5 Makanan Ini Wajib Anda Coba Ketika Berlibur Ke Kalimantan Barat

By | Agustus 13, 2016

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang berada di Pulau Kalimantan. Kalimantan Barat adalah provinsi terluas keempat setelah Papua. Kalimantan Barat juga terkenal dengan julukan provinsi Seribu Sungai karena di Kalimantan Barat terdapat ratusan sungai besar dan kecil.

Selain itu, Kalimantan Barat juga mempunyai budaya yang sangat menarik dan juga terdapat kuliner yang sangat enak serta sayang untuk dilewatkan. Beberapa kuliner yang terkenal diantaranya Bubur Pedas, Asam Pedas, Lempok Durian, cucur, mie sagu dan lemang.

Agar Anda tidak bingung karena terlalu banyak pilihan. Kami memberikan rekomendasi untuk Anda, Agar tidak melewatkan 5 kuliner Kalimantan Barat berikut ini.

Lempok Durian 5 Makanan ini Wajib Anda Coba Ketika Berlibur ke Kalimantan barat

5 Makanan ini Wajib Anda Coba Ketika Berlibur ke Kalimantan barat

5 kuliner Kalimantan Barat yang sayang untuk dilewatkan

Bubur Pedas Kalimantan Barat

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang khas dari suku Melayu Sambas, yang tentu saja terdapat di Kalimantan Barat. Bubur pedas ini berbahan dasar beras yang ditumbuk hingga halus lalu dioseng. Selain itu, makanan yang satu ini pun sangat kaya akan rempah dan sayuran. Oleh karena itu, tidak heran jika bubur ini dikenal mempunyai banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Di dalam bubur ini terdapat banyak sayuran seperti kangkung, pakis dan kesum yang menjadi olahan menyehatkan. Biasanya Bubur pedas ini disajikan dengan gorengan kacang tanah dan ikan teri yang digoreng sampai kering sehingga menambah cita rasa masakan.

Lempok Durian Kalimantan Barat

Lempok durian merupakan salah satu oleh-oleh dari Kalimantan Barat yang cukup terkenal sebagai salah satu pusat distribusi durian di Kalimantan Barat. Oleh karena itu, saat mengunjungi Kalimantan Barat tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi atau pun membawa oleh-oleh Lempok Durian ini ke kampung halaman. Makanan ini pun terkenal dengan rasa manis dan legitnya.

Mie Sagu Kalimantan Barat

Seperti namanya mie sagu berbahan dasar sagu yang dicampur dengan air kemudian di iris tipis-tipis sampai menyerupai bentuk mie. Setelah itu, dipotong kecil-kecil. Lalu adonan yang telah dipotong-potong tersebut dimasak dengan cara direbus. Selanjutnya, dihidangkan dengan bumbu yang sangat khas sesuai dengan selera.

Cucur Khas Kalimantan Barat

Cucur adalah salah satu kue tradisional atau makanan ringan yang berasal dari Kalimantan Barat, tepatnya dari kota Pontianak. Hal yang menjadikan makanan ini begitu unik adalah bentuknya yang bulat dengan gerigi-gerigi kecil di sampingnya. Makanan ringan yang satu ini biasanya dijadikan sebagai teman makan teh. Tergoda untuk mencoba?

Lemang Khas Kalimantan Barat

Lemang atau biasa dikenal dengan sebutan pulut adalah makanan yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Bentuk lemang sendiri tidak terlalu jauh dengan lontong. Bedanya pulut dimasak dengan di dalam bambu yang sebelumnya sudah dilapisi dengan daun pisang, kemudian dicampur dengan berbagai bahan seperti santan dan bumbu. Yang menjadi pulut ini spesial adalah bumbu tersebut karena menjadikan rasa pulut istimewa. Setelah dimasukkan ke dalam bambu, pulut tersebut di panggang di perapian tradisional. Makanan ini sangat pas disajikan ketika masih dalam keadaan hangat.

Itulah kuliner-kuliner khas dari Kalimantan Barat. Memang ya, Indonesia itu sangat kaya, setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai ciri khas kulinernya masing-masing. Untuk itu, saat mengunjungi suatu daerah jangan lupa mencicipi kuliner khasnya karena jika tidak menyempatkan diri untuk icip-icip liburan terasa ada yang kurang. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *