Definisi Dan Alur Pada Rekber

By | Juli 14, 2016

Kini, jual beli online menjadi satu hal tak terbantahkan sekaligus gaya hidup yang banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Rekber adalah salah satu hal yang menjadi pilihan dalam transaksi jual beli online tersebut. Rekber merupakan istilah penyingkatan dari dua kata yakni ‘Rekening Bersama’.

Berikut penjelasan tentang apa itu rekber :

4183013 20120328114246 Definisi Dan Alur Pada Rekber

Definisi Dan Alur Pada Rekber

Istilah rekber biasanya digunakan pada saat melakukan transaksi secara online. Namun tak jarang, istilah rekber ini masih sangat asing dipahami oleh para pelaku transaksi online itu sendiri, sehingga banyak yang masih bertanya apa itu rekber dan bagaimana alurnya.

Rekber dan Transaksi Online

Transaksi, seperti yang banyak terjadi melibatkan dua orang yang saling melakukan kerja sama atau melakukan suatu jual beli tertentu. Rekening bersama atau rekber yang kerap digunakan pada saat melakukan transaksi online adalah sebuah usaha yang dipegang oleh pihak ketiga, dan inilah yang merupakan apa itu rekber. Dalam melakukan transaksi online, pihak ketiga ini digunakan untuk meminimalisir adanya penipuan. Sehingga, rekening bersama dilakukan oleh pihak ketiga untuk meminimalisir penipuan transaksi secara online yang banyak ditemui akhir-akhir ini.

Maraknya Penipuan

Sering kali transaksi yang dilakukan secara online membuat pembeli harus menransfer sejumlah uang terlebih dahulu ke rekening penjual. Maraknya penipuan di jagat online mengharuskan setiap konsumen berhati-hati terhadap transaksi jual beli yang bersifat online. Untuk penjual yang tidak memiliki riwayat trusted atau terpercaya, tentu pembeli harus sangat berhati-hati. Sebab bisa saja setelah menerima sejumlah uang dari pembeli, penjual justru tidak memberikan barang yang diminta oleh si pembeli. Apalagi, di jagat maya banyak orang yang tidak saling mengenal dan sulit untuk meminta pertanggungjawaban bila terjadi kesalahan atau bahkan penipuan. Oleh karena itu, hadirlah pihak ketiga yakni rekber. Apa itu rekber? Rekber merupakan rekening yang digunakan bersama-sama antara pembeli dan penjual. Di rekber tersebut, keduanya juga telah sepakat untuk menggunakannya bersama pada transaksi online.

Apa Itu Rekber dan Alurnya

  1. Terdapat komunikasi antara dua belah pihak, yakni penjual dan konsumen yang sepakat menggunakan jasa rekber.
  2. Kesepakatan selesai, maka konsumen melakukan transfer sesuai harga barang ke rekening bersama tersebut.
  3. Pemilik jasa rekber melakukan konfirmasi ke penjual bahwa dana sudah diterima. Lalu meminta penjual segera mengirim barang ke alamat konsumen.
  4. Penjual lalu mengirim barang yang dipesan kepada konsumen sesuai alamatnya.
  5. Setelah menerima barang yang dipesan, konsumen lalu memeriksa apakah masih dalam kondisi bagus dan sesuai keinginan, ataukah tidak. Ia mengkonfirmasikan hal itu ke pihak ketiga atau pemilik jasa rekber, serta mengkonfirmasikannya pada penjual.
  6. Setelah menerima konfirmasi, pihak ketiga menransfer dana ke penjual seharga barang dan dikurangi fee dari pihak ketiga selaku jasa rekber.

Kesimpulannya, pihak ketiga selaku penjamin barang dan bertugas membantu jalannya transaksi inilah yang dimaksud dengan apa itu rekber. Apalagi semakin maraknya penipuan dan makin cerdiknya orang yang berniat buruk, jasa rekber ternyata cukup jitu dan dibutuhkan. Selain mengambil keuntungan, pihak ketiga selaku pemegang inti rekber ini juga menjadi posisi strategis dalam membantu keberjalanan jual beli online, terutama pada barang-barang yang sifatnya penting dan memiliki biaya yang tinggi.

Sekian sudah penjelasan kali ini tentang apa itu rekber. Semoga bermanfaat dan membantu Anda untuk transaksi online yang lebih lancer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *