Anda Mempunyai Masalah Dengan Jerawat? Anda Wajib Menghindari Hal-hal Ini

By | Agustus 21, 2016

Masalah wajah yang satu ini sudah menjadi hal lumrah di kalangan wanita maupun pria. Ya, jerawat. Jerawat merupakan masalah wajah yang paling umum dialami oleh wanita maupun pria. Bahkan sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2010 telah membuktikan bahwa jerawat merupakan penyakit paling umum ke-8 yang dialami oleh 650 juta orang di seluruh dunia.

Jerawat memang tidak berbahaya untuk kesehatan tubuh. Tetapi, jerawat bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri pada seseorang. Bahkan sampai ada yang depresi dan bunuh diri.

Untuk sebagian orang, jerawat dapat menghilang dengan sendirinya meskipun tidak melakukan perawatan. Tapi, ada banyak orang yang masih belum bisa menghilangkan jerawat meskipun telah menempuh berbagai perawatan. Jika Anda salah satu dari orang tersebut, ada baiknya jika Anda menghindari hal-hal berikut ini yang akan memperparah jerawat di wajah Anda.

6 Kebiasaan yang Membuat Jerawat Semakin Gawat Anda Mempunyai Masalah Dengan Jerawat? Anda Wajib Menghindari  Hal hal ini

Anda Mempunyai Masalah Dengan Jerawat? Anda Wajib Menghindari Hal-hal ini

Hal-hal yang harus dihindari agar jerawat tidak bertambah parah

Produk perawatan kulit yang mengandung scrub

Jangan menggunakan eksfoliator yang mengandung scrub saat jerawat sedang meradang. Menggunakan produk tersebut dengan tidak disertai sama salisilat atau benzoil peroksida membuat jerawat pada wajah Anda semakin parah, karena kegunaan scrub adalah untuk menghilangkan lipid di lapisan kulit terluar dan akan menyebabkan iritasi pada wajah.

Terlalu berlebihan saat membersihkan wajah

Saat membersihkan wajah jangan terlalu berlebihan. Membersihkan wajah tidak perlu menggunakan spons atau pun kuas, hanya cukup dengan mengoleskan cleanser pada ujung jari. Dalam memilih cleanser juga harus selektif, usahakan untuk memilih cleanser yang dapat menyeimbangkan pH agar mengurangi iritasi.

Untuk hasil lebih baik, Anda bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan cleanser. Setelah selesai, jangan langsung mengaplikasikan obat jerawat, Anda perlu menunggu 5 sampai dengan 15 menit untuk mengaplikasikan obat jerawat.

Hindari produk yang mengandung minyak

Salah satu penyebab jerawat adalah saat terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan kelenjar minyak bekerja lebih aktif. Agar kondisi ini tidak semakin parah, Anda harus menghindari produk perawatan yang mengandung minyak. Gunakan produk yang tidak mengandung minyak (Oil-free) atau produk noncomedogenik.

Hindari memencet jerawat

Jika hal tersebut dilakukan akan memperparah jerawat dan menyebabkan iritasi pada kulit. Memencet jerawat akan menyebabkan bakteri P. Acnes akan terperangkap di dalam pori yang akan menyebabkan iritasi. Jika sudah seperti ini, penyembuhan jerawat pun membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jangan menyentuh jerawat

Jerawat memang menyebabkan rasa tidak nyaman dalam diri Anda. Menyentuh jerawat, bakteri yang terdapat dalam jari dan kuku akan memperburuk kondisi jerawat. Selain itu, resiko terbentuknya jerawat beru pun semakin besar. Jerawat pun tidak perlu ditutupi dengan bando atau pun aksesoris lainnya. Hal tersebut hanya akan menyebabkan suhu tubuh meningkat dan memperparah kondisi jerawat.

Menggunakan alkohol

Jenis alkohol yang biasa digunakan untuk menghilangkan jerawat seperti Isopropil alkohol atau alkohol gosok (rubbing alcohol), sebenarnya dapat menyebabkan sel DNA pada pori menjadi rusak yang disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung pada alkohol. Sel-sel tersebut akan mati dan jika tidak cepat dibersihkan akan menyumbat pori dan menyebabkan iritasi yang menimbulkan munculnya jerawat baru.

Melakukan tanning

Menggelapkan kulit banyak dilakukan orang belakangan ini. Biasanya, mereka melakukannya dengan cara menggunakan tanning atau berjemur di bawah sinar matahari. Hal tersebut sebenarnya kurang baik untuk kesehatan kulit. Tanning sangat berbahaya untuk kulit. Tanning bisa meningkatkan risiko terkena melanoma dan kanker kulit  yang lainnya.

Hindari makanan berindeks glikemik tinggi

Sebenarnya sampai saat ini masih belum ada bukti yang pasti makanan penyebab jerawat. Tetapi, untuk makanan yang berindeks glikemik tinggi seperti roti putih, pasta putih, cookies, cake dan keripik kentang sudah dipastikan berkaitan dengan jerawat. Makanan-makanan di atas dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat dan produksi hormon androgen. Kondisi inilah yang menimbulkan jerawat.

Jangan merawat jerawat sendiri

Jika Anda sudah mencoba untuk menghilangkan jerawat dengan berbagai cara tapi tidak membuahkan hasil. Cobalah untuk meminta bantuan dari dokter kulit. Dokter kulit lebih paham dengan masalah yang Anda alami dan akan memberikan solusi yang paling tepat untuk Anda. Untuk itu, segeralah berkonsultasi ke dokter.

Itulah hal yang harus dihindari untuk mencegah jerawat menjadi bertambah parah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *