3 Hal yang Harus dilakukan Sebelum Membeli Android Murah

By | Agustus 17, 2016

Saat ini smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini banyak merek-merek ponsel yang menawarkan berbagai macam fitur untuk memanjakan penggunanya. Selain itu, harga yang ditawarkan pun beragam dari yang sangat mahal sampai yang terjangkau semuanya disediakan.

Banyak konsumen, khususnya konsumen Indonesia, yang menginginkan smartphone dengan harga yang murah, tapi kualitas tidak kalah dengan harga yang sedikti malah. Tetapi, dengan harga murah yang ditawarkan tersebut, Anda mungkin akan merasa ragu dengan kualitas yang dimiliki oleh smartphone tersebut. Hal ini menyebabkan Anda tidak bisa menjamin smartphone murah tersebut berkualitas atau tidak. Hal ini karena sudah menjamur smartphone replika yang hampir mirip dengan smartphone yang aslinya sehingga Anda harus lebih teliti dalam membeli smartphone.

Nah, untuk Anda yang berencana untuk membeli smartphone Android dengan harga miring. Sebaiknya Andal melakukan 3 hal berikut ini untuk menguji smartphone yang akan Anda beli.

3 Hal yang Harus dilakukan Sebelum Membeli Android Murah

3 Hal yang Harus dilakukan Sebelum Membeli Android Murah

3 Hal yang Harus dilakukan Sebelum Membeli Android Murah

Cek Dulu Keaslian Smartphone sebelum memutuskan membeli

Harga yang murah, jangan dulu membuat Anda tergiur, seharusnya Anda lebih waspada dan curiga. Merek yang di jual di pasaran tidaklah sedikit, hal ini dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memalsukan merek ponsel tersebut. Untuk itu, Anda harus menjadi konsumen cerdas agar terhindar dari hal tersebut. Jika Anda memang berniat untuk membeli smartphone dengan harga murah, Anda sebaiknya melakukan pengecekan apakah smartphone tersebut asli atau palsu dengan cara:

Mengecek bentuk dan kelengkapan penjualan

Pemalsu smartphone sangat apik dalam membuat replika smartphone buatannya. Tapi, sebagaimana pun miripnya pasti ada perbedaan antara smartphone asli dan palsu. Anda harus lebih jeli dan detail untuk membedakan mana yang palsu dan yang asli. Jika situasinya memungkinkan, Anda bisa mengecek nomor IMEI atau serial numberĀ  ke website resmi smartphone tersebut.

Melakukan Boot Hingga Menu Recovery

Spesifikasi hadware hingga software antara smartphone replika sama persis dengan yang asli. Namun tetap saja ada hal yang bisa dilakukan untuk mengecek dengan menggunakan Recovery Mode. Biasanya, smartphone Android palsu hadir dengan tol atau pun recovery berbahasa Tiongkok. Sedangkan yang asli biasanya menggunakan bahasa Inggris. Untuk melakukannya Anda bisa menekan tombol Power dan Volume bawah secara bersamaan.

Membandingkan Spesifikasinya agar bisa dipastikan asli atau palsu

Spesifikasi antara smartphone yang asli dan yang palsu biasanya berbeda, bahkan bisa di bawah yang seharusnya. Anda bisa mencari informasi dari situs-situs terkenal yang selalu memberikan berita up to date mengenai smartphone. Setelah itu, Anda bandingkan dengan smartphone yang Anda beli. Cara untuk mudah dalam mengecek spesifikasi adalah dengan menginstal aplikasi pihak ke tiga seperti AnTuTu dan CPU-Z.

Mengecik Kondisi Android Apakah Sudah Root atau Belum

Ini hal yang bisa Anda lihat dengan kasa mata dan sangat mudah. Kondisi smartphone tentu cukup membantu untuk menentukan apakah smartphone tersebut asli atau palsu. Untuk smartphone yang asli, tidak akan menjual smartphone dengan kondisi divice yang telah di-root. Namun, ada beberapa produsen Tiongkok yang menjual smartphone Android replika yang telah di-root. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menggunakan Root Checker.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menentukan smartphone yang Anda beli asli atau palsu. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *