Resep Membuat Es Krim Sendiri Tanpa Menggunakan Mesin

By | Juli 25, 2016

Merupakan jenis makanan favorit semua orang, es krim semakin diminati dengan bekermbangnya variasi dan rasa. Es krim adalah dairy product susu dan lemaknya yang dicampur dengan perasa dan pemanis. Sering disajikan sebagai dessert atau hidangan penutup atau pencuci mulut.

Sejarah pembuatan es krim menerangkan bahwa dulu, ditemukan pada tahun 1600-an, es krim dibuat dari campuran susu, krim, perasa dan pemanis yang ditaruh dalam sebuah wadah, kemudian dimasukkan kedalam campuran es pecah dan garam. Dan dulu, es krim hanya disajikan bagi keluarga kerajaan dengana resep rahasia. Bahkan si pembuat es krim bisa dihukum mati jika menyebarkan resep rahasia pembuatan es krim. Hingga tahun 1851, Jacob Fussel  dengan Baltimore Factory miliknya, mulai mengkomersilkan pembuatan es krim untuk semua kalangan masyarakat, tanpa terkecuali.

Membuat es krim bisa dengan 2 cara, secara manual atau dengan mesin. Berikut ini ulasan cara membuat es krim secara manual :

Cara Buat Es Krim

Es krim sederhana Resep Membuat Es Krim Sendiri Tanpa Menggunakan Mesin

Cara Pertama

Sebelum mulai membuat es krim, siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Diantaranya :

4 gelas susu cair @ 150 ml

2 kaleng susu kental manis putih

2 sdm tepung maizena, cairkan pada gelas atau mangkuk, sisihkan

2 butir telur, pisahkan antara kuning dan putihnya, pakai yang putihnya saja, sisihkan

1 sdt panili

2 sdm gula pasir, atau gula kastor

Setelah siap, mari kita mulai membuat es krim! Ambil satu wadah bersih, campurkan bahan speerti putih telur, panili, dan gula. Kocok hingga mengembang dan berwarna putih. Sisihkan.

Larutkan susu cair dan susu kental manis dalam panci, panaskan, sambil terus diaduk. Masukkan tepung maizena yng sudah dicairkan pada adonan susu cair, sambil terus diaduk.

Masukkan kocokan gula, panili dan putih telur kedalam adonan susu panas, kemudian aduk sampai adonan susu mendidih. Kemudian angkat. Sambil terus mengadung, tunggu adonan susu sampai agak dingin. Kemudian campurkan bahan pelengkap seperti perisa strawberry, vanilla, coklat, dan semacamnya sesuai kesukaan.

Setelah semua tercampur, masukkan adonan tersebut ke dalam freezer, dan biarkan membeku selama semalam. Keesokannya es krim dapat disajikan dengan tambahan topping seperti choco chips, parutan keju, siraman fla atau syrup. Bisa juga dikombinasikan dengan waffle, roti dan buah-buahan.

Cara Kedua

200 gr whipped cream kocok

400 cc air matang

150 gr gula pasir

400 cc air santan kelapa

50 gr susu bubuk full cream

3 lembar daun pandan

Cara buat es krim kedua adalah dengan mencampurkan susu bubuk, santan, daun pandan, dan gula menjadi satu dalam panci, kemudian panaskan dengan api kecil hingga mendidih sambil terus diaduk. Setelah mendidih, buang daun pandan dan kocok sebentar selama 15 menit. kemudian masukkan ke dalam kulkas selama 3 jam.

Setelah itu keluarkan dan kocok kembali selama 15 menit. Kemudian campur dengan kocokan whipped cream dan 400 cc air matang, dan masukkan kembali ke freezer. Tunggu semalam. Dan keespkannya es krim enak siap disajikan.

Demikian cara buat es krim tanpa mesin. Cukup mudah bukan? Semakin populernya es krim di kalangan masyarakat, beberapa industri rumah tanggal mulai melirik pembuatan es krim dan menjualnya sebagai produk dengan label tersendiri. Bahan pembuatan es krim merambah tidak hanya susu dan lemaknya, bisa juga ubi ungu atau telo ungu. Es krim ini biasa disebut es krim taro. Cara membuatnya hampir sama, dengan menambahkan ubi ungu tanpa kulit yang dikukus.

Semoga artikel diatas bermanfaat. Dan selamat mencoba cara buat es krim tanpa mesin di rumah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *