Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone yang Cepat Panas

By | September 1, 2016

Smartphone Android yang mudah panas sudah menjadi rahasia umum bagi setiap pengguna smartphone Android. Kerja gadget yang satu ini memang tidak jauh berbeda dengan ponsel yang lainnya. Hanya saja, banyak perangkat yang menjadikannya lebih mirip PC ketimbang ponsel. Hal ini membuat smartphone Android harus bekerja ekstra untuk menjalankan aplikasi yang ada di dalamnya. Bedanya dengan PC, mungkin terletak pada sistem pendinginnya. Jika PC mempunyai sistem pendingin berupa fan atau pun yang lainnya, sedangkan smartphone tidak mempunyai sistem yang seperti itu. Oleh kerena itu, sebenarnya kejadian smartphone yang cepat panas itu wajar dibandingkan dengan ponsel biasa.

Meskipun hal tersebut sering terjadi dan terbilang wajar. Tetapi sebagai pengguna, Anda harus tahu batasan panas yang sering terjadi pada smartphone Anda. Jika Smartphone Anda mengalami panas yang melebih kata wajar, Anda perlu waspada agar tidak terjadi ledakan atau pun hal yang tidak diinginkan lainnya. Oleh karena itu, pengguna smartphone sangat perlu untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Inilah beberapa penyebab dan cara mengatasi smartphone Anda yang cepat panas untuk Anda pengguna gadget Adroid

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone yang Cepat Panas

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone yang Cepat Panas

Debu yang berlebihan pada smartphone

Debu yang terdapat pada smartphone juga bisa menyebabkan smartphone cepat panas. Karena biasanya dapat menghambat dan menutupi saluran suhu panas untuk keluar. Suhu panas biasanya di netralisir oleh lubang-lubang kecil yang terdapat pada smartphone. Jika lubang kecil tersebut tertutup debu, maka kemungkinan besar smartphone Anda cepat panas. Untuk itu, bersihkan tempat yang biasa digunakan untuk menyimpan smartphone Anda. Selain itu, usahakan smartphone Anda menggunakan pelindung.

Menggunakan smartphone di tempat yang panas

Mungkin Anda sering melakukan hal ini, misalnya menelepon tepat di bawah sinar matahari yang sangat terik karena kurangnya sinyal? Pasti Anda akan merasakan bahwa smartphone Anda cepat panas. Hal tersebut diakibatkan suhu sekitar pun sangat mempengaruhi smartphone. Untuk itu, usahakan untuk menggunakan smartphone di tempat-tempat dengan suhu normal agar masalah smartphone cepat panas bisa dihindari.

Dipaksa melakukan kinerja berlebihan

Terlalu memaksa smartphone Anda untuk bekerja lebih keras dalam menjalankan semua aplikasi, bisa menjadi salah satu penyebab smartphone cepat panas. Hal ini diakibatkan karena CPU beroperasi lebih cepat dari biasanya sehingga bisa cepat panas. Cara mengatasi adalah dengan menghindari aplikasi yang terlalu berat dan tidak sesuai dengan kapasitas smartphone Anda.

Active Backgroud Application

Banyak dari pengguna yang masih kurang memperhatikan untuk menutup aplikasi yang telah mereka buka. Padahal, keteledoran tersebut bisa menyebabkan aplikasi tetap berjalan dan aktif (Active Background Application) di sistem smartphone. Hal tersebut menyebabkan smartphone Android menjadi cepat panas. Cara mengatasinya tentu saja dengan menutup segera aplikasi  yang telah dipakai. Atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM yang tersedia di Play Store.

Masalah sinyal

Terkadang Anda mengalami kendala yang satu ini. biasanya dialami ketika Anda berada di daerah yang memang jauh dari BTS terdekat. Hal ini menyebabkan smartphone terlalu memaksakan diri untuk mencari sinyal terus menerus dan menyebabkan smartphone cepat panas. Untuk itu, sebaiknya Anda mematikan sinyal internet Anda jika memang sendang minim jaringan.

Kerusakan baterai

Baterai yang sudah tidak layak untuk dipakai biasa menyebabkan smartphone cepat panas. Hal ini disebabkan sistem kerja baterai yang menjadi tidak optimal dan membuat hardware berjalan tidak stabil. Oleh karena itu, Anda harus lebih sering mengecek optimalisasi kinerja baterai untuk mengatasi hal ini.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi smartphone yang cepat panas. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda.

Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *