Perbedaan Visa Dan Paspor

By | Agustus 10, 2016

Kata ‘visa’ biasa kita dengar berkaitan dengan segala macam hal tentang luar negeri. Ya, visa memang sebuah dokumen yang dibutuhkan untuk ke luar negeri. Jenis visa juga bermacam-macam, mulai dari visa pelajar, visa kerja, visa diplomatic, visa bisnis, visa turis (kunjungan singkat), visa transit, visa pekerja rumah tangga serta satu lagi yakni visa khusus. Visa dengan berbagai jenisnya ini cukup mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan untuk mengajukan surat permohonan visa.

Berikut penjelasan mengenai apa itu visa dan bedanya dengan paspor :

NoVictor_(Visa)

Pengertian Visa

Apa itu visa? Visa merupakan sebuah dokumen, dimana dokumen ini dikeluarkan oleh sebuah negara untuk memberikan izin pada seseorang untuk memasuki negara tersebut. Izin tersebut berkisar dalam suatu periode tertentu dan dalam tujuan tertentu. Misalnya saja kita hendak belajar ke Australia, maka kita membutuhkan visa dari negara Australia untuk bisa pergi ke sana. Intinya, visa merupakan tanda bukti bahwa seseorang boleh berkunjung atau memasuki suatu negara dengan tujuan tertentu. Izin berkunjung ke negara tersebut tentunya telah disepakati oleh kedua belah pihak, sehingga kita harus mengetahui terlebih dahulu apakah negara yang kita tuju dapat kita kunjungi menggunakan visa.

Beda Visa dengan Paspor

paspor-397x300

Kita juga sering mendengar istilah paspor ketika akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Lalu, apa bedanya paspor dengan apa itu visa? Paspor merupakan sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang dari suatu negara, dimana dokumen tersebut membuat identitas dari pemegangnya. Paspor berlaku untuk melakukan perjalanan antarnegara. Misalnya kita dari Indonesia hendak belajar ke Australia, maka paspor merupakan surat izin perjalanan yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia, dan visa merupakan surat izin untuk memasuki negara Australia dan dikeluarkan pula oleh pemerintah Australia.

Bentuk Visa

Beberapa negara biasanya membutuhkan kepemilikan visa asli agar warnga negara asing bisa masuk. Visa biasanya berbentuk stiker visa ataupun stempel yang terdapat di paspor yang dimiliki, demikian adalah apa itu visa. Stiker visa ini dapat diambil di kedutaan negara yang akan dikunjungi.  Meski demikian, visa tetaplah sebuah dokumen resmi untuk memasuki suatu negara. Sehingga, paspor dan visa adalah dua hal yang saling melengkapi sebagai dokumen resmi untuk kita berkunjung ke luar negeri.

Cara Mendapatkan Visa

  1. Pertama, datanglah ke perwakilan atau kedutaan besar negara yang akan dituju.
  2. Kemudian isi formulir yang disediakan
  3. Lengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti paspor, surat keterangan, pas foto, jaminan keuangan, dan sebagainya.
  4. Bisasanya terdapat sebuah wawancara pada negara tertentu.
  5. Bayar biaya visa.
  6. Jika telah diterima, visa bisa diambil sesuai jadwal dengan menunjukkan resi pengajuan permohonan visa.

Bebas Visa

Meski visa berbayar, namun tidak semua negara memberlakukan demikian. Ada beberapa negara yang menerapkan bebas visa masuk bagi para pemegang paspor Indonesia. syaratnya cukup izin masuk di imigrasi bandara di negara yang bersangkutan. Negara dengan bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia diantaranya Brunei (14 hari), Kamboja (30 hari), Hongkong, Yordania, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Chile, Peeru, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke luar negeri, tentu harus paham terlebih dahulu tentang apa itu visa serta aneka pengetahuan lainnya. Bagaimana, penjelasan di atas sudah membuat Anda cukup yakin dan ingin segera mengunjungi luar negeri? Semoga informasi kali ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *