Inilah Penyebab Terbesar Timbulnya Sakit Kepala

By | Juli 21, 2016

Keluhan seringnya mengalami sakit kepala bisa terjadi karena beberapa faktor. Gangguan ini menyebabkan terganggunya aktifitas, berkurangnya selera makan, bahkan pada kasus tertentu dapat melumpuhkan sebagian kinerja organ tubuh. Penting untuk mengetahui kenapa sering sakit kepala, berikut ini ulasannya :

Kenapa Sering Sakit Kepala?

Penyakit-Dengan-Gejala-Sakit-Kepala-Dan-Solusinya

Makanan Yang Diolah

Olahan makanan sehat menjadi kebutuhan tubuh dalam menjalani setiap aktifitas. Namun pengolahan yag salah dapat memicu perubahan nutrisi. Terpecahnya vitamin, terurainya protein, antioksidan yang hilang, serta menguatnya zat beracun dalam bahan makan bisa menyebabkan sakit kepala, dalam pengkonsumsian jumlah banyak bisa menyebabkan mual muntah, bahkan serangan jantung. Konsumsi monosodium glutamat (MSG) berlebih juga meningkatkan resiko sakit kepala.

Minuman

Tidak hanya makanan, konsumsi minuman dapat memicu sakit kepala. Batasi asupan minuman seperti teh dan kopi dalam sehari. Kopi dan Teh mengandung kafein yang bisa merangsang otak dan mempengaruhi sistem pencernaan, yang pada awalnya membuat tubuh terasa segar. Candu kopi dan teh dapat meningkatkan detak jantung, menurunnya daya tahan tubuh, dan insomnia.  Efek buruk kafein berlebih mengganggu kelancaran aliran darah sehingga sakit kepala bahkan vertigo bisa menyerang kapan saja.

Terlalu Banyak Aktifitas dan Olahraga

Olahraga rutin menyehatkan tubuh. Tetapi menforsir tubuh untuk terus berolahraga, mungkin karena ingin cepat kurus, bisa menyebabkan vasolidasi atau pembesaran pembuluh darah di kepala dan leher. Sirkulasi darah yang lancar berubah menjadi aliran darah yang cepat, dan memicu sakit kepala. Aktifitas berlebih dalam sehari juga bisa memicu sakit kepala, bahkan stress. Jika hal ini dibiarkan, daerah leher akan semakin tegang dan kepala semakin terasa berat.

Hormon Pada Wanita

Pada masa periodik menstruasi, seorang wanita lebih sering mengalami sakit kepala. Penyebab kenapa sering sakit kepala pada wanita menstruasi adalah turunnya kadar hormon estrogen. Hal ini tidak dapat dihindari, namun bisa berkonsultasi dengan dokter, apa obat yang cocok untuk menanggulangi sakit kepala sesuai kebutuhan. Selain menstruasi, seringnya sakit kepala pada wanita disebabkan pengkonsumsian pil KB.

Dehidrasi

Kekurangan cairan atau dehidrasi menyebabkan sakit kepala, rasanya seperti pita karet yang melilit kepala dan menekannya kuat-kuat. Cegah dan tanggulangi dengan mengkonsumi air putih secara teratur, minimal 8 gelas sehari. Sehingga tubuh terasa lebih segar, sakit kepala hilang karena terpenuhinya cairan dalam tubuh.

Keracunan Karbon Dioksida dan Monoksida

Seiring perkembangan teknologi pada alat trasnportasi, polusi yang ditimbulkan akibat pembakaran mesin motor dan mobil menjadi semakin meningkat. Kadar karbon dioksida dan monoksida tinggi dan dihirup manusia bisa menyebabkan sakit kepala. Untuk menghindari hal ini, selalu gunakan masker penutup hidung dan hindari kepadatan jalan.

Diet

Perlu pemahaman yang benar tentang apa arti sebenarnya dari diet. Diet adalah merubah pola makanan yang tidak teratur (baik dalam segi waktu, porsi dan kadar gizi). Diet sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan gizi dan porsi seimbang, dengan waktu makan teratur, diiringi olahraga rutin dan pikiran yang positif. Kesalahan pemahaman pada masyarakat adalah diet merupakan kegiatan mengurangi porsi makan dan berolahraga secara keras. Jika perut kosong, asam lambung meningkat dan menyebabkan kepala lebih sering sakit.

Selain penyebab sakit kepala diatas, penyebab kenapa sering sakit kepala bisa dikarenakan timbulnya penyakit tertentu. Berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan penanganan tepat sakit kepala. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *