Kayu Manis, Rempah yang Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan

By | Agustus 3, 2016

Kayu manis adalah salah satu rempah yang membuat masakan nusantara lebih sedap. Ternyata, manfaat yang terdapat dalam kayu manis tidak hanya untuk pelengkap bumbu dapur saja, kayu manis juga mempunyai banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan.

Nama kayu manis bukan tanpa alasan, kayu manis memang memiliki rasa yang manis dan bau yang sangat wangi. Tidak hanya sebagai bumbu masakan, kayu manis pun bisa dijadikan sebagai pelengkap kue atau pun minuman.

Kembali ke topik, kayu manis bisa dijadikan obat untuk beberapa penyakit dalam tubuh manusia. Salah satunya adalah penyakit diabetes karena kayu manis dapat mengontrol kadar gula darah.

Selain untuk diabetes, kayu manis yang diolah menjadi minyak pun mempunyai banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh untuk menjaga penampilan dan kesehatan Anda.

Kayu Manis, Rempah yang Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan

Kayu Manis, Rempah yang Kaya Akan Manfaat untuk Kesehatan

Manfaat kayu manis bagi tubuh

Anti Bakteri

kaya manis dapat digunakan untuk bahan pengawet alami, karena kandungan didalamnya dapat mencegah pertumbuhan jamur.

Untuk mencegah penggumpalan darah

Kayu manis yang telah diolah menjadi minyak mempunyai beragam manfaat yang sangat baik. Salah satunya adalah untuk mencegah penggumpalan darah.

Minyak yang dihasilkan oleh kayu manis dapat dimanfaatkan untuk mencegah adanya penggumpalan darah.

Meningkatkan fungsi otak

Kayu manis bukan hanya minyaknya saja yang bermanfaat, bahkan wangi kayu manis pun bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak manusia agar bekerja lebih baik.

Meminimalisir penyakit jantung

Tidak hanya bisa mengontrol kadar gula darah. Jika dikonsumsi secara rutin setiap hari, kayu manis akan menimimalisir resiko terkena penyakit jantung.

Membuat tubuh hangat

Kayu manis juga merupakan salah satu rempah-rempah yang bisa membuat tubuh menjadi lebih hangat sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat keadaan cuaca dingin dan pun dapat mengatasi penyakit deman atau pun flu.

Menurunkan Kolesterol

Kandungan yang terdapat dalam kayu manis seperti serat, mineral, mangan dan kalsium akan membantu memperlancar pencernaan Anda. Selain itu, kayu manis pun sangat barmanfaat untuk menurunkan kolesterol yang berlebihan.

Mencegah dan mengobati diabetes

Untuk mencegah suatu penyakit, tidaklah mudah. Perlu upaya yang baik dan sungguh-sungguh agar Anda benar-benar terbebas dari penyakit tersebut. Demikian juga dengan kayu manis, dengan mengkonsumsi kayu manis secara rutin seperti yang sudah di bahas di atas, kayu manis dapat mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan respon insulin.

Meringankan nyeri saat haid

Informasi ini tentu sangat bermanfaat bagi kaum hawa terutama bagi kaum hawa yang sering mengalami nyeri saat haid karena ternyata kayu manis ternyata bisa meringankan nyeri saat haid karena mengandung kalsium, zat besi dan mangan serta serat yang memang cukup ampuh untuk meredakan nyeri saat haid.

Mencegah penyakit Alzaimer

Kayu manis pun cukup efektif untuk mencegah penyakit Alzaimer.

Mencegah pertumbuhan sel kanker

Penyakit yang cukup ganas seperti kanker pun dapat dicegah dengan mengkonsumsi kayu manis secara rutin sehingga tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi kayu manis.

Mengatasi sakti maag

Sebuah penelitian menyebutkan kayu manis dapat mengatasi serangan bakteri H. pylori yang menjadi terjadinya sakit maag. Hal ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita sakit maag.

Dengan berbagai manfaat diatas rempah yang mempunyai rasa yang khas ini tidak diragukan lagi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda untuk mencegah atau pun menyembuhkan penyakit yang ada dalam tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *