Lupa Pola Password Smartphone Android Anda? Jangan Panik Dulu, Inilah Cara Tepat Yang Bisa Anda Lakukan

By | Agustus 8, 2016

Membuat smartphone Android Anda aman adalah hal yang wajib. Apalagi, jika di dalam smartphone Android Anda ada beberapa data rahasia yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Salah satu hal yang biasa dilakukan oleh pengguna smartphone Android adalah dengan menggunakan password. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan keamanan smartphone Android mereka. Dengan begitu data-data yang tersimpan di smartphone Android hanya dapat dilihat oleh Anda saja dan mungkin beberapa orang yang mengetahui password Anda.

Banyak diantara pengguna smartphone Android yang memilih menggunakan kunci  dengan membuat pola. Cara ini dianggap lebih simpel dan tidak ribet dibandingkan dengan menggunakan password berupa PIN atau pun sandi.

Saking mudahnya, banyak orang yang menyepelekan hal ini. Banyak yang sering mengganti password pola. Hal ini menyebabkan pengguna kadang lupa dengan password pola yang dia buat sendiri. Hal ini menjadikan password pola atau password dalam jenis apapun seperti pisau bermata dua bagi penggunanya. Disatu sisi sangat membantu dalam meningkatkan keamanan smartphone Android, disisi lainnya dapat membahayakan jika sampai lupa passwordnya.

Jika Anda lupa password dan tidak bisa menanganinya dengan benar, pengguna smartphone Android bisa saja dengan tidak sengaja melakukan aktivasi ulang atau ‘factory reset’ yang bisa menyebabkan semua data pada smartphone Android Anda hilang. Jika hal tersebut benar-benar terjadi, tentu akan membuat Anda menjadi kerepotan karena data yang Anda simpan dalam smartphone Android hilang tanpa jejak.

Tapi Anda jangan terlalu khawatir karena ada cara yang benar untuk mengatasi hal tersebut dan membuat data yang disimpan dalam smartphone Android Anda akan tetap aman. Berikut ini ulasan lengkapnya,

android lock2 Lupa Pola Password Smartphone Android Anda? Jangan Panik Dulu, Inilah Cara Tepat yang Bisa Anda lakukan

Lupa Pola Password Smartphone Android Anda? Jangan Panik Dulu, Inilah Cara Tepat yang Bisa Anda lakukan

Inilah cara membuka kunci layar di smartphone Android, jika lupa pola password-nya

Memasukan password pola sebanyak lima kali

Inilah cara pertama yang harus Anda lakukan. Masukkan pola password yang kira-kira Anda ingat sebanyak 5 kali percobaan. Ingat, masukkanlah pola password yang berbeda setiap Anda melakukannya. Mungkin diantara Anda ada yang bertanya kenapa harus 5 kali dalam melakukan percobaan memasukkan password? Hal ini karena semua merk smartphone Android akan secara otomatis terblokir selama 30 detik setelah salah memasukkan password sebanyak 5 kali.

Pilih ‘Forgot Pattern’ atau ‘Lupa Password’

Setelah smartphone Android terblokir, akan muncul opsi baru di bagian bawah layar smartphone Android Anda yang bertuliskan ‘Forgot Pattern’, karena tidak ada pilihan lain yang bisa Anda pilih, Anda pun harus memilih opsi tersebut.

Memasukkan data akun Google dan password

Dengan memilih opsi tersebut smartphone Android Anda secara otomatis akan meminta Anda memasukkan data yang berupa akun Google dan password-nya. Setelah Anda berhasil memasukkan data akun Google dan password-nya, secara otomatis Anda bisa menggunakan smartphone Android Anda kembali. Setelah itu, Anda pun bisa membuat password baru, pastikan Anda mencatatnya di sebuah kertas atau pun Notre dan simpan catatan tersebut di tempat yang menurut Anda aman.

Tetapi, jika Anda lupa password akun Google Anda, tidak ada pilihan lain selain melakukan ‘factory reset’.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan back-up atau pun menyimpan data yang ada di smartphone Android Anda ke penyimpanan yang lain sehingga ketika Anda dengan terpaksa melakukan ‘factory reset’ seperti saat melupakan password pola, Anda tidak kehilangan data-data yang dalam smartphone Android Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *