Tips Jitu Dan Mudah Untuk Menghentikan Kecanduan Rokok

By | Juli 23, 2016

Dampak rokok bagi kesehatan selalu buruk. Baik bagi perokok aktif maupun pasif (yang menghirup asap rokok dari perokok aktif). Kecanduan zat kafein dan nikotin pada rokok menyebabkan segudang kerugian bagi tubuh, diantaranya serangan jantung, kanker paru-paru, pneumonia, stroke, kanker rongga mulut dan tenggorokan, tungkak lambung bahkan  kanker serviks pada perempuan.

Perhatikan kandungan pada sebatang rokok : karbon monoksida yang biasanya ditemukan di asap knalpot mobil; tar yang mengendap pada paru-paru, menyebabkan organ pernafasan ini cepat kotor dan berkuman; dan benzene. Perusakan sel pada tingkat genetik ini adalah zat yang biasa ditambahkan pada bahan bakar minyak. Bayangkan betapa bahayanya kandungan rokok ini!

Mengurangi dan menghentikan candu rokok bisa dikatakan sulit, namun dengan keinginan yang kuat demi kesehatan tubuh serta dorongan dari orang terdekat, hal ini bisa dilakukan dengan mudah. Simak ulasan cara menghentikan kecanduan merokok berikut :

Tips Berhenti Merokok

Ini 5 Tips Sukses Hentikan Kebiasaan Merokok Tips Jitu Dan Mudah Untuk Menghentikan Kecanduan Rokok

Niat Menentukan Segalanya

Hal pertama tips berhenti merokok tentu berawal dari niat. Tanpa niat, godaan untuk menghisap rokok dengan mudah kembali lagi. Dibutuhkan kesadaran diri sendiri tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan kerugian yang dialami karena merokok. Selain kerugian  pada kesehatan tubuh, merokok otomatis mengurangi nominal finansial. Hitung berapa bungkus rokok yang dihabiskan dalam sehari, sebulan, setahun. Kerugian itu bahkan bisa dimanfaatkan untuk membeli kebutuhan primer atau berlibur bersama orang terkasih. Berniat sekarang dan putuskan untuk benar-benar berhenti merokok.

Abaikan Cemooh Orang Sekitar

Merokok menjadi kebiasaan laki-laki. Tidak semua laki-laki merokok, namun jargon “nggak merokok, nggak laki” salah besar. Menjadi laki-laki bukan dibuktikan dengan merokok. Justru dengan memelihara kesehatan agar melakukan segala aktifitas dengan optimal tanpa sakit-sakitan. Sekali lagi, tidak ada dampak positif dalam merokok. Jika penyakit akibat merokok menyerang, dipastikan orang terdekat yang mendapat beban merawat dan membiayai pengobatan.  Apakah Anda setega itu?

Biarkan Orang Terdekat Memberi Dukungan

Dorongan atau support dari keluarga dan orang terkasih dibutuhkan dalam niat berhenti merokok. Buatlah kesepakatan dengan mereka. Semisal, apabila Anda nekat merokok walau sebatang, maka konsekuensinya adalah membayar sejumlah denda pada mereka. Dengan metode denda atau membayar sejumlah uang, biasanya orang akan berpikir 2 kali untuk melakukan sesuatu yang dilarang.

Oleskan Jeruk Nipis atau Kunyah Permen Karet

Tips berhenti merokok dengan jeruk nipis dan permen karet terbukti ampuh. Berhenti merokok akan menimbulkan rasa tidak enak di mulut, seperti ada yang hilang. Maka solusinya dengan cara mengoleskan air perasan jeruk nipis setiap pagi, siang, dan malam sebelum tidur. Atau dengan mengunyah permen karet ketika rasa ingin merokokn datang. Rasa manis pada permen karet dan asam pada jeruk nipis dapat mengalihkan perhatian pada rokok.

Menyibukkan Diri Dengan Aktivitas Lain

Pengalihan perhatian dan folus pada rokok salah satunya dengan menyibukkan pikiran dan badan dengan berbagai aktifitas. Daripada merokok, luangkan waktu dengan keluarga, teman, dan orang terkasih. Anda bisa bermain dengan anak, menonton film bersama kekasih, atau membaca buku dan berolahraga. Dengan olahraga, badan menjadi sehat dan bugar. Sehingga rasa ingin merokok tidak lagi timbul. Selain itu, bisa dengan menempelkan cetakan besar dampak buruk merokok pada dinding. Cetak dan tempel kondisi paru-paru yang mengerikan akibat merokok.

Tips berhenti merokok diatas bisa dipraktekkan mulai sekarang. Dan mulai sekarang kesehatan organ dalam adalah prioritas utama Anda. Hentikan merokok, karena merokok tidak akan pernah menjadi teman baik Anda. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *