Teknik Mudah Bermain Dalam Memainkan Gitar Akustik

By | Agustus 2, 2016

Gitar akustik biasa dimainkan oleh pemula dan professional dengan cara petik yang tidak menimbulkan suara bising dan nyaring. Memetik gitar akustik pun memiliki beberapa teknik yang kerap digunakan. Teknik bermain gitar akustik dibutuhkan untuk menunjang skill bermain gitar. Sebelum membahas teknik atau cara bermain gitar akustik, ada baiknya perhatikan tips berikut ini :

Memilih posisi yang nyaman. Beberapa gitaris mempunyai posisi nyaman dalam bermain gitar, disesuaikan dengan tangan mereka. Tidak selama gitaris memetik dengan tangan kanan dan memegang kunci dengan tangan kiri. Gitaris juga ada yang bertangan kidal, alias memulai kegiatan dengan tangan kiri daripada tangan kanan. Maka posisi nyaman pun menjadi pilihan tersendiri bagi setiap gitaris. Yang terpenting adalah posisi jari yang menggantung di depan sound hole gitar adalah U shape atau berbentuk sperti huruf U.

Perhatikan penomoran jari. Pada tips kedua ini, sebagai contoh memakai tangan kanan. Penomoran jari kanan dalam memetik gitar sangat penting, berpengaruh dengan kemahiran bermain gitar. Adapun penomorannya :

Memetik senar nomor 5 dan 6 menggunakan ibu jari atau pulgar

Memetik senar nomor 4 menggunakan jari telunjuk atau indice

Memetik senar nomor 3 menggunakan jari tengah atau medio

Memetik senar nomor 2 menggunakan jari manis atau anular

Memetik senar nomor 1 menggunakan jari kelingking atau dedo menique

Dan seringlah berlatih dengan menggunakan chord atau akor secara rutin. Setelah semua tips dilaksanakan maka terapkan pada sebuah lagu, dengan mengikuti tempo atau beat lagu tersebut. Dengan giat berlatih secara bertahap, maka penguasaan lagu pun menjadi semakin cepat.

Cara Bermain Gitar Akustik

tips-belajar-gitar-akustik-untuk-pemula

Hammering

Adalah teknik dengan membunyikan nada 2 atau lebih dengan sekali petik. Semakin menggeserkan jari, maka semakin tinggi nada yang dihasilkan. Permainan melodi biasanya menggunakan teknik ini. Teknik hammering bisa menjadi sangat luar biasa apabila permainannya diiringi dengan tempo yang cepat.

Sliding

Adalah teknik yang hampir sama dengan teknik hammering, menghasilkan 2 nada sekali petik. Yang membedakannya adalah penggunaan jari. Teknik sliding hanya menggunakan 1 jari saja sekali petik dan menghasilkan 2 nada.Teknik sliding ada macam-macam, yaitu single sliding, menggunakan jari ke-2 dan ke-3, seperti up dan down, kemudian chord sliding, dan power sliding.

Bending

Adalah teknik dengan menaikkan nada, caranya adalah dengan menaikkan senar ke atas. Teknik ini biasa digunakan pada melody pop dan blues. Teknik ini dibedakan menjadi : Double String Bending, yang menggunakan senar ke-2 dan ke-3 dan dilakukan pada dua nada yang berbeda bersama-sama dalam sekali petik. Vibrato, adalah cara menaik-turunkan nada dengan cepat. Terdapat 2 cara vibrato yaitu vibrato horizontal dan vertikal.

Power Chord

Adalah teknik dengan membunyikan 2 sampai 3 nada utama. Power Chord dikenal dengan pemakaian chord ke-5 atau E5, dan menghasilak suara yang sama untuk mayor maupun minor.

Harmonik

Adalah suara yang dihasilkan dari petikan gitar, berada 1 oktav diatas suara fundamental. Suara fundamental adalah suara atau nada dasar yang didengar ketika memetik senar. Beberapa teknik yang biasa dimainkan adalah:

Open String Harmonic : cara bermain gitar dengan teknik ini bisa mendapatkan hasil suara dengan 5 nada harmonik.

Fretted String Harmonic : cara menekan nada yang diinginkan dengan sentuhan senar jari tanganĀ  kiri, dan memetiknya dengan jari tangan kanan. Sehingga gitaris dapat mendengan semua suara harmonic yang diinginkan.

Pinching Harmonic : cara bermain gitar akustik yang sama seperti fretted string harmonic, dengan fungsi sentuh yang berbeda dengan ujung jempol luar tangan kanan. Posisi sentuh juga berbeda, tidak diatas fingerboard, namun di atas bodi gitar. Dengan teknik ini, harmonik yang tepat bisa didapatkan dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *