Tips Sehat Untuk Ibu Hamil

By | Juli 19, 2016

Memiliki janin yang sehat dan lahir sempurna tentu menjadi idaman setiap bunda, ya. Perkembangan janin dalam kandungan tentu menjadi perhatian khusus bunda. Perhatian khusus ini dapat diwujudkan dengan mengkonsumsi asupan makanan sehat dan bergizi. Terdapat mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil harus mengkonsumsi makanan dengan porsi 2 kali lipat lebih besar dari porsi biasanya. Ini salah! Yang benar adalah ibu hamil harus mengkonsumsi makanan dengan porsi sehat namun kandungan gizi yang lebih besar.

Berikut ini tips ibu hamil yang dapat menjadi informasi bagi bunda selama masa kehamilan. Selain menjaga asupan makanan bergizi, pola tidur dan kegiatan bunda juga harus diatur sehingga tidak membuat tubuh letih atau kecapaian. Hal ini sangat berpengaruh pada tumbuh kembang bayi, selain itu tubuh yang mengalami keletihan akan lebih cepat terserang penyakit.

Tips Sehat Untuk Ibu Hamil

cara-menjaga-ibu-hamil-dan-janin-tetap-sehat

Batasi Aktifitas, Jangan Lakukan Pekerjaan Berat

Masa kehamilan adalah masa dimana bunda menjadi sangat mudah lelah, pada kasus tertentu bahkan sampai sering pingsan. Tekanan darah rendah menjadi faktor utama kelelahan ini. Maka bunda disarankan untuk membatasi aktifitas atau menguranginya. Aktifitas mengangkat beban yang cukup berat dapat menimbulkan penekanan pada area sekitar perut, pada kasus tertentu bahkan memicu keguguran. Perbanyak istirahat yang cukup, seperti tidur. Namun tidur bagi bunda selama hamil mempunyai posisi khusus, sehingga bunda dan bayi dalam kandungan bisa sama-sama merasa nyaman.

Tidur dengan posisi miring ke kanan maupun ke kiri adalah posisi terbaik. Hindari tidur terlentang pada masa kehamilan trisemester ketiga (28 sampai 42 minggu). Hal ini menyebabkan tekanan darah menurun sehingga membuat bunda lebih sering mengeluh pusing. Pada kasus tertentu seperti pengidap tekanan darah tinggi, posisi tidur terlentang sangat dilarang.

Perbanyak Minum Air Putih

Mual dan muntah yang dialami bunda pada trisemester pertama dapat membuat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Tips ibu hamil dalam menanggulangi dehidrasi dapat dilakukan dengan minum air putih secara teratur. Cairan yang keluar karena mual dan muntah bisa tergantikan dengan cepat.

Hindari Makanan Dengan Kadar Lemak Tinggi

Makanan seperti gorengan, santapan bersantan, dan lemak daging harus dihindari. Makanan ini memicu kadar kolesterol jahat (HDL/High Density Lipoprotein) meningkat dan memicu tekanan darah tinggi. Yang harus diketahui oleh bunda adalah proses kelahiran akan menjadi sangat beresiko jika bunda mengidap tekanan darah tinggi. Selain itu, bayi dalam kandungan bisa terkena dampak kolesterol jahat ini seperti obesitas dan diabetes.

Konsumsi Susu Kedelai dan Buah Alpukat

Komposisi dan warna yang mirip dengan susu seperti protein, lemak, dan karbohidrat membuat sari kacang kedelai disebut juga susu kedelai. Kandungan gizi pada sari kacang kedelai sangat potensial membantu tumbuh kembang janin, seperti asam folat, vitamin A, B1, dan E, asam amino, antioksidan, serta protein, lemak nabati dan karbohidrat. Daging buah alpukat pun demikian, memiliki kesamaan kandungan dengan sari kacang kedelai. Selain mampu meningkatkan perkembangan otak janin, alpukat mampu mencegah kondisi spina bifida atau kondisi keluarnya sel syaraf tulang belakang pada janin.

Gunakan Obat Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Sering kali cuaca yang tidak baik mengakibatkan bunda terserang penyakit, yang paling sering adalah flu. Namun pengkonsumsian obat bagi bunda hamil tidak boleh sembarangan, bisa mengakibatkan dampak fatal bagi janin. Patuhi anjuran pada indeks obat dan berkonsultasilah pada dokter sebagai solusi terbaik. Beberapa informasi kandungan obat yang masih aman dikonsumsi ibu hamil adalah paracetamol/acetaminophen, antihistamin, dan dekongestan pseudoephedrine.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *