Komedo Membandel? Inilah Cara Alami Menghilangkannya

By | Agustus 2, 2016

Komedo merupakan masalah wajah yang diakibatkan  oleh penyumbatan  pada pori-pori kulit sehingga menimbulkan tonjolan-tonjolan kecil berwarna putih (whitehead) dan hitam (blackhead) pada sekitaran hidung dan mata. Komedo pun bisa berkembang menjadi jerawat yang lebih dikenal dengan papul atau pustule. Komedo biasanya berkembang setelah masa pubertas, dimana kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebihan.

Sebum berfungsi untuk melembabkan kulit, tetapi jika jumlahnya berlebihan pun cukup mengganggu penampilan. Sebum akan keluar dari pori-pori yang terbuka dan kadang tersumbat menyebabkan menumpukkan bakteri. Untuk Anda yang terkena masalah ini tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk mengatasi dan menghilangkan komedo. Memang cara ini terlihat gampang dan mungkin juga murahan, tapi cara alami ini efektif untuk menghilangkan komedo yang mengganggu dengan hasil yang tidak mengecewakan.

7 cara menghilangkan komedo Komedo membandel? Inilah Cara Alami Menghilangkannya

Komedo membandel? Inilah Cara Alami Menghilangkannya

Cara menghilangkakomedo dengan bahan alami

Pepaya

Tidak diragukan lagi, pepaya sudah dipercaya dapat digunakan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Dari berbagai manfaat pepaya untuk wajah, salah satunya adalah menghilangkan komedo pada wajah. Caranya pun tidak terlalu sulit, yaitu buat pepaya menjadi masker. Lembutkan buah pepaya yang telah di potong-potong. Jika sudah cukup lembut, langkah selanjutnya adalah oleskan masker pepaya pada sekitar wajah yang terdapat komedo secara merata. Setelah itu, tunggu beberapa saat dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin saat bangun pagi dan sebelum tidur.

Uap Air Panas

Uap Air Panas pun cukup efektif dalam menghilangkan komedo membandel. Jika kita sedang memasak air, jangan sia-siakan uap air yang dihasilkan. Untuk cara yang lebih efektif, Anda bisa menambahkan garam pada rebusan air tersebut. Tunggu sampai mendidih, lalu angkat dan uapi wajah atau area yang berkomedo selama 5 sampai 10 menit. Sekedar saran agar hasil lebih maksimal, tutupi kepada Anda dengan handuk, lalu hadapkan wajah Anda di depan baskom berisi air panas.

Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai gel yang sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah komedo Anda. Caranya pun sangat mudah, cukup siapkan 1 buah lidah buaya kemudian iris menjadi dua bagian. Ambi lendir atau gelnya dan oleskan pada daerah hidung maupun wajah yang terdapat komedonya. Lakukan hal tersebut secara rutin 1-2 kali dalam satu hari.

Putih Telur

Tidak semua bagian telur bisa dipakai untuk menghilangkan komedo. Hanya bagian putihnya saja. Putih telur sangat praktis untuk menghilangkan komedo karena caranya pun sangat mudah. Pisahkan putih telur dari kuning telurnya, lalu letakkan dalam sebuah mangkok. Untuk hasil yang lebih baik bisa tambahkan madu. Setelah itu, oleskan secara merata ke daerah yang berkomedo dan tunggu sampai mengering. Terakhir, basuh dengan air hangat.

Jus Lemon

Jus lemon atau jeruk nipis sangat efektif untuk menghilangkan komedo karena bisa menghilangkan minyak berlebihan pada wajah. Caranya dengan menyiapkan jus lemon dan campurkan dengan minyak almond serta gliserin. Aduk hingga merata dan haluskan dengan menggunakan blender. Setelah halus, oleskan para area yang berkomedo, tunggu sampai 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Demikianlah cara menghilangkan komedo membandel pada wajah Anda. Anda tidak perlu mengunjungi klinik kencantikan dan harus membayar mahal karena masalah komedo yang Anda alami. Asalkan Anda konsisten dan rutin dalam melakukannya, semua usaha tersebut akan terbayar dengan hilangnya komedo dari wajah Anda. Serta jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat dan membersihkan muka secara rutin untuk menghindari komedo balik lagi. Semoga bermanfaat!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *