Inilah Tips Sarapan Yang Baik Untuk Tubuh Anda

By | Agustus 31, 2016

Kebanyakan orang menganggap sarapan adalah suatu hal yang remeh sehingga banyak diantara mereka yang meninggalkan sarapan karena tidak sempat dan terlalu sibuk. Bahkan, ada juga yang meninggalkan sarapan karena sedang dalam program diet dan banyak alasan lain yang menyebabkan Anda tidak sarapan. Apabila sarapan pun, mungkin Anda hanya mengambil makanan yang tersedia di meja seperti roti dan susu dan malas untuk menyiapkan makanan lain yang lebih memenuhi semua kebutuhan nutrisi Anda.

Sebenarnya melewatkan waktu sarapan bukanlah pilihan yang bijak, dan bukan kebiasaan yang baik. Hal ini karena sarapan adalah waktu makan yang sangat penting untuk tubuh dan sudah seharusnya Anda memenuhi kebutuhan tubuh tersebut dengan mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang lengkap saat waktu sarapan. Sarapan yang komplit akan membuat Anda lebih semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Waktu sarapan yang dianjurkan adalah satu atau 2 jam sebelum melakukan aktivitas fisik. Dalam memilih menu sarapan pun harus diperhatikan, setidaknya harus mengandung lima nutrisi penting diantaranya karbohidrat, protein dan serat.

Karbohidrat untuk sarapan bisa didapatkan dari roti, kraker atau nasi. Untuk serat Anda bisa mendapatkannya dari sayur seperti brokoli, bayam, apel atau pisang. Jika Anda tidak mau mengonsumsinya secara langsung, Anda bisa menjadikan buah dan sayur tersebut menjadi jus atau olahan yang lainnya. Tapi jika Anda menjadikan buah dan sayur tersebut menjadi jus, jangan menyaring jus tersebut sebelum mengkonsumsinya karena jika Anda menyaring jus tersebut, serat yang ada dalam buah dan sayur tertinggal dalam saringan. Untuk kebutuhan protein Anda bisa mendapatkannya dari telur, ikan atau dengan meminum susu. Tidak terlalu ribet bukan untuk menyiapkan sarapan?

Sarapan pagi Inilah Tips Sarapan yang Baik Untuk Tubuh Anda

Inilah Tips Sarapan yang Baik Untuk Tubuh Anda

Meskipun sarapan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh sebelum menghadapi aktivitas sehari-hari, tapi pastikan porsi makan sarapan tidak berlebihan dengan kebutuhan yang Anda perlukan, dengan kata lain tidak melebihi kebutuhan kalori harian. Untuk wanita dalam sehari rata-rata memerlukan 1.700 – 2.000 kalori untuk melakukan semua aktivitas sehari-hari. Kalori tersebut didapatkan dari tiga makan besar dan tiga makan ringan. Dengan demikian kalori yang pas untuk sarapan sekitar 500 kalori, itu adalah jumlah kalori yang disarankan saat sarapan. Ingat, sarapan yang berlebihan juga tidak baik untuk kelancaran aktivitas sehari-hari Anda. Bisa jadi, menimbulkan kantuk yang membuat Anda kurang semangat dalam bekerja.

Pikiran yang harus dihilangkan dalam benak Anda adalah sarapan merusak diet. Banyak orang yang berpendapat seperti itu. Padahal dalam kenyataannya sarapan dengan jumlah kalori yang sesuai dengan kebutuhan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari sangat baik dan dapat menjaga kesehatan Anda dalam jangka panjang. Selain itu, dengan sarapan pun membantu tubuh untuk lebih maksimal dalam melakukan aktivitas sehari-hari serta menurunkan berat badan.

Sarapan pun membuat Anda menjaga pola hidup sehat. Dengan tidak meninggalkan sarapan Anda bisa menjaga kesehatan tubuh Anda sekaligus menjaga kesehatan kulit Anda agar tampak lebih sehat.

Keuntungan yang lain dari sarapan adalah Anda akan terhindar dari makanan cemilan yang biasa Anda makan ketika lapar.

Untuk itu, mulai dari sekarang jangan lupa untuk sarapan dan menjaga pola hidup sehat. Bagi Anda yang sedang dalam program diet juga harus tetap sarapan karena diet tidak harus menyiksa tubuh Anda sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa mengubah persepsi Anda mengenai sarapan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *