Tips Agar Melahirkan Normal, Nyaman, Dan Lancar

By | Juli 20, 2016

Setiap bunda tentu ingin proses persalinan berjalan nyaman, lancar dan normal. Dokter kandungan selalu menyarankan untuk melakukan persalinan normal daripada operasi, kecuali jika sang bunda memiliki penyakit atau kelainan genetik yang mendukung dilakukannya operasi. Agar persalinan normal dapat dilalui dengan baik, bunda harus mempersiapkan mental dan fisik secara baik. Buang jauh-jauh presepsi bahwa melahirkan secara normal adalah hal yang menakutkan karena rasa sakit yang ditimbulkan. Bunda bisa mempelajari tips melahirkan normal agar ketakutan bisa diatasi dengan baik.

Beberapa tips melahirkan normal berikut ini memberikan informasi kepada bunda tentang persiapan sebelum persalinan maupun metode yang berkembang.

Tips Melahirkan Normal

melahirkan-lancar

Selalu Menjaga Kesehatan Bunda dan Janin

Menjaga kesehatan bunda dan janin menjadi prioritas penting sebelum proses melahirkan. Seperti selalu mengolah makanan di rumah dengan menghindari vetsin, penyedap rasa berpengawet buatan serta menghindari makanan berlemak tinggi. Mengkonsumsi suplemen yang mendukung nutrisi janin juga diperbolehkan, beberapa dokter membuatkan resepnya jika dibutuhkan. Rutin mengkonsumsi air putih agar tubuh bunda tidak cepat letih dan dehidrasi.

Beolahraga Ringan dan Rutin

Dengan berolahraga ringan dipercaya dapat melancarkan proses persalinan dan mempersiapkan fisik bunda saat mengejan. Bunda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan, jenis olahraga apa yang bisa dilakukan rutin oleh ibu hamil. Dengan berjalan kaki bisa menjadi pilihan olahraga ringan bunda sehingga menguatkan otot, terutama otot bagian perut. Selain itu olahraga dapat mempersiapkan posisi bayi menjelang proses persalinan.

Latihan Kegel bisa menjadi tips melahirkan normal karena latihan ini melatih otot parineum  menjadi lebih elastis, sehingga saat persalinan tidak menimbulkan nyeri akut. Selain itu bagian paha dan pinggul yang menjadi bagian penting proses persalinan akan lebih terlatih dan kuat.

Kontrol Emosi

Stay calm. Bagi bunda yang baru merasakan pengalaman hamil, biasanya timbul kepanikan dan ketegangan dalam diri. Bunda, kontrol emosi bunda dengan cara selalu berdoa dan mendengarkan musik atau berlibur ke tempat dengan pemandangan apik dan membuat pikiran rileks. Jika mendekati proses persalinan, bunda bisa menggunakan metode hypnobirthing. Metode yang termasuk hypnotherapy ini dipercaya dapat mempersiapkan persalinan secara normal, alami, tanpa nyeri, dan lancar. Penanaman metode kinestetik, visualisasi dan afirmasi membuat bunda menjalani kelahiran normal tanpa merasa sakit, lancar dan alami. Namun, tips melahirkan normal yang paling ampuh untuk mengontrol emosi adalah ikatan bunda dengan suami.

Latihan Pernafasan

Tips melahirkan normal berikutnya adalah melatih pernafasan yang berguna pada saat bunda mengejan. Pengaturan pernafasan pada saat kontraksi harus dilakukan dengan satu tarikan panjang dan satu hembusan. Jika dilakukan terburu-buru, bunda akan merasa cepat letih dan kehilangan tenaga saat mengejan. Pernafasan harus dilakukan secara perlahan, agar ketegangan syaraf bisa mereda dan bunda menjadi lebih rileks.

Pada saat mengejan, jangan lakukan pola napas pendek-pendek. Bunda akan cepat kehabisan napas, padahal posisi bayi masih pada bagian perineum. Ini bisa berakibat fatal bagi bayi dan bunda sendiri. Tarik napas panjang dan mengejan bersamaan dengan waktu menghembuskan nafas. Jika teknik mengejan ini dilakukan dengan benar, proses persalinan menjadi lebih lancar dan stamina tubuh tidak turun ke level terbawah.

Demikian tips melahirkan normal untuk bunda. Persiapkan proses kehamilan normal sedini mungkin, tentu ini membutuhkan dukungan dari suami dan keluarga. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *