Mengetahui Anatomi Dan Cara Kerja Jantung

By | Juli 18, 2016

Salah satu bagian terpenting dalam tubuh adalah jantung. Cor atau jantung memiliki sistem kardiovaskular atau kardiak yang berarti berkaitan dengan jantung. Peran organ ini sangat penting, sebagai pusat dari sitem peredaran darah.

Berada ditengah dan diselubungi paru-paru, tertutup selaput perikardium yang menempel pada diafragma. Jantung terdiri dari 4 rongga : serambi kanan dan kiri, serta bilik kanan dan kiri. Dinding pada serambi memeiliki ketebalan yang lebih tipis dibanding dinding bilik. Dinding bilik berfungsi untuk memompa dan menyuplai darah ke seluruh tubuh. Serambi dan bilik dihubungkan dengan sebuah katup, trukuspidalis yang menghubungkan serambi kanan dan bilik kanan, dan mitralis yang menghubungkan serambi kiri dengan bilik kiri.

Setelah mengetahui organ jantung secara internal, berikut ini informasi tentang cara kerja jantung.

Cara Kerja Jantung

Jantung manusia berukuran satu kepal tangan

Tugas jantung secara umum adaah memompa darah ke seluruh tubuh. Secara spesifik :

Diastol atau saat jantung berdenyut, seluruh ruangan jantung mengendung dan terisi darah. Kemudian sistol adalah kondisi saat jantung berkontraksi memompa darah ke luar jantung. Kedua serambi berkontraksi secara bersamaan dan kedua bilik pun sama.

Darah beroksigen mengalir melalu vena pulmonalis menuju atrium kiri. Dari sini darah dipompa melalu katup pulomoner ke arteri pulmonaris lalu ke paru-paru. Darah  mengalir melalui pembuluh kapiler yang melilingi paru-paru, kemudian menyerap oksigen dan melepaskan karbondioksida. Darah ini selanjutnya dialirkan kembali ke jantung.

Dan darah dengan kadar oksigen tipis dan banyak karbon dioksida akan dilarkan dari seluruh tubuh melalui vena kava ke atrium kanan. Atrium kanan yang penuh terisi darah, kemudian mendorong darah ke ventrikel kanan lewat katup trikuspidalis. Darah pada atrium kiri didorong menuju ke ventrikel kiri melalui katup bikuspidali atau mitral, selanjutnya darah melewati katup aorta dan masuk ke dalam aorta, pembuluh arteri terbesar dalam tubuh. Darah kaya oksigen disirkulasi ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru.

Kondisi Kelainan Jantung

Keempat katup diatas menutup dengan cepat agar darah tidak bergerak mundur.  Namun beberapa penyakit kardiovaskular bisa menghambar kinerja jantung. Adapun beberapa gangguan pada jantung yang harus diwaspadai adalah :

Kelainan genetika, seperti lemahnya otot jantung, menyebabkan oenderitanya tidak dapat melakukan aktifitas seperti orang lain pada umumnya. Pemaksaan kerja jantung secara berlabih bisa menimbulkan sakit pada dada, tubuh menjadi membiru dan mudah pingsan.  Selain kelainan genetika lemah jantung, pembentukan lapisan pemisah kedua serambi yng tidak terbentuk secara sempurna sejak dalam kandungan membuat darah kotor dan darah bersih tercampur. Penderita pun tidak dapat melakukan aktifitas. Jika penderita merasa kelelahan sedikit saja, maka tubuh membiru dan sesak napas.

Ganguan pada Jantung

Aterosklirosis atau disebut penyakit arteri koroner. Kondisi ini disebabkan adanya plak pada dinding arteri sehingga sirkulasi darah tidak lancar atau bahkan terhambat.

Heart murmur. Kondisi bising jantung yang disebabkan terhambatnya aliran darah. Jika didengarkan melalui stetoskop, terdengar seperti suara abnormal.

Cardiomayopathy. Ganguan fungsi jantung disebabkan melemahnya kinerja otot jantung.

Heart Attack atau serangan jantung . jantung secara mendadak berhenti kemudian berirama tidak teratur. Bisa sangat cepat, bisa sangat lambat bahkan hampir tidak terdeteksi.

Gagal jantung atau ggal fungsi jantung adalah kondisi dimana jantung tidak dapat memompa darah atau tidak bekerja sama sekali. Gagal jantung tentu menyebabkan kematian.

Radang Jantung dapat terjadi pada keseluruhan bagian jantung, baik serambi maupun bilik, atau hanya sebagian organ saja.

Menjaga jantung tetap sehat dengan konsumsi makanan tanpa lemak, mengkonsumsi ikan 2 kali seminggu dapat mencegah ganguan pada jantung. Semoga artikel diatas bermanfaat.  Dan sayangi jantung Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *