Tips Ampuh Menghilangkan Komedo Secara Alami

By | Juli 21, 2016

Jika perawatan wajah untuk menghilangkan komedo identik dengan facial yang dilakukan di salon, maka postingan ini memberikan informasi tentang tips menghilangkan komedo secara alami yang bisa dilakukan dengan muda di rumah. Bahan yang dibutuhkan adalah bahan makanan alami yang mudah ditemukan di pasar, bahkan di dapur Anda.

Komedo adalah penyumbatan pada pori-pori, yang bisa dikategorikan menjadi 2 jenis, blackhead dan whitehead. Blackhead atau komedo yang terbuka pada wajah terlihat seperti pori-pori yang melebar dan kehitaman akibat oksidasi oleh udara. Sedangkan whitehead adalah komedo yang tertutup, memperlihatkan tonjolan kecil berwarna putih atau kuning yang disebabkan oleh sekresi berlebih  minyak alami dari kelenjar sebaceous atau sebum.

Tips Menghilangkan Komedo Secara Alami

cara-menghilangkan-komedo

Yang Utama, Cuci Muka Dengan Sabun pH Balance

Komedo biasa terjadi pada jenis kulit berminyak, namun juga tidak menutup kemungkinan tumbuhnya di jenis kulit normal dan kering. Menggunakan jenis sabun dengan pH balance dapat mengontrol sekresi minyak dan membuangnya saat wajah dibilas dengan air. Sehinggapori-pori menjadi bersih dan wajah terlihat cerah.

Pakai Scrub

Perawatan wajah menggunakan scrub baik untuk menghilangkan komedo. Scrub akan bekerja mengangkat sel kulit mati sehingga regenerasi sel bekerja lebih cepat. Sel kulit mati yang tidak dibersihkan juga dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan mempercepat timbunya komedo.

Gunakan scrub pada daerah rawan timbul komedo pada wajah, seperti area T :Dahi, hidung dan dagu. Scrub secara alami dapat diperoleh dari buah-buahan seperti buah Lemon. Caranya dengan membersihkan wajah dengan air hangat. Potong lemon menjadi beberapa bagian mendatar. Lalu gosokkan irisan lemon pada wajah yang berkomedo selama 3 sampai 4 menit, atau bisa juga dengan memeras lemon dan pakai cutton bud untuk mengoleskan air perasan ke daerah berkomedo. Kemudian bilas dengan air dingin. Metode ini terbukti ampuh menghilangkan komedo jika rutin dilakukan sehari 2 kali.

Basmi Komedo Dengan Pasta Gigi

Tips menghilangkan komedo dengan pasta gigi dapat dilakukan dengan cara mengoleskan pasta gigi secara tipis pada wajah berkomedon diamkan selama 5 menit.Sensasi rasa dingin pada pasta gigi dapat membuka pori-pori dan menyerap minyak berlebih seperti komedo. Setelah itu bilas sampai bersih.

Serap Minyak Penyebab Komedo Dengan Baking Soda

Tips menghilangkan komedo dengan baking soda bermanfaat untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah penyebab whitehead. Selain itu, baking soda dapat  mematikan bakteri dan kuman pada wajah, bahkan yang membandel sekalipun. Dua sendok makan baking soda yang dicampur dengan sedikit air  lalu aduk sampai berbentuk pasta. Pasta ini kemudian dioleskan pada wajah yang bersih dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas wajah sampai bersih dengan air dingin. Bisa juga dengan mencampurkannya dengan garam karena garam terbukti mempercepat proses eksfoliasi atau pengelupasan yang mampu mengurangi komedo dengan efektif.

Gunakan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bagus untuk pertumbuhan rambut yang tebal dan berkilau, namun juga ampuh menghilangkan komedo di wajah. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya ke daerah berkomedo lalu pijat wajah dengan gerakan lembut memutar ke dalam selama 5 menit. Hal ini secara efektif mengangkat komedo. Kemudian bilas wajah samapai bersih.

Demikian beberapa tips menghilangkan komedo secara alami. Hasil yang optimal pada wajah didapatkan dengan penggunaan bahan alami diatas secara rutin dan usahakan untuk selalu rajin mencuci muka dan gunakan pelembab sesuai jenis kulit agar komedo tidak muncul lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *