Masakan Lombok yang Menggugah Selera Wajib Anda Coba

By | Agustus 21, 2016

Jika Anda berkunjung ke suatu daerah, salah satu yang menjadi perhatian adalah objek wisata dan kulinernya. Hal ini membuat kuliner kuliner suatu daerah menjadi hal yang wajib untuk dijelajahi jika Anda tidak mau merasa liburan Anda terasa kurang jika belum mencicipi kuliner di suatu daerah.

Lombok adalah destinasi wisata yang manawarkan segala kenyamanan kepada turis yang datang. Tidak hanya objek wisatanya saja, kuliner Lombok pun wajib Anda cicipi.

Masakan Lombok yang Menggugah Selera Wajib Anda Coba

Masakan Lombok yang Menggugah Selera Wajib Anda Coba

5 Kuliner Wajib Dicicipi Saat Berkunjung ke Lombok

Plecing Kangkung Khas Lombok

Kangkung adalah salah satu sayuran yang sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia. Tetapi, di Lombok kangkung di olah menjadi makanan yang sangat berbeda. Kangkung dijadikan sebagai bahan untuk plecing kangkung yang khas. Kangkung yang dipakai juga berbeda dengan kangkung yang biasa ada di pulang Jawa. Di Lombok, kangkung tumbuh di atas air yang biasanya ditanam di sungai dengan aliran yang baik dan menggunakan metode tertentu sehinga megnhasilkan kangkung yang enak dengan batang besar dan renyah. Plecing kangkung di Lombok dimakan dengan sambal yang terbuat dari tomat, cabai serta terasi Lengkare yang mempunyai rasa gurih dan manis. Bumbu terasi inilah yang membuat Plecing kangkung semakin enak.

Ayam Taliwang

Jika Anda datang ke Lombok dan tidak mencicipi ayam taliwang, liburan Anda rasanya kurang lengkap. Masakan ayam taliwang ini bias kita temukan di Rumah Makan Padang, rasanya rugi jika Anda tidak mencicipi ayam taliwang di tempat asalnya. Ayam yang digunakan menggunakan ayam kampung yang berumur tidak terlalu tua. Hal tersebut membuat rasa ayam terasa lebih manis tanpa tambahan pemanis dan akan lebih empuk.

Sate Bulayak

Sate yang sangat lezat dan wajib Anda coba ketika berkunjung ke Lombok. Bulayak adalah sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren atau daun enau dengan dibentuk memanjang seperti spiral, sehingga untuk membukanya harus dengan gerakan memutar. Bulayak hampir sama dengan lontong, bedanya lontong di bungkus dengan daun pisang.

Bulayak biasanya disajikan dengan sate atau pun jeroan yang sebelumnya di beri bumbu khas sasak, setelah itu ditambah air jeruk nipis dan sambal. Bumbunya terbuat dari kacang tanah yang disangrai lalu ditumbuk, setelah halus, direbus dengan santai dalam jumlah dominan. Cara menyajikannya pun unik, penjual tidak menyediakan garpu maupun sendok, sehingga Anda harus mencocol sate ke dalam bumbu yang telah disediakan.

Sate Rembiga

Tidak hanya sate bulayak saja, Lombok  pun punya sate lain yang tidak kalah enaknya. Sate ini dinamakan Rembiga karena berasal dari sebuah desa yang bernama desa Rembiga. Sate ini terbuat dari daging sapi, rasanya perpaduan antara gurih, pedas dan manis sehingga dijamin Anda tidak akan kecewa ketika merasakan kelezatannya.

Nasi Balap Puyung

Nasi dari Lombok yang tidak kalah lezat adalah nasi balap puyung. Nasi balap puyung perlu ditambankan ke daftar wisata kuliner Anda. Dijamin tidak akan menyesal. Makanan ini membuat orang ketagihan, karena rasa pedasnya yang membuat lidah Anda bergoyang. Makanan yang bahkan sudah dikenal di mancanegara ini, sebenarnya hanya terdiri dari suwiran daging ayam yang telah diolah dengan cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, belut goreng serta abon. Rasa yang membuat nasi ini begitu istimewa, terletak pada rasa pedasnya yang menggoda lidah.

Itulah kuliner khas Lombok yang sayang Anda lewatkan jika berkunjung ke Lombok. Makanan di atas wajib hadir di list wisata kuliner Anda kerena jika Anda melewatkannya, liburan Anda belum terasa lengkap. Semoga informasi ini bisa menambah referensi Anda yang ingin liburan ke Lombok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *