Cara Membuat Mie Ayam yang Enak, Mudah dan Praktis

By | Agustus 19, 2016

Kuliner Indonesia memang sangat banyak. Hal ini membuat Indonesia menjadi negeri yang kaya akan wisata kuliner. Dari ribuan kuliner yang ada di berbagai daerah, salah satu diantaranya sangat terkenal menjadikan dimana pun orang tersebut berasal, pasti sangat menyukai kuliner yang satu ini. Apalagi kalau bukan bakso. Ya, bakso sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Tidak sulit untuk menemukan pedagang bakso di berbagai daerah. Tapi, di sini kami tidak akan membahas mengenai bakso,  ada kuliner yang tidak kalah populer dengan bakso yaitu mie ayam. Mie ayam selalu dijual berdampingan dengan bakso, sehingga dimana ada bakso disitu ada mie ayam. Penggemar mie ayam pun tidak hanya orang dewasa saja, karena mie ayam sangat disukai oleh semua umur. Kuliner yang satu ini sangat disukai karena rasanya yang lezat dan kuahnya yang istimewa membuat mie ayam semakin digemari. Penggemar mie ayam pun tidak pernah bosan untuk terus mencicipi kuliner yang satu ini.

Terlebih lagi, mie ayam enak di santap kapan pun, saat musim apapun dan dimana pun. Salah satu ciri khas dari mie ayam adalah daging ayam yang berwarna kecoklatan yang ditambahkan di atas mie. Biasanya juga dilengkapi dengan bakso atau pun kerupuk pangsit. Tambahan tersebut membuat mie ayam semakin lezat di lidah para penggemarnya.

Anda ingin menikmati rasa mie ayam lebih nikmat lagi? Sebaiknya Anda membuat sendiri di rumah. Sensasi yang akan Anda dapatkan lebih nikmat apabila Anda memakan mie ayam buatan sendiri. Caranya pun tidak terlalu sulit dan Anda pasti bisa mengikutinya di rumah. Terlebih lagi, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mie ayam pun tidak sulit untuk ditemukan di pasaran.

Cara Membuat Mie Ayam yang Enak, Mudah dan Praktis

Cara Membuat Mie Ayam yang Enak, Mudah dan Praktis

Ini dia cara membuat mie ayam yang sangat gampang dan praktis

Resep Mie Ayam

Bahan
½ kg mie basah/mie kering
350 gr ayam cuci bersih, potong kotak-kotak kecil
Daun sawi secukupnya, rebus
3 btg daun bawang, iris
150 ml minyak ayam
150 ml kecap asin
3 sdm kecap manis
2 sdm kecap inggris
Penyedap rasa secukupnya
Bawang goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 cm jahe
2 cm kunyit
1 sdt ketumbar

Proses membuat Mie ayam

Pertama, Anda tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai tercium bau harum dan berubah warna. Lalu, masukkan potongan ayam dan aduk sampai ayam matang serta bumbu sudah meresap.  Setelah itu, masukkan air secukupnya sesuai selera Anda ke dalam masakan ayam tadi, lalu diamkan sampai mendidih. Kemudian tambahkan kecap asin, kecap manis, kecap Inggris, serta penyedap rasa sesuai dengan selera. Setelah semua bumbu masuk, aduk-aduk hingga merata. Setelah semuanya merata, angkat kemudian tiriskan ayam yang sudah matang tersebut dan letakkan di tempat yang berbeda.

Cara penyajiannya pun sangat mudah, pertama rebus mie yang telah disiapkan. Setelah itu, masukkan mie ke dalam mangkuk. Tambahkan ayam yang sudah ditumis tadi di atas mie. Masukkan kuah sesuai dengan selera Anda. Lalu masukkan daun sawi yang telah di rebus sebelumnya, daun bawang, dan juga bawang goreng. Untuk pelengkap Anda bisa tambahkan bakso dan keripik pangsit. Mie ayam pun sudah siap untuk dihidangkan dan disantap.

Bagaimana? Mudah bukan? Tidak ada salahnya untuk mencoba, jika masakan mie ayam Anda enak. Bukankah itu menjadi peluang bisnis yang bagus? Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *