Berniat untuk Memulai Bisnis Online? Perhatikan Dulu 5 Tips Berikut Ini

By | Agustus 4, 2016
Untuk memulai bisnis dalam bidang apapun memang tidak mudah. Niat yang kuat juga tidak akan jalan apabila tidak disertai dengan action yang pasti. Mungkin bagi Anda yang ingin memulai berkecimpung di dunia bisnis online sering memikirkan pertanyaan-pertanyaan seperti “Saya bisa atau tidak ya?” atau pun “Bagaimana cara memulai bisnis online?”. Mungkin pertanyaan-pertanyaan itulah yang sering hadir dalam benar Anda. Tidak salah memang karena untuk memulai suatu bisnis memang perlu persiapan, yang paling awal harus disiapkan mungkin niat dan mental karena ke dua hal tersebut sangat dibutuhkan dalam memulai bisnis.

Setelah Anda yakin dengan keputusan Anda, lalu langkah seperti apa yang harus Anda ambil untuk pertama kali? Menurut pengalaman para pembisnis online, beberapa langkah ini wajib Anda persiapkan.

Berniat untuk Memulai Bisnis Online? Perhatikan Dulu 5 Tips Berikut Ini

Berniat untuk Memulai Bisnis Online? Perhatikan Dulu 5 Tips Berikut Ini

5 tips memulai bisnis online

Fokus

langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah fokus. Fokus disini adalah pilih bidang bisnis online mana yang akan Anda geluti. Jika Anda ingin memulai beberapa bisnis online, tahanlah dulu karena Anda disini masih seorang pemula sehingga harus fokus pada satu bidang dulu. Setelah bidang tersebut berhasil, Anda bisa merambah ke bidang bisnis online yang lain.

Pilih Produk

Produk yang dijual di bisnis online tidak harus bersifat digital seperti ebook, software, tools dll. Anda juga bisa menjual produk yang bersifat fisik seperti jualan baju online, jualan makanan online, jualan mainan online dll. Saran saja, untuk memiliki produk, Anda harus benar-benar memahami dengan baik produk tersebut. Jangan sekali-kali Anda memilih produk yang tidak Anda kuasai seluk beluknya karena hal ini akan membuang waktu Anda untuk mempelajari mengenai produk tersebut. Pastikan produk yang Anda pilih berkualitas bagus  agar konsumen pertama Anda tidak kecewa dan mempercayai bisnis online yang Anda bangun.

Buat lapak

Produk yang Anda pilih sudah ada. Seperti berjualan pada umumnya, Anda membutuhkan lapak untuk menggelar dagangan Anda. Bedanya, dalam bisnis online bukan lapak secara fisik tetapi dengan menggunakan website yang gratis atau pun situs-situs marketplace yang sudah banyak disediakan. Lebih baik lagi jika Anda memakai domain berbayar dan hosting sendiri. Lapak online Anda bisa diibaratkan tempat jualan/toko Anda di dunia maya. Tidak ada lapak, tidak ada toko, tidak ada tempat berjualan secara fisik. Ada pun harus benar-benar menjelaskan mengenai produk yang Anda jual agar konsumen tidak perlu bertanya-tanya lagi. Jika Anda menjual produk seperti pakaian atau pun sepatu, posting gambar yang  jelas dan bagus agar konsumen tertarik dengan produk yang Anda jual.

Pemasaran

Untuk tahap awal selain Anda fokus untuk menjual produk Anda. Anda pun harus menyisihkan sebagian anggaran Anda untuk pemasaran. Caranya ada beberapa macam. Salah satunya bisa memakai optimasi SEO atau iklan di social media seperti FB Ads. Pada intinya Anda harus memanfaatkan internet dengan sebaik mungkin untuk sarana dan menyebarkan informasi ke orang lain dengan kata lain melakukan promosi. Tetapi jangan terlalu berlebihan, apalagi melakukan spamming. Hal tersebut akan mengganggu kenyamanan orang lain. Oleh karena itu, lakukanlah sewajarnya.

Bangun Aset

Saat pertama kali Anda mencetuskan terjun ke dalam bisnis online, usahakan mindset Anda adalah untuk membangun aset. Baik itu aset tangible atau pun intangible.

Demikianlah tips yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga dengan membaca tips di atas Anda bisa mendapatkan gambaran dimana Anda harus memulai.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *