Cara Alami Menjadikan Kulit Putih Cantik Bagai Wanita Jawa

By | Agustus 3, 2016

Trend memiliki kulit putih masih menjadi favorit di kalangan wanita Indonesia. Berbagai perawatan agar semakin putih dikembangkan seiring pesatnya perkembangan teknologi di bidang kecantikan. Wanita Indonesia menjadi sangat konsumtif dengan produk-produk pemutih kulit secara instan, tanpa memperhatikan efek samping. Beberapa diantara produk pemutih kulit memberikan testimoni bahwa produk mereka tanpa efek samping, namun penggunaan bahan kimia secara terus-menerus menimbulkan dampak jangka panjang yang buruk bagi kesehatan.

Wanita Jawa jaman dahulu menggunakan bahan alami untuk memutihkan kulit.  Resep tradisional pemutih kulit semakin tergerus jaman dan dilupakan oleh wanita jaman sekarang. Beberapa wanita beralasan kulit wanita jaman sekarang berbeda dengan jaman dulu. Namun bahan alami ini masih terbukti khasiatnya pada kulit wanita Indonesia jaman sekarang.

Apa bahan alami pemutih kulit yang dipakai wanita Jawa jaman dahulu?

Tips Kulit Putih : Beras Uyah

5-rahasia-kulit-porselen-wanita-korea

Resep Membuat Beras Uyah

Jika wanita keraton menggunakan bengkoang dan terbukti menghaluskan, menghidrasi, dan memutihkan kulit, beras uyah juga punya manfaat yang sama. Beras uyah berarti beras dicampur dengan uyah atau garam. Racikan pemutih kulit alami turun-temurun secara alami mengkombinasikan kandungan beras putih, garam, dan temu kunci atau boesenbergia pandurata (sejenin bumbu dapur dalam masakan Jawa).

Beras putih ditumbuk halus sampai berubah menjadi tepung. Kemudian beri sedikit garam dan air, lalu diulen sampai kalis (kondisi adonan menjadi kenyal, elastis namun tidak lengket). Ambil 1 sendok makan adonan beras uyah, kemudian bentuk menjadi bulat-bulat seperti kelereng dan tekan bagian tengah bola adonan perlahan, tidak sampai berlubang. Kemudia bagian pinggirnya dipipihkan. Adonan beras uyah berbentuk seperti kepingan brem khas Malang. Siapkan tampah (wadah dari anyaman bambu yang biasa digunakan masyarakat Jawa mengayak beras) dan susun adonan beras uyah satu per satu dalam tampah.

Setelah semua adonan beras uyah dibentuk dan disusun, jemur adonan dibawah terik matahari. Biarkan mengering secara alami. Jika adonan telah mengering, simpan ke dalam toples kering dan tutup rapat.

Bagaimana Penggunaannya

Lumatkan 6 keping beras uyah pada sebuah wadah, tambahkan sedikit air. Aduk sampai adonan menjadi lumer, bukan encer. Kepingan beras uyah menjadi krim berwarna putih gading. Setelah membersihkan wajah dengan handuk bersih yang dibasahi air hangat, sapukan beras uyah lumer ke wajah dengan kuas khusus wajah, secara merata.  Setelah wajah, oleskan pada kulit tubuh dengan tangan sampai rata. Jika dirasa kurang, bisa menambahkan kepingan beras uyah dan ulangi cara diatas.

Diamkan selama 10 hingga 15 menit, sampai beras uyah di wajah dan tubuh mengering. Biarkan nutrisi pada beras uyah diserap masuk ke dalam kulit. Setelah mengering, bilas dengan air hangat, dilanjutkan dengan air dingin. Lalu keringkan wajah dan tubuh dengan handuk bersih. Pemakaian handuk pada wajah disarankan dengan bahan yang lembut agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit wajah.

Untuk hasil terbaik, gunakan beras uyah sebagai masker sehari 2 kali, pagi hari sebelum mandi dan malam sebelum tidur. Beras uyah dikenal kaya akan ferulic acid, berfungsi sebagai antioksidan, dan alatonin yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Proses pengelupasan sel kulit mati lebih cepat sehingga regenerasi kulit menjadi lebih optimal. Vitamin B pada beras putih, anti-toksin pada garam, dan temu kunci sebagai anti-bakteri menjadikan kulit lebih kenyal, elastis, lembab, dan pastinya putih.

Tidak perlu pemutih kulit berbahan kimia untuk memiliki kulit putih secara cepat. Beras uyah secara alami dapat melakukannya. Semoga informasi tips kulit putih diatas bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *