Cara Mudah Mengobati Batuk Berdahak Secara Tradisional

By | Juli 17, 2016

Beberapa orang mengira batuk adalah suatu penyakit. Padahal batuk adalah sebuah mekanisme pertahanan tubuh yang terjadi di saluran pernafasan, dan sebagai respon untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke tenggorokan. Bisa dikatakan batuk adalah reaksi yang timbul karena suatu sebab. Otak menangkap sinyal dari reseptor seperti hidung, yang kemudian merespon sinyal tersebut dengan memberi sinyal pada otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tersebut.

Seperti dikala menghirup aroma tumis dengan cabai berlebih, tenggorokan akan meresponnya dengan batuk. Batuk ini bukan penyakit. Faktor penyebab batuk lainnya adalah infeksi saluran pernafasan atau ISPA, infeksi saluran pernafasan akibat terserang virus influensa, penyakit asma atau tubercolosis, alergi, tersedak, asap pembakaran dan rokok, dan masalah psikologis. Batuk karena masalah psikologis selanjutnya disebut batuk psikogenik.

Untuk menghilangkan batuk akibat serangan virus, yang mengakibatkan keluarnya dahak dan rasa sakit pada tenggorokan, bisa dilakukan di rumah dengan cara alami berikut :

Obat Batuk Berdahak

Obat Batuk Berdahak 1 Cara Mudah Mengobati Batuk Berdahak Secara Tradisional

Seduhan Jeruk Nipis

Mempunyai banyak khasiat dan manfaat di dunia kesehatan, jeruk nipis bisa meredakan batuk berdahak secara cepat dan alami. Peradangan pada lapisan lendir di saluran pernafasan yang menyebabkan batuk berdahak bisa ditangani dengan mencampurkan air perasan ½ buah jeruk nipis dengan kecap, bisa juga diganti madu. Diminum langsung.  Kedua, air perasan 1 jeruk nipis dicampur air parutan jahe dan kencur, aduk dan minum 1 sendok makan 2 kali sehari. Obat tradisional ini membuat tenggorokan lega, dahak yang susah keluar menjadi encer, dan batuk berdahak segera sembuh.

Wedang Jahe

Selain diparut, jahe bisa diseduh dengan air panas. Iris 2 ruas jahe dan seduh dengan air panas atau teh hangat. Lebih manjur jika ditambahkan daun sirih 1 lembar pada seduhan. Minum setidaknya sehari sekali. Kandungan anti bakteri pada jahe dan daun sirih membantu mengeluarkan bakteri dan virus penyebab batuk serta mengeluarkan dahak.

Belimbing wuluh

Sering digunakan pada sayur asam dan dijadikan sebagai manisan, belimbing wuluh bisa mengibati batuk berdahak secara alami dan cepat. Obat batuk dengan belimbing wuluh dibuat dengan cara memarut 10 sampai 12 belimbing wuluh. Masukkan kedalam segelas air hangat, lalu aduk. Tambahkan sedikit garam. Setelah tercampur, saring air belimbing wuluh, buang ampasnya. Minum air saringan belimbing wuluh setiap pagi dan sore hari atau sebelum tidur malam secara rutin.

Kunyit

Termasuk dalam rempah-rempah dengan kandungan antibiotik dan antibakteri, kunyit mampu mengatasi peradangan saluran pernafasan. Caranya dengan memarut 2 ruas kunyit, kemudian masukkan ke dalam air didih 150 cc, tambahkan irisan jahe dan sedikit merica. Tunggu sampai air berubah warna. Setelah mendidih dan air menjadi surut, tunggu sampai hangat. Lalu diminum. Dahak akan menjadi encer dan keluar dengan mudah, serta menghangatkan tubuh dan mengatasi peradangans aluran pernafasan.

Madu

Madu mempunyai sejuta manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk mengobati batuk berdahak. Terdapat ramuan menggunakan madu dan kencur. Caranya dengan memarut 2 ruas kencur, kemudian dicampur sedikit air hangat, aduk sampai tercampur dan diamkan beberapa saat. Kemudai buang ampas kencur, ambil airnya 1 sendok makan dengan campuran madu 1 sendok teh. Minum sehari 2 kali pada pagi dan sore hari sampai sembuh.

Demikian informasi obat batuk berdahak dengan bahan alami yang bisa menjadi rekomendasi bagi pengobatan sehari-hari di rumah tanpa bahan kimia. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *