Cara Mudah Membuat Donat Kentang Yang Empuk

By | Juli 10, 2016

Roti berbentuk bulat dan berlubang ditengah, ditambah dengan berbagai macam topping dan selai. Ya, donut! Siapa yang tidak suka donat? Seiring berkembangnya kreatifitas, donat menjadi semakin digemari dengan tambahan bahan lain pada pembuatannya. Seperti ketela dan kentang. Pada postingan kali ini akan diulas cara membuat donat kentang yang empuk, sehingga rasa yang dihasilkan menjadi lebih gurih daripada donat dengan bahan dasar tepung terigu saja.

Donat disukai karena rasa gurih dan tekstur lembut dan empuk. Kunci dari empuk dan tekstur lembut pada donat kentang adalah pada proses pencampuran adonan. Hasil terbaik dari pencampuran adonan yang tepat adalah adonan yang lentuk dan tidak lengket di tangan. Beberapa orang masih memakai tangan untuk mengaduk adonan donat sampai rata, ini membutuhkan waktu yang lebih lama daripada menggunakan mixer. Namun teknik mengaduk adonan dengan tangan dapat menentukan kelenturan dan kembutan adonan sesuai selera. Ingin tahu cara membuat donat kentang yang empuk? Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan donat kentang dengan mudah didapatkan di pasar. Simak ulasan cara membuat donat kentang yang empuk berikut!

kue-donat-kentang

Cara Mudah Membuat Donat Kentang Yang Empuk

Siapkan bahan-bahannya :

500 gr tepung terigu berprotein tinggi

200 gr kentang kupas. Potong menjadi beberapa bagian lalu kukus sampai matang. Angkat dan tumbuk sampai halus (bisa juga dengan memutarnya di blender)

100 gr gula; bisa juga menggunakan gula kastor

4 butir telur; ambil kuning telur saja

250 gr margarin

1 sdt garam halus

1 sdt baking powder

11 gr ragi instan

50 gr susu bubuk full cream

100ml air dingin matang

Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Donat Kentang :

Tepung terigu, baking powder, ragi, kuning telur, gula kastor, garam, susu bubuk full cream, margarin, dan juga kentang yang sudah ditumbuk halus dimasukkan dalam wadah seperti mangkuk ukuran sedang, satu per satu. Kemudian aduk dengan tangan atau mixer sampai merata. Untuk hasil maksimal gunakan mixer.

Jangan mencampurkan ragi, garam dan margarin secara bersamaan. Memasukkan bahan-bahan secara bertahap (satu per satu) membuat adonan menjadi tidak kaku dan mengembang dengan sempurna. Jika adonan terasa masih kaku, aduk kembali adonan.

Masukkan air dingin matang, tetap aduk adonan sampai tercampur rata dan kalis. Kalis adalah kondisi adonan yang tidak lengket di tangan serta lentur. Lalu tutup adonan dengan plastik atau kain lap bersih. Disarankan menggunakan kain lap bersih karena bisa menjadikan adonan yang ditutup tidak lembab.

Tunggu sampai adonan mengembang, kira-kira membutuhkan waktu 30 menit.

Kemudian ambil adonan yang telah mengembang dan ukur secara merata per adonan, semisal 10 gr per adonan. Bulatkan menjadi bola dan buatlah lubang ditengahnya dengan jari.

Siapkan wadah datar yang sudah ditaburi tepung diatasnya, dan sisihkan adonan yang telah dilubangi. Tata adonan tersebut, berikan spasi antara adonan satu dengan lainnya. Kemudian tutup dengan kain lap, dan biarkan mengembang selama 15 menit. Spasi yang diberikan adalah supaya adonan donat yang mengembang tidak saling menempel.

Selanjutnya panaskan minyak di wajan, gunakan api kecil untuk menggoreng adonan donat. Gunakan sumpit agar donat matang merata, dengan cara memutar donat agar bagian dalam lubang matang. Setelah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Donat kentang siap disajikan. Bisa juga dengan menambahkan topping seperti gula halus, taburan meses, atau selai. Semoga cara membuat donat kentang yang empuk diatas bermanfaat bagi Anda dan menambah referensi resep makanan bagi keluarga Anda. Selamat mencoba!

Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *