Tips Belajar Untuk Anak-Anak Yang Efektif Dan Menyenangkan

By | Juli 23, 2016

Setiap anak memiliki karakter dan daya pemahaman yang berbeda-beda. Maka metode yang diajarkan pada setiap anak pun berbeda. Namun pada kenyataannya, beberapa sekolah memberikan satu standar yang sama bagi anak didik dalam memahami pelajaran. Sehingga tidak jarang menimbulkan suatu kesenjangan antara anak yang disebut pandai bodoh. Peran orang tua harus sangat aktif mengatasi fenomena ini. Beberapa orang tua mempercayakan pendidikan tambahan pada guru les privat maupun lembaga pendidikan non formal lainnya.

Pada dasarnya tips belajar anak bisa dilakukan orang tua masing-masing di rumah. Berikut ulasam tips belajar yang bisa menjadi referensi orang tua meningkatkan minat belajar anak sehingga dapat terus bersaing dan memahani konteks pelajaran dengan baik.

Tips Belajar Anak-Anak

276205 anak belajar 663 382 Tips Belajar Untuk Anak Anak Yang Efektif Dan Menyenangkan

Terapkan Kedisiplinan Belajar

Kedisiplinan adalah asas penting dalam menjalankan berbagai kegiatan termasuk belajar. Dalam usaha belajar dengan baik, kedisiplinan yang diterapkan pada anak bisa membentuk pola beljar yang baik namun tidak memaksakan materi harus dipahami anak pada momen yang sama. Kedisplinan dalam mengerjakan soal, memahami rumus secara berulang-ulang, kemudian menerapkannya pada suatu eksperimen, dapat membantu proses anak menganalisa materi pelajaran. Konsep ini membutuhkan keluwesan orang tua dan daya dukung besar karena anak merasa lebih nyaman bersama orang tua daripada guru.

Buatlah Jadwal Belajar Anak Secara Periodik

Anak memiliki kebebasan berpikir, membutuhkan ruang seluas-luasnya untuk memahami pelajaran. Orang tua dapat mengatur jadwal anak di rumah dengan sistem ideal periodik. Sistem belajar ideal periodik adalah sistem belajar yang menerapkan masa istirahat setelah 15 menit belajar. Tujuannya agar anak tidak merasa jenuh belajar. Otak anak akan di-refresh secara berkala dan bertahap bisa membuat informasi yang ditangkap otak tidak cepat hilang, atau lupa.

Berikan Cemilan Kesukaannya

Belajar dengan teknik ngemil belum dirasa pas bagi sebagian orang tua. Memberikan cemilan pada anak saat masa istirahat belajarnya dapat membantu anak meningkatkan minat belajar. Minat belajar adalah kunci anak memahami pelajaran lebih mudah. Jika anak merasa tertarik denga pelajaran, maka konsep dan konteks pelajaran akan mudah terserap oleh otak. Orang tua diharuskan tetap tegas menentukan waktu istirahat.

Ajak Anak Mencari Referensi Buku

Buku pelajaran tidak hanya buku yang disediakan sekolah. Anak bisa mendapatkan informasi lain dari buku-buku pelajaran dengan penulis yang berbeda. Ajak anak ke perpustakaan kota atau toko buku. Dan perkenalkan pada anak bahwa terdapat buku pelajaran lain yang bisa menjadi referensi anak belajar. Suatu survey mengatakan bahwa anak mempunyai buku pelajaran andalannya selain buku pelajaran yang disediakan di sekolah. Selain itu, referensi buku dapat membantu meningkatkan pengetahuan anak, yang mungkin tidak didapatkan di sekolah.

Cari Tempat Yang Nyaman

Anak bisa merasa jenuh belajar di tempat yang sama setiap hari. Orang tua sekreatif mungkin menentukan tempat yang menunjang anak lebih leluasa belajar. Ajak anak ke taman kota. Kejenuhan bisa teratasi dengan melihat pemandangan lain. Penelitian di Universita Essex, Inggris menyimpulkan bahwa warna mempunyai gelombang pendek yang menstimulasi perubahan mood. Hijau dan biru dapat membuat diri menjadi tenang dan rileks. Jika anak merasa tenang, maka daya tangkap informasinya pun menjadi lancar.

Selalu Perhatikan Asupan Gizi Anak

Belajar membutuhkan energi yang besar. Maka orang tua diharapkan selalu menyajikan makanan dengan porsi gizi melimpah namun seimbang sehingga menunjang belajar anak secara efektif. Konsumsi  protein, asam folat, omega-3, vitamin kompleks, dan nutrisi pendukung lainnya dapat membantu kinerja otak lebih optimal. Sehingga informasi dari pelajaran dapat diolah dengan baik. Sebagai orang tua, mendukung pendidikan anak dari rumah adalah faktor utama anak menjadi lebih aktif, terampil dan pandai. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *