Tips Ini Harus Diperhatikan Sebelum Anda Terjun Dalam Bidang Bisnis Online

By | Agustus 24, 2016

Mungkin diantara Anda ada yang berencana untuk membuka lapak online. Peluang yang Anda lihat berkaitan dengan orang yang memang sudah menganggap gadget adalah sebuah kebutuhan hidup yang penting dan tidak bisa jauh dari gadget. Bahkan, saat ini sudah banyak orang yang mengandalkan gadget untuk memenuhi kebutuhan mereka, salah satunya adalah belanja perlengkapan sehari-hari.

Fenomena di atas membuat peluang Anda untuk membuka bisnis online semakin luas. Tapi tunggu dulu, yang bekecimpung dengan bisnis online bukan hanya Anda saja. Untuk itu Anda perlu tahu tips-tips ini sebelum memutuskan untuk masuk ke dunia bisnis online.

peluang usaha baru Tips Ini Harus Diperhatikan Sebelum Anda Terjun Dalam Bidang Bisnis Online

Tips Ini Harus Diperhatikan Sebelum Anda Terjun Dalam Bidang Bisnis Online

Tips sebelum bergabung dengan bisnis Online

Jual barang yang berbeda dari orang lain

Selain mempersiapkan mental wirausaha dan menentukan target pasar bisnis online Anda, Anda juga sangat perlu untuk memilih produk-produk untuk yang belum banyak yang memasarkannya secara online. Misalnya saja, saat ini yang berjualan baju online sudah banyak, untuk itu Anda jangan menjual baju online lagi, pilihlah perlengkapan seperti aksesoris pelengkap baju yang memang belum terlalu banyak orang yang memasarkannya secara online.

Produk sudah ada, sekarang tinggal tentukan target pasarnya

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena akan menentukan laku atau tidaknya produk yang Anda jual. Misalnya saja, jika Anda berjualan gelang, tidak mungkin jika sasaranmu adalah bapak-bapak karena tidak akan ada yang tertarik dengan produk tersebut. Jika Anda menjual gelang-gelang untuk aksesoris pelengkap, salah satu target pasar yang pas adalah para pelajar atau lebih umum adalah usia remaja. Selain itu, harga pun harus lebih miring dibandingkan dengan saingan Anda.

Punya rekening khusus dan gadget sendiri

Jika memutuskan untuk membuka bisnis online, jangan sampai Anda belum mepersiapkan dua hal penting di atas. Punya rekening yang khusus untuk jualan online adalah hal yang wajib karena semua transaksi online yang akan dilakukan adalah melalui rekening bank atau ATM. Hindari memakai rekening teman atau pun orang tua Anda, tidak hanya itu Anda pun jangan mencampurkan rekening bisnis online dengan rekening pribadi Anda. Numpang di rekening orang lain pun membuat pelanggan Anda kurang percaya terhadap bisnis online Anda.

Menjadi reseller

Jika Anda adalah seorang pemula di bisnis online, tidak perlu ragu untuk menjadi reseller. Pilihlah toko online yang tepercaya dengan cara mencari di internet atau pun bertanya ke teman-teman Anda.

Catat setiap transaksi

Meskipun Anda baru di bidang bisnis ini, tapi tidak ada salahnya jika Anda mencatat semua transaksi yang dilakukan. Hal ini agar Anda dapat memperhitungkan untung ruginya bisnis yang Anda jalankan.

Akrab dengan media sosial

Manfaatkan semua media sosial yang ada untuk kelancaran bisnis online Anda. Menggunakan account pribadi untuk permulaan pun bisa menjadi langkah yang bagus. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi barang yang Anda jual.

Perlakukan pembeli Anda dengan baik

Target bulanan tentu harus ada, tetapi bukan berarti Anda menjadi bersikap tidak ramah kepada pembeli Anda, misalnya saja dengan memaksa. Hal tersebut membuat pembeli Anda menjadi tidak nyaman. Hindari kata-kata yang menyinggung pembeli Anda.

Buat promo menarik

Seperti halnya toko-toko online lain, mendekati hari-hari besar adalah momen yang tepat untuk memberikan promo yang menarik. Dengan mengadakan promo, besar kemungkinan jualan online Anda akan semakin ramai.

Yakinkan pembeli, Anda adalah pembisnis online yang tepercaya

Banyak diantara pembeli Anda yang mungkin masih meragukan bisnis online yang sedang Anda jalani. Hal ini wajar, karena bisnis online masih banyak aksi tipu menipu apalagi Anda masih termasuk baru. Untuk itu, layani pembeli Anda dengan baik dan yakinkan mereka dengan testimoni asli dari pembeli Anda sebelumnya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum memulai bisnis online. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *