusantara. Letaknya pun tidak sulit ditemukan karena tempatnya tepat di Terminal Peti Kemas, pelabuhan Makassar. Coto sendiri adalah kuliner yang terdiri dari potongan daging sapi empuk dan ketupat sebagai pelengkapnya.

Sop Konro dan Konro Bakar

Menjajal makanan di Makassar tidak akan terasa lengkap kalau Anda belum menjajal Sop Konro dan Konro Bakar-nya. Warung yang menjual kuliner ini pun cukup banyak. Tetapi, ada yang paling terkenal yaitu Warung Konro Karebosi. Warung ini terletak di Jalan Gunung Lompobattang, lokasinya tepat di belakang Gedung Bank Indonesia.

Kuliner ini terdiri dari daging sapi pilihan yang disajikan dengan kuah sup. Sedangkan untuk Konro Bakar merupakan daging iga sapi pilihan yang dimasak dengan cara dipanggang dan dipadukan dengan bumbu kacang racikan khas Makassar. Menggugah selera bukan?

Palumara

Yang menyajikan menu andalan Palumara di kota Makassar datang saja ke restoran Ulu Juku yang mempunyai arti kepala ikan dalam bahasa Makassar.

Kuliner ini menyajikan kepala ikan yang dibelah menjadi tiga bagian. Kuah sup dalam kuliner ini pun sangat menggugah selera dan segar, juga ada sedikit rasa asam. Anda bisa membayangkan rasanya? Tidak diragukan lagi, sangat menggugah selera bukan?

Pallubasa

Kuliner ini terbuat dari sup berbahan dasar daging sapi  yang kuahnya dicampur dengan kelapa goreng. Selain itu, Pallubasa juga biasa ditambahkan dengan telur ayam kampung sehingga menjadikan kuliner ini cukup unik.

Di Makassar sendiri ada 2 warung Pallubasa yang sangat terkenal yaitu warung pallubasa di Jalan Serigala dan di jalan Onta. Oleh karena itu, jika berkunjung ke Makassar jangan lupa untuk mencicipi kuliner ini.

Sop Saudara

Menu kuliner yang ada di Makassar memang sangat banyak. Salah satunya adalah Sop saudara. Sop ini tediri dari daging sapi, ditambahkan bihun dan adonan kentang yang sebelumnya telah digoreng. Jagonya menu Sop Saudara, Anda bisa menyambangi warung Sop Saudara di Jalan Irian dan Jalan Andalas. Harganya pun sangat murah di kantong, antara 15 ribu sampai dengan 20 ribu rupiah.

Warung Mie Titi

Setelah membahas semua kuliner dari Makassar yang terbuat dari daging, ternyata kuliner Makassar juga tidak hanya berbahan daging saja. Seperti kuliner yang satu ini, Mie Titi yang terdiri dari mie kering yang disiram dengan kuah kental. Kuah kentalnya pun sangat istimewa karena terbuat dari adonan telur dan sayuran hijau. Selain itu, Mie Titi juga biasanya ditambahkan irisan daging ayam atau sapi di atasnya.

Bakso Ati Raja

Bakso memang makanan yang merakyat dan bisa ditemukan diamana saja. Tetapi untuk Bakso Ati Raja, Anda tidak bisa menemukannya begitu saja, hanya di Makassar Anda bisa menemukan bakso jenis ini. Bakso Ati Raja terkenal dengan tekstur kenyal dan lembut dengan rasa daging yang gurih. Semangkok bakso ini dijamin buat Anda nambah lagi.

Kuliner di atas wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Makassar. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *