Cara Mudah Move On Untuk Menjadi Diri Yang Lebih Baik

By | Juli 16, 2016

Mengalami kegagalan di masa lalu merupakan pengalaman pahit bagi semua orang. Beberapa orang akan merasa terpuruk dengan pengalaman tersebut, sebagian lainnya merasa pasrah dengan keadaan. Secaar psikologis, pengalaman buruk akan membuat seseorang berpikir pesimis dengan hal yang serupa, kemudian menyamakan semua hal yang berkaitan sebagai hal buruk yang patut dihindari. Jika berlebihan, maka seseorang hanya akan menuruti ego dan pemikirannya sendiri tanpa menghiraukan perhatian, saran, bahkan solusi dari orang lain.

Move on bisa menjadi solusi. Masa lalu memang tidak bisa dirubah, namun bisa diperbaiki agar masa depan bisa menjadi lebih baik. Salah satunya dengan memulai niat untuk memulai semua dari awal, belajar dari masa lalu, sehingga tidak lagi ‘terjatuh di lubang yang sama’. Beberapa tips move on berikut bisa menjadi solusi Anda untuk bangkit dari keterpurukan masa lampau :

Tips move on buat kamu Cara Mudah Move On Untuk Menjadi Diri Yang Lebih Baik

Cara Mudah Move On Untuk Menjadi Diri Yang Lebih Baik

Niat Yang Sungguh-Sungguh

Semua hal yang ingin dijalankan berawal dari niat. Niat yang sungguh-sungguh untuk move on  adalah tahap pertama untuk bangkit. Berusahalah untuk tidak mendengarkan ego diri seperti  tetap duduk ditempat. Move on adalah solusi. Maka jadikan niat move on  sebagai langkah menjalankan solusi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Berpikir Optimis, Buang Jauh-Jauh Pesimis

Move on adalah satu kata untuk menunjukan betapa optimisnya kita untuk meninggalkan masa lalu yang buruk dan menyambut masa depan yang lebih baik. Berpikirlah bahwa hal buruk di masa lalu adalah cambuk bagi diri untuk menjadi pribadi yang lebih tangguh. Optimis bahwa usaha yang besar tidak akan pernah mengkhianati. Jika sudah berusaha keras namun hasil yang didapat belum maksimal, berpikir positif. Bisa jadi usaha yang dilakukan belum maksimal. Buang jauh-jauh rasa pesimis. Itu hanya akan menghambat proses move on.

Jangan Takut, Hadapi Kenyataan

Hal buruk di masa lalu bisa membuat seseorang menyama ratakan dengan semua hal yang berkaitan. Contoh : Si A dikhianati oleh si B, teman dekatnya. Bisa jadi si A menyamakan semua teman dekatnya dengan si B, padahal belum tentu mereka sama dengan si B.

Move on adalah proses yang menghilangkan prasangka buruk pada orang lain. Perasaan takut terjadi hal yang serupa adalah wajar, namun jangan biarkan ketakutan menguasai hati dan pikiran.  Rasa takut ini bisa diatasi dengan belajar dan waspada. Pengalaman pahit selalu meninggalkan ciri-ciri yang bisa dijadikan poin pembelajaran, sehingga diri akan lebih waspada menghadapi masa depan.

Rubah Diri Anda

Proses move on tidak lepas dari kata berubah. Berubah tidak berarti tidak menjadi diri sendiri, justru menampilkan sesuatu yang berbeda dari Anda. Ini akan membuat Anda merasa siap menghadapi kenyataan dan siap meninggalkan masa lalu. Orang yang melihat pun akan merasa bahwa masa lalu bukan sesuatu  yang bisa menaklukkan Anda. Anda bisa memulainya dengan memotong rambut, menjalani perawatan, menata ulang isi kamar, merubah gaya berpakaian menjadi lebih rapi dan elegan, atau menjadi lebih supel.

Menyibukkan Diri Dengan Berbagai Kegiatan

Tips move on satu ini terbukti paling ampuh. Dengan banyaknya kegiatan yang Anda jalani, pikiran akan fokus pada kegiatan tersebut daripada hal buruk yang telah berlalu. Seiring berjalannya waktu, dengan kesibukan yang dijalani, Anda akan menemukan diri Anda berbeda dari sebelumnya. Anda akan merasa jauh lebih baik dengan cara berpikir yang lebih matang. Sehingga ketika Anda menemui seseorang atau sesuatu dari masa lalu, Anda tidak lagi merasa kawatir jatuh atau terpuruk. Anda siap menghadapinya.

Menjadi yang lebih baik adalah harapan setiap orang, tak mudah melupakan masa lalu yang sangat buruk, namun masa lalu itu di jadikan pelajaran di masa yang akan datang agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi, semoga tips diatas bermanfaat. Selamat Mencoba!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *