Cara Baru Membuat Kembang Goyang

By | Agustus 13, 2016

Cara membuat kembang goyang

Kembang goyang merupakan cemilan asli indonesia, gembang goyang memiliki rasa yang gurih dan manis, biasanya kembang goyang berwarna kuning agak kecoklatan, pada umunya kembang goyang berbentuk seperti bunga maka tak heran jika cemilan ini dinamakan kembang goyang, nama goyang sendiri berasal dari cara pembuatannya yang digoyang-goyang, untuk melepaskan adonan dari cetakannya cemilan ini harus digoyang-goyangkan.

Kembang Goyang Cara Baru Membuat Kembang Goyang

Kembang Goyang

Kembang goyang ini berasal dari daerah betawi, biasanya di betawi cemilan kembang goyang ini dijadikan cemilan wajib ketika acara hajatan atau hari-hari besar keagamaan seperti idul fitri. Nyepi, natalan dan lain-lain, tetapi kue ini juga terkenal dibali  terutama yang memeluk agama hindu.

Ukuran dari kembang goyang ini beraneka macam, sesuai dengan selera anda, anda bisa menjumpai cetakakan kembang goyang mulai dari paling kecil hingga paling besar, baiklah mungkin sekarang anda penasaran bagaimana sih rasa dari kembang goyang, dan bagaimana sih cara membuat kembang goyang? Nah kali ini kami akan memaparkan bagaimana cara membuat kembang goyang yang enak dan gurih, ikuti terus ya, step by step-nya.

Bahan-bahan Untuk Membuat Kembang Goyang :

Membuat Kembang Goyang Cara Baru Membuat Kembang Goyang

Membuat Kembang Goyang

•    200 gr tepung beras
•    65 gr gula pasir
•    ½ sendok teh garam
•    2 butir telur ayam berukuran besar
•    250 ml santan
•    2 sendok makan wijen
•    Minyak goreng secukupnya

 

Cara pembuatan kembang goyang :

1.    Siapkan wadah untuk adonan.
2.    Masukkan telur yang sudah dikocok keddalam wadah, tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk, aduk hingga rata, sisihkan.
3.    Siapkan terlebih dahulu cetakan kembang goyang.
4.    Siapkan wajan dan minyak, nyalakan kompor dan panaskan minyak.
5.    Masukkan cetakkan kembang goyang kedalam minyak yang telah panas.
6.    Angkat cetakan kembang goyang dari minyak panas dan celupkan ke adonan kembang goyang, ingat jangan samapai semua cetakkan terlumuri oleh adonan, karena nanti kembang goyangnya tidak bisa lepas dari cetakkannya, sisakan sedikit pada bagian atasnya.
7.    Celupkan keminyak yang sudah panas tadi dan sambil digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakkannya.
8.    Setelah terlepas, bolak-balikkan kembang goyang hingga matang atau berwarna sedikit kecoklatan, ingat ya jangan sampai gosong ketika menggoraeng kembang goyangnya.
9.    Segera angkat dan tiriskan.
10.    Letakkan kembang goyang pada piring atau wadah yang telah dialasi tisu dapur supaya minyaknya berkurang.
11.    Diamkan hingga dingin, kemudian masukkan kedalam toples.
12.    Kembang goyang buatan anda sendiri sudah siap untuk dihidangkan dan dinikmati.

Cara Membuat Kembang Goyang Cara Baru Membuat Kembang Goyang

Cara Membuat Kembang Goyang

Nikmati cemilan kembang goyang ini bersama dengan keluarga dan  orang-orang tercinta anda, cemilan ini sangat cocok untuk teman bersantai atau ketika menonton tv, anda harus bisa membuat kembang goyang ini sendiri dirumah, karena kembang goyang ini sudah jarang sekali kita temukan, jadi jika anda ingin menikmati cemilan yang gurih dan renyah ini anda harus membuatnya sendiri, oh iya, cemilan kembang goyang ini juga sangat cocok lho, untuk hidangan ketika arisan, kembang goyang ini bisa bertahan lama, jika anda menyimpannya pada toples yang kedap udara, kembang goyang ini bisa betahan kira-kira hingga satu bulan lebih.

Demikian ulasan mengenai cara membuat kembang goyang yang dapat kami bagikan semoga bermanfaat bagi anda, dan dapat menambah ilmu dan wawasan anda, jangan lupa untuk share artikel ini di media sosial anda, supaya kembang goyang  ini tetap termakan oleh perkembangan zaman, terima kasih dan sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *