Langkah Tepat yang Harus Anda Lakukan Ketika Hp Kemasukan Air

By | September 1, 2016

Hp yang jatuh lalu kemasukan air adalah hal yang tidak diinginkan oleh siapa pun. Bagi Anda yang memang pernah atau pun pertama kali mengalami hal tersebut, pasti sudah pasrah jika Hp Anda benar-benar rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Ketika Hp dalam keadaan hidup, lalu secara tidak sengaja kemasukan air, kejadian tersebut akan membuat Hp otomatis mati. Inilah mengapa Anda menganggap bahwa Hp Anda rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Tapi tunggu dulu, sebenarnya masih ada harapan Hp Anda bisa digunakan lagi seperti biasanya.

Untuk Anda yang memang sedang mengalami hal di atas atau hanya ingin berjaga-jaga, inilah langkah yang harus Anda lakukan seperti yang dikutip dari merdeka.com

Langkah Tepat yang Harus Anda Lakukan Ketika Hp Kemasukan Air

Langkah Tepat yang Harus Anda Lakukan Ketika Hp Kemasukan Air

Langkah-langkah yang harus dilakukan jika Hp kemasukan air

Jangan terlalu panik

Hal yang wajar ketika Anda panik melihat Hp yang selama ini menemani keseharian Anda tidak sengaja terjatuh dan kemasukan air. Tetapi, hal tersebut sebenarnya kurang baik, karena saat Hp Anda kemasukan air, hal yang harus Anda lakukan adalah mengambil Hp Anda dengan perlahan dan hati-hati. Perhatikan juga apakah ada sambungan listrik pada Hp tersebut agar tidak memicu sengatan listrik ketika Anda mengambilnya.

Melepaskan Baterai dan SIM

Setelah mengambil Hp dari dalam air dengan hati-hati,  selanjutnya taruh Hp tersebut di atas handuk atau pun kain kering. Setelah itu, Anda bisa melepaskan baterai, SIM dan kartu memori. Keringkan baterai, SIM dan kartu memori dengan handuk yang lainnya lalu simpan di tempat terpisah.

Melepaskan aksesoris HP

Sudah hal umum jika banyak orang yang menggunakan aksesoris pada Hp-nya, dengan tujuan untuk mempercantik Hp atau pun untuk meningkatkan kinerja Hp. Sebaiknya aksesoris tersebut dilepas untuk mengeluarkan air yang terdapat pada Hp. Biasanya air biasa masuk dari slot aksesoris tersebut. Jadi, melepaskan aksesoris adalah langkah yang tepat.

Membersihkannya dengan seksama

Setelah semua aksesoris tersebut lepas dari Hp, langkah selanjutnya adalah bersihkan bagian luar HP dengan kain atau handuk kering. Bersihkan secara lembut dan teliti agar tidak ada air yang tersisa di bagian luar Hp. Usahakan, Anda tidak terlalu banyak menggoyang-goyang Hp ketika sedang dibersihkan. Hal ini dikhawatirkan air yang ada di bagian dalam Hp akan menyebar ke bagian yang tidak terkena air.

Menggunakan vacuum cleaner

Setelah Anda memasktikan tidak ada lagi air yang tersisa di bagian luar, langkah selanjutnya adalah membersihkan air di bagian dalam. Langkah ini sebaiknya menggunakan vacuum cleaner, dibandingkan dengan hairdryer. Lakukan hal tersebut selama 20 menit. Anda pun harus memperhatikan jarak antara Hp dengan vacuum cleaner, karena jika terlalu dekat malah akan merusak Hp. Selain itu juga, Anda harus menghindari hairdryer karena bisa melelehkan komponen Hp.

Merendam Hp dalam beras

Jika Anda masih merasa ada air yang tersisa, rendam dulu Hp dan baterai dalam beras selama beberapa jam. Perendaman yang lebih lama akan lebih bagus. Kenapa beras? Karena beras adalah material kering yang dapat menyerap air dengan baik, bahkan di sela-sela Hp yang tidak terjangkau handuk atau kain sekalipun.

Lakukan pengetesan pertama

Setelah direndam beberapa jam dan Anda yakin bahwa Hp benar-benar kering, segera bersihkan beras dan debu dengan kain kering secara lembut. Lalu pasang satu per satu komponen dan nyalakan Hp dengan perlahan. Jika Hp berhasil menyala dan masih terasa panas, tandanya masih ada air di dalamnya. Redam lagi dengan beras kemudian bawa ke reparasi tepercaya.

Demikianlah informasi mengenai langkah yang harus Anda lakukan ketika Hp Anda kemasukan air. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *