Definisi, Gejala Dan Penanganan Sinusitis

By | Juli 15, 2016

Sinusitis sering dikaitkan dengan pilek, flu atau masalah – masalah pada hidung. Bagi banyak orang yang belum mengetahuinya, tanggapan dari berbagai masyarakat biasanya beragam. Sebab sinusitis memang bukan sekadar penyakit flu yang mengganggu ketika musim dingin tiba. Bagi sebagian orang, ada yang menganggap bahwa sakit sinusitis itu hanyalah masalah virus yang sepele, ada pula yang menganggapnya cukup berbahaya dan perlu dintuntaskan. Lalu bagaimana sebenarnya sinusitis itu? Bagaimana gejala dan penanganannya?

Berikut Penjelasan tentang Apa itu Sinusitis, Gejala dan Obatnya :

Sinusitis

Letak Sinusitis

Definisi, Gejala Dan Penanganan Sinusitis

Pengertian Sinusitis

Apa itu sinusitis? Sinus dan sinusitis berbeda. Sinusitis merupakan sejenis penyakit pada daerah wajah, dimana terdapat peradangan pada dinding sinus akibat virus maupun bakteri. Sedangkan sinus sendiri ialah rongga kecil yang berisi udara, letaknya di tulang pipi dan dahi. Sinus membuka lubang pada hidung serta membantu untuk mengendalikan suhu maupun kelembaban udara yang masuk ke dalam paru – paru. Sinus memiliki 4 pasang sinus di kerangka kepala kita, yakni pada belakang dahi, di kedua sisi dari batang hidung, di belakang mata dan juga di belakang tulang pipi. Lendir yang dihasilakan sinus lalu mengalir ke hidung melalui saluran kecil, dan saluran ini dapat terhalang apabila sinus mengalami peradangan, sehingga inilah yang merupakan apa itu sinusitis.

Penyebab Sinusitis

Penyebab paling umum dari penyakit sinusitis ini adalah infeksi oleh virus. Biasanya disebabkan karena virus flu yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas. Jika telah terjadi pilek atau flu, maka infeksi bisa terjadi dan mengakibatkan dinding sinus mengalami radang atau inflamasi. Penyebab sinusitis yang biasa diakibatkan oleh virus ini bisa saja menyebar ke daerah lain pada tubuh. Maka perhatikan lebih lanjut untuk meminimalisir terjadinya sinusitis dan penyebabnya.

Gejala Sinusitis

Para penderita sinusitis biasanya mengalami gejala-gejala tertentu. Tidak hanya pilek, namun juga gejala – gejala lain di sekitar area wajah dan juga kepala. Berikut ini merupakan berbagai gejala dari apa itu sinusitis.

  • Pusing atau sakit kepala
  • Demam tinggi bersuhu 38 derajat celcius, atau lebih
  • Pada hidung biasanya tersumbat dan berair
  • Nyeri di bagian wajah, biasanya sakit apabila ditekan
  • Penciuman berkurang, atau bahkan hilang
  • Batuk

Baca Juga : Cara Alami Mengobati Sakit Kepala

Gejala Lanjutan Sinusitis

Sinusitis sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja. Banyak orang yang masih menganggap bahwa sinusitis sama seperti flu atau pilek biasa yang akan hilang dengan sendirinya. Namun ternyata, sinusitis memiliki gejala komplikasi lanjutan apabila semakin parah. Meski komplikasi sinusitis jarang terjadi, namun Anda tetap harus waspada dan menjaga kesehatan. Gejala lanjutan tersebut antara lain.

  • Memicu kambuhnya penyakit asma
  • Munculnya sinusitis kronis jangka panjang
  • Meningitis bila infeksi menyebar ke dinding otak
  • Penglihatan akan berkurang, bahkan menjadi buta
  • Memungkinkan terjadinya infeksi telinga.

Mengetahui dan Menangani Sinusitis

Untuk bisa mengetahui apa itu sinusitis dan apakah penyakit tersebut menjangkiti diri Anda ataupun keluarga, maka bisa dilakukan pemeriksaan di dokter THT (telinga, hidung dan tenggorokan) dan juga melakukan pemeriksaan melalui CT Scan yang bisa mencari tahu penyebabnya.

Setelah mengetahui apa itu sinusitis serta bagaimana gejala dan penyebabnya, tentu Anda harus lebih berhati-hati. Sebab pilek atau flu yang berkepanjangan dan memiliki gejala – gejala tertentu memang perlu diperhatikan lebih seksama. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda untuk mengetahui Definisi, Gejala dan penyebab Sinusitis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *