Makanan Khas Beberapa Kota Di Sumatera Barat Yang Wajib Anda Coba

By | Agustus 30, 2016

Sumatra Barat yang terdiri dari Kota Padang, Bukittinggi, Pasaman Barat, Payakumbuh, Pariaman, Solok dan Meninjau ini menyimpan berbagai kudapan lezat yang sudah tersohor ke seluruh pelosok Indonesia. Makanan Sumatra Barat memang sudah banyak yang jual di luar Sumatra. Namun begitu, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak langsung menyicipi kudapan tersebut langsung dari daerah asalnya. Mencicipi kuliner asli suatu daerah membuat liburan Anda akan semakin terasa lebih bermakna dan berkesan. Untuk itu, inilah beberapa kuliner di Ranah Minang yang wajib Anda cicipi.

resep sate padang pariaman Makanan Khas Beberapa Kota di Sumatera Barat yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Beberapa Kota di Sumatera Barat yang Wajib Anda Coba

5 Kuliner dari Ranah Minang ini Wajib Anda Coba Saat Berlibur ke Sumatra Barat.

Rendang Lokan Pasaman Barat

Rendang yang ini beda dari rendang yang lainnya. Rendang yang biasanya terbuat dari daging sapi atau ayam, rendang yang satu ini terbuat dari hasil laut sejenis karang. Cara memasaknya tidak mudah, harus mempunyai keahlian khusus. Jika memasak dengan asal, malah akan membuat sakit perut saat di konsumsi. Rasanya jangan ditanya, sangat enak dan terasa lebih legit dibandingkan dengan rendang daging sapi. Bagaimana? Anda penasaran dengan rasanya? Untuk itu, Anda wajib mencicipi kuliner ini saat berlibur ke Pasaman Barat.

Nasi Kapau Los Lambuang, Bukittinggi

Makanan yang berasal dari Bukittingi ini sangat sayang untuk dilewatkan. Makanan ini bisa dicicipi tidak jauh dari pusat kota Jam Gadang. Nasi ini mempunyai ciri khas dengan potongan lauknya yang lebih besar. Berbicara soal rasa makanan ini, jangan ditanya deh, Anda tidak akan kecewa saat mecicipinya. Mantan presiden saja sampai ketagihan. Bagaimana dengan Anda? Mungkin bakal nambah lagi sepertinya.

Nasi Goreng Padang

Nasi goreng ini sebenarnya sama dengan nasi goreng lainnya. Hanya saja, nasi goreng yang satu ini dilengkapi dengan kerupuk yang hanya dipakai oleh orang-orang menjual masakan Minang. Untuk mencicipi nasi ini Anda bisa datang ke tempat yang di sebut Bofet. Sedangkan untuk masalah harga, cukup terjangkau dengan kantong Anda, jadi Anda tidak usah khawatir.

Pensi Meninjau

Mendengar kata meninjau, yang langsung ada di pikiran Anda adalah danaunya yang sangat menawan bukan? tapi ternyata, meninjau tidak hanya punya danau yang menawan saja, makanan meninjau pun tidak akan menawannya. Ada satu makanan khas yang tidak boleh untuk dilewatkan jika berkunjung ke kota ini yakni Pensi yang terbuat dari hasil danau.

Pensi di sini sejenis lokan, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Cara memasaknya pun sangat mudah, hanya dengan campuran daun bawang dan minyak sayur, Pensi sudah sangat nikmat dan bisa dijadikan pilihan oleh-oleh dari Maninjau. Tapi ingat, Pensi ini tidak tahan lama, jadi belilah dekat-dekat waktu ketika akan pulang ke kampung halaman.

Sate Pariaman

Ini dia kuliner yang terakhir yang wajib Anda coba jika berkunjung ke Sumatra Barat adalah sate Pariaman. Sate Pariaman berbeda loh dengan sate yang lainnya. Bedanya terletak pada warna kuah sate yang lebih berwarna merah. Rasanya pun jangan ditanya, Anda akan ketagihan dengan masakan yang satu ini. Bagaimana? Penasaran untuk mencoba?

Itulah makanan yang wajib Anda cicipi ketika berlibur ke Sumatra Barat. Mencicipi makan di atas dijamin nikmat dan tidak akan menyesal deh. Sebelum Anda berkunjung ke Sumatra Barat, ada baiknya Anda mencari tahu, tata krama seperti apa yang berlaku di Sumatra Barat, agar Anda lebih nyaman dalam berwisata di Sumatra Barat. Selamat Berlibur!

Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *