Ternyata Tidur Bisa Menurunkan Berat Badan! Inilah Rahasianya!

By | Agustus 11, 2016

Hal yang paling diperhatikan oleh wanita saat ini adalah penampilan. Tetapi, banyak yang kurang dari wanita yang kurang percaya diri dengan penampilannya karena masalah kelebihan berat badan. Banyak cara yang direkomendasikan oleh dokter maupun cara-cara yang dimuat di website-website kecantikan di internet untuk membentuk tubuh ideal, tetapi tidak semua cara yang direkomendasikan tersebut efektif untuk menurunkan berat badan. Mungkin saat ini Anda adalah salah satu yang masih berusaha untuk menurunkan berat badan tapi masih belum juga berhasil?

Bagaimana jika Anda bisa menurunkan berat badan hanya dengan tidur? Inilah solusi untuk Anda, cara menurunkan berat badan yang bisa dilakukan hanya dengan tidur dengan tips-tips berikut. Ingat! Tanpa olahraga dan usaha.

3 Manfaat Tidur Cukup Ternyata Tidur Bisa Menurunkan Berat Badan! Inilah Rahasianya!

Ternyata Tidur Bisa Menurunkan Berat Badan! Inilah Rahasianya!

Tips tidur yang baik untuk menurunkan berat badan

Konsumsi protein sebelum tidur

Hal ini diungkapkan dari hasil penelitian Florida State University, bahwa pria yang sebelum tidur mengkonsumsi  30 gram minuman berprotein mengalami pembakaran energi yang lebih tinggi pada esok harinya, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak makan apa-apa sebelum tidur.

Tidur dalam keadaan gelap

Selain baik untuk tubuh dan mata, tidur dalam keadaan gelap total juga sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Dalam keadaan gelap total, tubuh akan memproduksi hormon melatonin. Fungsi hormon ini tidak hanya membuat Anda merasakan kantuk, tapi juga membantu dalam proses pembakaran kalori di dalam tubuh. Hal tersebut diungkapkan Journal of Pineal Research.

Mematikan semua perangkat elektronik

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Manchester University, bahwa perangkat elektronik seperti ponsel dan tablet mengeluarkan cahaya biru gelombang pendek dapat yang dapat mengganggu produksi hormon melatonin. Hal ini membuat tidur menjadi kurang nyenyak dan metabolisme tubuh pun menjadi terganggu. Oleh karena itu, matikan alat elektronik di sekitar Anda agar upaya Anda untuk menurunkan berat badan berhasil dan Anda pun lebih nyenyak saat tidur.

Perhatikan suhu kamar Anda

Tidur dalam keadaan udara dingin dapat membantu dalam proses pembakaran lemak dalam tubuh. Hal ini akan membuat kalori yang terbakar menjadi lebih banyak. Orang yang tidur dengan suhu 19 derajat Celcius, akan membakar kalori tujuh persen lebih banyak dibandingkan dengan yang tidur di suhu yang hangat. Hal tersebut terungkapkan dalam sebuah penelitian yang telah dimuat di jurnal Diabetes. Hal ini menyebabkan tubuh harus bekerja ekstra untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal. Jumlah kalori yang terbakar dalam waktu 24 jam bisa mencapai 100 kalori.

Waktu tidur yang cukup

Berdasarkan rekomendasi dari Mayo Clinic, tidur 7-8 jam per hari bisa membakar lemak lebih banyak sepanjang hari, meskipun Anda sendang tidak aktif. American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, orang yang mempunyai istirahat yang cukup akan mempunyai kemampuan membakar kalori lima persen lebih tinggi pada waktu istirahat dari pada mereka yang kurang tidur. Tidur yang cukup juga dapat membakar kalori dua puluh persen lebih banyak ketika selesai makan. Hal ini karena kurang tidur dapat menyebabkan sel kurang sensitif terhadap insulin. Kurang tidur pun dapat meningkatkan risiko diabetes.

Itulah tips tidur yang baik dan dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga Anda harus lebih bersabar dalam menjalani metode penurunan berat badan yang satu ini. Semoga upaya Anda kali ini membuahkan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *