Dibalik Manfaat Teh Hijau Ada Bahaya yang Perlu Anda Tahu

By | Agustus 14, 2016

Minuman yang sangat menyehatkan tubuh, Teh hijau, sudah begitu populer dengan khasiatnya. Selain bermanfaat banyak untuk kesehatan, teh hijau pun mempunyai rasa yang pas di lidah. Penelitian pun banyak dilakukan oleh ilmuwan untuk meneliti kandungan dalam teh hijau. Salah satu khasiat teh hijau adalah untuk mendukung kinerja ingatan otak dan pencegah kanker. Manfaat tersebut tentu saja sangat luar biasa, dengan secara rutin mengonsumsi teh hijau, Anda akan terhindar dari penyakit pelupa dan juga terhindar dari penyakit kanker yang berbahaya.

Selain manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat teh hijau yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Teh hijau juga bisa dinikmati menjadi berbagai jenis makanan yang tentunya akan menggugah selera Anda seperti smoothis dan campuran cokelat.

Hal ini membuat teh hijau sangat digemari oleh banyak orang dari semua golongan, dari mulai anak-anak sampai orang dewasa, bahkan orang tua pun sangat menyukai teh hijau.

Dibalik Manfaat Teh Hijau Ada Bahaya yang Perlu Anda Tahu

Dibalik Manfaat Teh Hijau Ada Bahaya yang Perlu Anda Tahu

Di samping menawarkan manfaat yang sangat luar biasa dan tidak terhitung jumlahnya. Anda juga harus tahu jangan terlalu banyak mengonsumsi teh hijau yang dengan kata lain Anda harus mengontrol asupan teh hijau ke dalam tubuh Anda. Hal ini karena teh hijau mengandung tanin yang dapat menghambat penyerapan zat besi non-heme.

Berdasarkan sumber yang dilansir oleh prevention.com, Mike Roussel yang seorang konsultan gizi, mengungkapkan bahwa zat besi non-heme adalah zat besi yang didapatkan dari sumber-sumber nabati, contohnya saja kacang-kacangan telur atau pun susu. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena teh hijau tidak menghambat penyerapan zat besi yang berasal dari hewani seperti daging.

Teh hijau akan berdampak lebih buruk pada orang yang mengidap penyakit autoimmun, seperti asma karena kanker, alergi, hepatitis B dan C atau pun infeksi virus. Apabila orang yang mengonsumsi teh hijau dalam kondisi sehat, teh hijau secara baik dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Tetapi, lain ceritanya jika orang tersebut dalam keadaan tubuh yang sedang tidak baik. Teh hijau yang diminum akan menimbulkan kondisi yang lebih buruk. Untuk itu harus lebih diperhatikan lagi jika ingin mengonsumsi teh hijau agar yang Anda dapatkan adalah manfaatnya bukan bahayanya.

Dibalik dampak negatifnya, Anda tidak bisa begitu saja mengabaikan manfaat yang terkandung dalam teh hijau. Teh hijau mengandung kafein yang lebih rendah dari kopi karena teh hijau hanya mengandung 25mg hingga 50mg kafein tiap cangkirnya sehingga sangat baik untuk dikonsumsi meskipun jangan terlalu berlebihan.

Untuk rekomendasi, Roussel menyarankan untuk mengonsumsi teh hijau tidak lebih dari 4 cangkir setiap harinya, khususnya dalam benatu minuman hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari kandungan teh hijau. Anda bisa mengonsumsi teh hijau ketika keadaan perut sedang kosong karena itu adalah cara yang terbaik. Cara tersebut juga akan mempermudah dalam penyerapan antioksidan.

Itulah bahaya dibalik manfaat teh hijau yang sangat banyak. Jika Anda mengonsumsinya sesuai dengan aturan yang disarankan, semuanya tidak akan jadi masalah. Oleh karena itu, konsumsi teh hijau dengan tidak berlebihan agar selalu memberikan manfaat yang baik untuk tubuh Anda bukan sebaliknya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa, untuk memberitahukan saudara atau pun orang tersayang Anda agar tidak terjebak dalam bahaya teh hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *