Inilah 9 Makanan Unik Yang Hanya Tersedia Di Indonesia

By | Juli 28, 2016

Dari Sabang sampai Merauke, ragam kuliner khas daerah masing-masing menyajikan suguhan bercitarasa khas. Mulai dari yang manis, gurih, asin, asam, pedas, sampai yang meninggalkan rasa sedikit unik di lidah. Makanan Indonesia tidak melulu berbahan dasar daging ayam, sapi, kerbau, itik/bebek, ikan dan burung. Beberapa kuliner khas Indonesia berikut ini, menyajikan keunikan rasa dan bahan dasar masakan.

Penasaran apa saja kuliner nusantara yang unik, namun tetap lezat? Simak ulasannya berikut ini!

Makanan Unik Khas Indonesia

  1. Paniki dan Kawok Khas Manado

14028253837

Kedua makanan ini sekilas memang aneh ditelinga, tidak bagi orang Manado. Bagaimana tidak, bahan dasar kuliner ini hanya orang Manado saja yang suka. Pecinta kuliner ekstrim, cicipi Paniki dan Kawok Khas Manado.

Paniki artinya kelelawar, sudah pasti makanan ini berbahan dasar daging kelelawar. Daging kelelawar dimasak dengan bumbu halus kaya rempah, kemudian dikukus atau dibakar berama sisa bumbu. Rasanya pedas gurih. Mantap!

Sedangkan Kawok, jangan kaget apa bahan dasar kuliner ini. Tikus hutan! Kawok hidup dengan makan rumput atau larva. Tepatnya di daerah Kawanua, Manado, kuliner tradisional ini disajikan dengan bumbu rica-rica. Daging kawok empuk, juga biasa disajikan dengan cara dipanggang.

  1. Ketupat Babanci

ketupatbabanci_Kaskus

Makanan ini terbilang lebih normal daripada Paniki atau Kawok. Ketupat Babanci khas Jakarta, merupakan makanan tradisional suku Betawi. Dibuat dari kepala sapi, dengan campuran rempah temu mangga dan santan. Temu mangga adalah tumbuhan rimpang yang beraroma seperti mangga, cocok digunakan untuk masakan dengan rasa asam pedas. Kuliner nusantara satu ini sekilas mirip gulai karena kuah kuningnya. Diberi pelengkap kelapa serut dan kupat.

  1. Sayur Asem Rotan Muda

P1020039

Pernah makan rotan? Tidak perlu merasa aneh, karena kuliner khas Banjarmasin, Kalimantan Barat menyajikan rotan muda yang diolah dalam sayur asam. Rasanya tidak beda jauh dengan rebung. Renyah dan lezat.

  1. Bothok Tawon

botok tawon

Mendengar namanya saja sudah berkesan unik. Bagaimana rupa kuliner ini? Orang Jawa Timur membuat olahan dari sarang tawon dan dicampur dengan bumbu bothok yang terkenal pedas. Rasanya menjadi sangat gurih. Kuliner unik Indonesia satu ini masih jarang dijual di kawasan kuliner ikonik Jawa Timur, namun jika ingin menikmatinya, kunjungi rumah-rumah penduduk yang tinggal di pedesaan. Kriuk-kriuk.

  1. Sate Kuda Sumbawa

71sate-kuda

Terkenal dengan susu kuda liar, Sumbawa juga menyuguhkan kuliner unik berbahan dasar daging kuda. Ya, sate kuda Sumbawa. Masyarakat sekitar percaya bahwa sate kuda bermanfaat meningkatkan vitalitas dan stamina tubuh. Pantas saja badan orang Sumabwa tergolong besar-besar. Selain itu, sate kuda mengandung protein yang dapat meningkatkan fungsi kerja organ reproduksi pria. Wow!

  1. Nasi Kucing

Nasi_kucing_langgiPenggemar angkringan di Jawa – sebagian besar mahasiswa dan anak kos – tentu  tidak asing dengan kuliner unik ini. Disebut nasi kucing karena porsinya hanya sebanyak pakan kucing, dengan lauk ikan bandeng dan sambel yang dipisah. Harganya pun terjangkau, kisaran 2.000 rupiah. Murah sekali!

  1. Nasi Kentut

150731100535--nasi-kentut-kuliner-khas-kota-medan-rasanya-bikin-nendang

Jangan merasa jijik dulu, nasi ini bukan terbuat dari gas kentut. Dinamai nasi kentut, karena proses pemasakan mencampurkan daun kentut, sejenis daun herbal. Daun kentut bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, terutama di bagian usus. Kuliner nasi kentut berasal dari Medan. Isinya bermacam-macam, tentunya dengan sajian khas rasa pedas.

  1. Rawon Setan

Rawon_setan-tokomesin

Makanan di Jawa selalu menyuguhkan citarasa khas dengan nama yang unik. Makanan unik satu ini ditemukan di Surabaya, notabene orang Surabaya penggemar masakan pedas. Tidak ada ritual mistis dalam pembuatannya. Semangkuk Rawon Setan dikenal dengan rasa sangat pedas ditambah jam buka warung tengah malam.

  1. Bika Ambon

Resep-Bika-Ambon-Kue-Nikmat-Dari-Medan

Masih bertanya-tanya, kenapa dinamai bika Ambon, padahal penganan khas Medan? Roti manis bertekstur mirip martabak ini mengambil nama jalan tempat kue ini diproduksi pertama kali di Medan. Jalan itu bernama jalan Ambon. Masih banyak yang mengira bika Ambon berasal dari Ambon, Maluku?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *