Cara yang Harus Dilakukan Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja

By | Agustus 15, 2016

Rasa kantuk adalah hal yang sangat sulit di hindari dan hal ini tentunya sangat mengganggu produktivitas kerja Anda. Rasa kantuk biasanya datang setelah jam makan siang. Kenapa rasa kantuk biasanya muncul ketika jam makan siang dan bagaimana cara menghindari rasa kantuk? Rasa kantuk di jam kerja memberikan dampak yang sangat besar terhadap kinerja seseorang karena ketika rasa kantuk datang kinerja akan menurun karena akan membuyarkan konsentrasi Anda. Ingat jangan sampai kinerja Anda menurun lakukan ke lima tipas di bawah ini untuk menghilangkan rasa kantuk Anda (dikutip dari Times of India):

Cara yang Harus Dilakukan Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja

Cara yang Harus Dilakukan Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja

Cara yang Harus Dilakukan Agar Tidak Mengantuk Saat Bekerja

Usahakan Tidur Lebih

Beberapa orang sering merasa kantuk di tempat kerja yang di sebabkan oleh berbagai alasan. Para ahli memaparkan, karyawan biasanya mengantuk pada siang dan sore hari. Hal ini di karenakan kebiasaan tidur yang buruk di malam harinya. Cobalah mulai dari sekarang untuk mengatur jadwal Anda sehingga Anda dapat tidur dengan teratur dan tepat waktu sehingga di pagi hari Anda bisa bangun dalam keadaan segar dan bugar dan Faktanya tidur secara teratur dapat meningkatkan konsentrasi Anda dalam bekerja. Jadi mari mulai tidur dengan teratur mulai dari sekarang.

Banyak Bergerak untuk Merilekskan Tubuh

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk bekerja? Hitunglah waktu atau jam kerja Anda sekarang berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk duduk di belakang meja kerja Anda. Jangan sampai Anda merasa tertekan dengan rutinitas yang Anda jalani setiap hari. Nah untuk menghindari hal ini ada baiknya Anda mengambil sedikit waktu luang untuk berjalan ke meja rekan kerja ke pantry ke toilet. Lakukanlah kegiatan ini di saat jam kerja, hal ini akan membuat Anda menjadi lebih rileks dari sebelumnya.

Waktu yang bisa Anda gunakan adalah ketika waktu istirahat tiba. Mulailah berjalan ke kantin atau ke supermarket untuk merilekskan otot-otot Anda agar tidak kaku.

Memejamkan Mata Sejenak untuk Meningkatkan Konsentrasi

Rilekskan otot-otot mata Anda dengan memejamkan mata dengan cara menarik napas kemudian lepaskan dan pejamkan mata Anda sejenak di tempat kerja.  Memejamkan mata Anda selama 10 hingga 15 menit hal ini dapat meningkatkan semangat kerja dan meningkatkan konsentrasi Anda. Cobalah lakukan kegiatan ini untuk meningkatkan produktivitas kinerja Anda.

Usahakan Beralih Beberapa Waktu Dari Monitor

Rasa kantuk, ya rasa itu selalu menyerang di saat yang tidak tepat. Salah satu hal yang dapat membuat Anda mengantuk adalah menatap layar monitor terlalu lam. Ingat menatap layar monitor dapat memperburuk rasa kantuk Anda. Jadi hidari melihat layar komputer terlalu lama bahkan sampai berjam-jam. Aturlah waktu Anda untuk melihat layar monitor secara teratur untuk menghindari kelelahan pada mata Anda.

Makan Secukupnya

Waktu makan siang adalah waktu yang sangat di tunggu. Ketika waktu makan tiba makanlah secukupnya jangan terlalu banyak makan dan yang harus ditambahkan adalah sayuran dan buah-buahan untuk menyegarkan tubuh Anda serta kurangi makan nasi karena karbohidrat sederhana akan menaikkan gula darah tapi juga cepat menurunkannya. Akibatnya tubuh jadi lemas dan mudah ngantuk.

Jika ada teman Anda yang bertanya “kenapa saya sering mengantuk ketika jam kerja?” ada baiknya Anda memberitahukan kelima tips di atas pada teman Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *