Pentingnya Sebuah Seni Untuk Kehidupan Manusia

By | Juli 21, 2016

Seni merupakan hal terpenting bagi manusia, karena dengan seni manusia dapat mengutarakan isi hatinya dengan ekspresi yang beragam. Menurut para ahli misalnya Aristoteles, dia menyebutkan bahwa seni merupakan sebuah bentuk yang pengungkapannya serta penampilannya tidak akan pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.

Seni lukis 300x196 Pentingnya Sebuah Seni Untuk Kehidupan Manusia

Ditanya.com secara umum seni dapat terbagi dalam lima cabang dengan berdasarkan penikmatnya. Kelima cabang tersebut adalah seni rupa, tari, musik, teater, dan sastra. Setiap macam seni pasti memiliki pengertiannya masing-masing. Misalnya seni sastra menurut pengertian, seni sastra merupakan seni yang mengungkapkan pengalaman jiwa dan perasaan dalam bentuk bahasa, tulisan, dan kalimat yang mengandung nilai estetis untuk mendapatkan kepuasan rohaniah. Contoh dari seni sastra adalah prosa dan puisi.

Selain itu seni juga memiliki manfaat bagi manusia yang lainnya, simaklah beberapa fungsi seni bagi kehidupan manusia seperti di bawah ini.

Fungsi Seni Bagi Kehidupan Manusia

Memuaskan batin seniman

Dalam kehidupan para seniman juga ingin mengutarakan isi hatinnya untuk memuaskan batinnya. Banyak hasil karya seni yang berhasil mereka buat untuk memuaskan batinnya, misalnya patung, lukisan atau hasil seni yang lainnya.

Sarana ritual keagamaan

Pada zaman dahulu ketika nenek moyang kita masih menganut ajaran animisme dan dinamisme. Mereka menggunakan seni untuk melakuan ibadah misalnya dalam pembuatan patung untuk merekan sembah,atau ukiran yang mereka bentuk untuk kepentingan ibadah mereka dan lain lain.

mengenang sejarah melalui seni 300x200 Pentingnya Sebuah Seni Untuk Kehidupan Manusia

Mengenang sejarah melalu seni

Untuk mengenang peristiwa yang pernah terjadi pada masa lalu manusia menggunakan seni untuk menyalurkan pesan pesan sejarah unttuk dikenang oleh generasi berikutnya. Contohnya lukisan tentang perang kemerdekaan yang sampai sekarang dapat kita lihat untuk mengenang peristiwa pada masa kemerdekaan

Menyampaikan nilai-nilai budaya dan ekspresi seniman

Dalam pembuatanny a seniman juga ingin menyampaikan nilai nilai budaya atau pesan moraluntuk para penikmat karya seninya

Memuaskan batin orang lain

Masyarakat penikmat karya seni para seniman pasti akan memiliki tingkatan penilaian terhadap karya seni para seniman. Maka dari itu para seniman membuat karya dengan sebaik baiknya agar masyarakat penikmat karya seni merasa puas akan karya seni yang dibuat oleh para seniman.

Kehidupan yang kita jalani ini memanglah sulit walaupun demikian kita hanya perlu mengikuti dengan alur yang sudah ada apalagi jika kehidupan anda mempunyai nilai tambah yang berupa sebuah seni yang dapat anda punyai.

Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *