Tips Yang Harus Dilakukan Saat Membeli Smartphone

By | Agustus 16, 2016

Smartphone Android di pasaran semakin beragam dengan fitur yang semakin banyak. Hal ini sangat membantu kegiatan manusia sehari-hari dan membuat Smartphone Android menjadi hal yang pribadi dan boleh diketahui oleh orang lain. Untuk itu, saat Anda membeli smartphone Android baru, beberapa hal ini wajib Anda lakukan

920x1240 Tips yang Harus Dilakukan Saat Membeli Smartphone

Tips yang Harus Dilakukan Saat Membeli Smartphone

Hal yang harus dilakukan pada smartphone baru

Membuat Akun google

Anda harus mempunyai akun Google sebagai jalan untuk menggunakan layanan Google yang ada di smartphone Anda. Selain itu, akun google pun bisa digunakan untuk mendownload semua aplikasi dan game yang tersedia di Play Store.

Mengamankan dengan Passcode

Data yang ada di smartphone Anda tentu rahasia dan tidak boleh diketahui oleh orang lain. Apalagi bagi orang-orang penting yang mempunyai banyak data penting di smartphone-nya. Hal yang harus diperhatikan untuk menjaga keamanan smartphone Anda membuat passcode. Caranya tidak sulit Anda hanya perlu membuka setting -> Security -> Screen -> Lock, kemudian pilih passcode. Android akan memberikan pilihan passcode yang berupa pattern, PIN, atau password.

Mengganti Rington

Kedengarannya hal ini tidak terlalu penting. Tetapi, sebenarnya hal ini wajib Anda lakukan apabila agar ringtone Anda berbeda dengan orang lain. Kebanyakan orang, akan memilih ringtone bawaan ponsel sehingga ringtone tersebut akan digunakan oleh banyak orang. Agar tidak pasaran, Anda perlu merubah ringtone smartphone Anda dengan ringtone yang unik. Hal ini pun membuat Anda mudah mengenali suara ringtone. Caranya buka Setting -> Sound -> Phone Ringtone. Setelah itu pilihlah file oudio kesukaan Anda.

Mengganti Wallpaper

Ganti wallpaper dengan image yang Anda sukai. Caranya pun sangat mudah dengan membuka Setting -> Display -> Wallpaper, lalu pilihlah image favorit Anda.

Melacak lokasi Smartphne Anda

Google mamang sangat membantu pada pengguna smartphone dengan berbagai aplikasi yang disediakannya. Salah satunya adalah Google memberikan layanan untuk melacak ponsel yang hilang. Dengan cara mengunjungi Google Device Manager. Setelah itu, log in menggunakan akun Google Anda. langkah selanjutnya, simpan wesite tersebut dan Anda akan mengunjungi website tersebut untuk menemukan smartphone Anda.

Penghematan Baterai

Untuk lebih menghemat baterai, Anda harus mematikan aplikasi yang tidak dipakai oleh Anda atau pun tidak terpengaruh meskipun di non aktifkan seperti Buetooth, Wi-Fi, GPS dan NFC. Tingkat kecerahan layar pun perlu diperhatikan, usahakan dalam posisi otomatis. Selain itu, screen time out diganti pada menit terendah. Anda bisa melakukan ke dua pengaturan tersebut di ‘Setting’.

Mematikan Auto-update

Rata-rata pengguna smarthpne menginstal 25 aplikasi di ponsel. Seiring berjalannya waktu aplikasi  yang di download pun akan semakin banyak.

Play Store di Android memiliki fitur yang bisa melakukan update aplikasi secara otomatis. Hal ini akan membuat konsumsi daya baterai akan lebih boros bila fungsi ini diaktifkan. Oleh karena itu, matikan fitur ini dengan Settings di Play Store

membuka Settings di Play Store, lalu hilangkan tanda centang di bagian Auto-Update Apps. Setelah itu, hilangkan tanda centang pada Auto-update.

Widget

Widget berfungsi untuk memudahkan pengguna smartphoen agar lebih mudah untuk melihat berbagai informasi langsung di halaman home dan menu. Anda bisa melihat isi dari SMS, hasil dari pertandingan sepak bola atau pun bacar berita tanpa membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak menginstal banyak widget untuk menghemat baterai.

“Ok Google”

Fitur ini sangat mirip dengan fitur S Voice di ponsel Samsung. Fitur ini hanya terdapat pada smartphone yang telah menggunakan sistem operasi Android 4.4 (KitKat) ke atas dengan Google Now. Anda hanya perlu menyebutkan “Ok Google” saat Anda berada di Google Now atau Home yang berfungsi untuk melakukan pecarian ponsel maupun Google Search untuk meminta petunjuk arah di Google Maps.

Keyboard Alternatif

Hal yang tidak bisa dipisahkan dari smartphone adalah keyboard. Saat mengetik di keyboard layar sentuh tentu saja akan berbeda dengan mengetik di keyboard fisik seperti di BlackBerry. Agar Anda bisa mengetik dengan lebih mudah. Ada dua aplikasi keyboard Android yang bisa membantu Anda yaitu Swype dan SwiftKey. Kedua Aplikasi tersebut sudah tersedia gratis di Play Store.

Nah, itulah hal yang harus dilakukan pada smartphone baru Anda. selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *