Manfaat Mengonsumsi Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

By | Juli 27, 2016

Menjalani diet sehat menjadi gaya hidup yang diminati masyarakat jaman sekarang. Memasukkan bahan alami dalam olaham menu makanan sehat lebih memberikan manfaat bagi tubuh. Beberapa kalangan yang menjalani diet sehat menggunakan oatmeal sebagai menu utama pengganti nasi. Oatmeal secara umum membantu pelakon diet dalam menyerap kolesterol jahat dalam tubuh.

Dan banyak manfaat oatmeal lainnya yang bisa Anda simak pada ulasan berikut ini :

Manfaat Oatmeal

%name Manfaat Mengonsumsi Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi saat sarapan memang belum begitu akrab bagi orang Indonesia. Namun manfaat berikut ini dapat menjadi alsan dan acuan bagi orang Indonesia untuk mengkonsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi.

Imunitas Tubuh Meningkat

Kandungan nutrisi pada oatmeal berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Tubuh yang sehat dari dalam tentu tidak mudah terserang penyakit. Salah satu kandungan nutrisi oatmeal yang mendukung sistem kekebalan tubuh adalah antioksidan. Antioksidan dikenal mampu menangkal radikal bebas atau pemecahan oksidan di luar tubuh.

Mencengah Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular seringkali hinggap pada tubuh yang tidak ternutrisi dengan baik. Penyakit kardiovaskular berupa tekanan dara tinggi, serangan jantung, dan diabetes tipe 2. Kandungan dalam oatmeal yang dapat mencegah tubuh dari penyakit kardiovaskular adalah lignan, sejenis senyawa kimia yang efektif menurunkan kolesterol penyebab sakit jantung. Oatmeal adalah biji gandum sumber zat besi, vitamin, kalsium dan magnesium.

Mencegah Pengerasan Arteri

Pengerasan arteri adalah salah satu penyakit kardiovaskular. Hal ini berkaitan dengan kesehatan jantung dan urat syaraf. Zat avenanthramides dalam oatmeal membantu melunakkan endapan plak atau lemak pada arteri. Endapan plak yang menumpuk semakin tebal akan menghalangi sirkulasi darah dan memperlambar perkembangan stenosis. Jika sirkulasi darah tidak lancar, maka gangguan seperti pengerasan arteri, stroke dan serangan jantung semakin mudah menyerang tubuh.

Suatu penelitian membuktikan dengan memakan oatmeal secara teratur, aliran darah dalam arteri menjadi lebih lancar. Tentu akan terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Menekan Kadar HDL atau High Density Lipoprotein

Seseorang yang didiagnosa mempunyai kadar kolesterol tinggi beresiko mengalami penyakit kardiovaskular lebih tinggi. Oatmeal akan menyerap kolesterol dalam tubuh, lalu membuangnya bersama dengan kotoran. Disarankan untuk mengganti menu nasi dengan oatmeal dan mengkonsumsinya secara teratur 2 kali sehari bergantian dengan konsumsi nasi.

Capat Menurunkan Berat Badan

Pelakon diet tentu akan mempertimbangkan mengganti menu utama nasi dengan oatmeal karena serat pangan pada oatmeal tergolong lebih tinggi daripada nasi. Walaupun sama-sama berasal dari biji-bijian, bulir padi dan bulir gandum memiliki kandungan serat, mineral dan vitamin yang berbeda. Kadar nutrisi yang lebih tinggi ditemukan pada bulir gandum. Sehigga proses diet berjalan lebih lancar.

Mencegah Kanker

Satu lagi manfaat kandungan antioksidan pada oatmeal. Mencegah timbulnya kanker. Berperan bersama serat pangan tinggi, kandungan ini meningkatkan metabolisme tubuh secara optimal. Pencernaan dan penyerapan nutrisi yang baik dapat menyalurkan gizi secara merata dan lancar ke seluruh tubuh. Sehingga peyakit kanker dan berbahaya lainnya bisa dihindari.

Cobalah mengkonsumsi oatmeal saat sarapan dan makan malam. Rasa poatmeal umumnya hambar, maka Anda bisa menambahkan madu dan susu. selain meningkatkan manfaat kandungan oatmeal, manfaat tambahan dari madu dan susu bisa mendukung kesehatan Anda. Tambahan buah-buahan seperti berry,  pisang, dan alpukat dalam semangkuk oatmeal bisa juga menjadi pilihan sarapan Anda sehari-hari. Semoga artikel diatas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *