Tips Hidup Sehat Alami Ala Orang Jepang

By | Juli 9, 2016

Gaya hidup sehat sudah menjadi kebiasaan orang Jepang dari masa ke masa. Mereka mempunyai pola hidup yang sangat luar biasa dibanding dengan orang dari bangsa lain. Mereka terkenal dengan orang yang selalu bekerja keras dan mempunyai harapan hidup yang tinggi. Selain itu, mereka tetap bisa beraktifitas secara produktif bahkan diumur tua, sampai 100 tahun!

Tubuh yang sehat pada orang Jepang ternyata didasari dengan gaya hidup sehat seperti mengatur pola makan, waktu bekerja dan istirahat. Selain itu mereka menjaga asupan makanan bergizi dengan porsi seimbang di setiap jam makan. Walau tersedia restoran cepat saji dan junk food di pinggir jalan, orang Jepang lebih memilih makan makanan yang diolah sendiri dan disajikan selagi masih fresh. Lihat bagaimana gaya hidup sehat ini bekerja pada orang Jepang. Rata-rata di usia muda, mereka memiliki kecerdasan yang tinggi, dengan kreatifitas yang tak terbatas. Kegiatan yang mereka lakukan bisa selesai dengan sempurna. Di usia lanjut, mereka masih sigap dalam melakukan pekerjaan. Kulit mereka pun seperti lambat mengalami penuaan, tetap kencang dan terlihat awet muda.

Apa saja tips hidup sehat ala orang Jepang? Semoga ulasan berikut dapat memberikan Anda informasi bermanfaat tentang pentingnya menjaga tubuh tetap sehat.

Rahasia Perawatan Alami Ala Wanita Jepang Tips Hidup Sehat Alami ala Orang Jepang

Tips Hidup Sehat Alami Orang Jepang

Mengatur Waktu Bekerja, Makan, dan Beristirahat

Orang Jepang mempunyai kedisplinan tinggi dalam menjalankan segala aktifitas seperti makan, bekerja, dan beristirahat. Pengelolaan waktu yang tertata dengan baik membuat metabolisme tubuh bekerja secara sempurna. Walau mereka pekerja keras, namun mereka tidak melupakan kapan waktunya beristirahat dan kapan waktu mengisi energi. Itulah sebab mengapa orang Jepang tetap terlihat sehat meski telah melakukan kegiatan berat selama seharian.

Mereka bekerja tidak lebih dari 12 jam, jika mereka diharuskan lembur maka perusahaan yang menaungi memberikan kompensasi berupa waktu istirahat dan makanan bergizi sebagai energi tambahan. Di pagi hari, mereka memakan sarapan yang dengan porsi cukup namun tidak melupakan kandungan gizi didalamnya. Seporsi nasi dengan lauk dan sup, ditambah dengan segelas susu atau teh hijau pada pagi hari; makanan berat seperti daging sapi, ayam atau ikan dengan tambahan roti salad di siang hari; dan sajian nasi dengan lauk serta tumis sayuran di malam hari. Hal ini diatur sedemikian rupa sehingga setiap harinya mereka terserang penyakit yang dapat mengganggu aktifitas mereka.

Mereka memiliki waktu tidur tidak melebihi 8 jam sehari. Mereka memanfaatkan waktu tidur dengan baik, sehingga ketika mereka bangun, mereka mendapati tubuh mereka tidak kaku, dan bugar. Siap untuk beraktifitas.

Asupan Gizi Seimbang

Orang Jepang senang mengkonsumsi makanan yang segar. Seperti daging ikan, buah dan sayur yang disantap setelah dipanen. Mereka menghidari gorengan karena mereka paham bahwa kandungan gizi pada makanan bisa rusak jika terkena minyak panas. Bahan makanan direbus, dikukus, ditumis atau dipanggang. Atau mereka bisa memakannya dalam keadaan mentah namun tetap higienis, seperti salad dan sushi. Untuk segi minuman, mereka mengkonsumsi teh hijau sebagai penangkal radikal bebas. Antioksidan dari teh hijau membantu tubuh dengan memecah oksigen yang diserap dari partikel radikal bebas.

Olahraga Rutin

Selain mengatur waktu dengan baik, olahraga rutin juga diperlukan dalam hidup sehat. Tips hidup sehat ala orang Jepang ini terbukti membuat badan menjadi bugar, lemak dalam tubuh berkurang, dan bentuk tubuh menjadi ideal. Lihat postur tubuh orang Jepang. Pada umumnya mereka memiliki tubuh yang ramping dan ideal. Minimal dengan melakukan lari pagi atau senam lantai, maka tubuh akan terasa lebih sehat dan metabolisme tubuh menjadi lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *