Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami

By | Juli 18, 2016

Sakit kepala bisa disebabkan banyak faktor, diantara kesalahan pengolahan makanan, memakan makanan berlemak dan olahan tidak sehat dan berpengawet; minum-minuman berkafein dan alkohol; merokok, kekuragan cairan atau dehidrasi, naiknya tekanan darah atau hipertensi, cuaca tak menentu, dan lain sebagainya.

Banyak jalan penanganan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Utamanya adalah segera berkonsultasi ke dokter agar lebih cepat mengetahui penyebab uytama sakit kepala. Penyebab seringnya sakit kepala bisa juga menjadi gejala awal dari tumbuhnya suatu penyakit seperti kanker otak,  asam urat, vertigo, atau keracunan. Selain produk obat sakit kepala yang bisa dijumpai di pasaran, terdapat cara mengobati sakit kepala secara alami dan tidak menimbulkan ketergantungan maupun efek samping. Serta  terbukti ampuh mengatasi sakit kepala. Berikut ini ulasannya :

Obat Sakit Kepala

air putih obat alami yang bisa menyembuhkan sakit kepala Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami

Minum Air Putih Secara Rutin

Penyebab sakit kepala salah satunya dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Penanganan utama adalah dengan minum air putih. Hindari konsumsi kafein pada teh dan kopi secara berlebihan, ini justru menambah rasa sakit kepala karena kafein membuat kinerja jantung lebih cepat. Minum air putih minimal 8 gelas sehari agar komponen cairan tubuh terpenuhi. Sehingga terhindar dari sakit kepala.

Konsumsi Pisang

Buah berwarna kuning ini terbukti mempunyai manfaat baik bagi dunia kesehatan dan kecantikan. Memakan pisang bisa meredakan sakit kepala dengan kandungan potasium dan magnesium. Kandungan ini dikenal dapat meredakan migrain.

Mengobati Sakit Kepala Dengan Makan Kacang

Kacang-kacangan dikenal mengandung vitamin E sebagai antioksidan alami, mineral seperti kalium dan magnesium. Mengkonsumsi kacang-kacangan seperti almond dan kedelai dapat mnegurangi  sakit kepala. Selain kacang, biji bunga matahari, biji dandelion, gandum, dan minyak zaitun juga mampu mengatasi sakit kepala karena mengandung mineral magnesium.

Ikan Tuna, Salmon, dan Makarel

Mengkonsumsi jenis ikan ini membantu pemenuhan nutrisi omega-3 dan lemak esensial pada tubuh. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan sakit kepala akibat aliran darah terhambat maupun terlalu cepat bisa teratasi. Sakit kepala akibat hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung bisa dicegah dengan makan ikan 2 kali seminggu. Sebaiknya hindari menggoreng ikan dengan  minyak goreng. Gunakan minyak wijen.

Kentang Yang Direbus

Memakan kentang rebus yang kaya kalium, potassium, dan magnesium bisa mengurangi sakit kepala. Namun perlu diperhatikan pada cara penyimpanan kentang sebelum direbus, ada baiknya langsung mengolah kentang setelah dibeli. Kentang yang dibiarkan cukup lama kemudian tumbuh tunas, justru akan menimbulkan keracunan pada tubuh. Selain itu, jangan pilih kentang hijau. Kentang hijau juga memiliki racun yang bisa merusak kinerja jantung.

Jus Lemon

Tidak perlu diragukan khasiat dan manfaat lemon bagi tubuh. Lemon juga bisa menyembuhkan sakit kepala. Caranya dengan mencampur air perasan 1 buah lemon pada segelas air hangat, aduk, dan langsung diminum sampai habis. Lumatkan kulitnya dan tempel ke dahi. Reaksi yang ditimbulkan sebagai penangkal proses kimiawi pada otak yang terjadi akibat cuaca tidak menentu.

Peppermint

Rasa sakit di kepala bisa juga disebabkan karena naiknya asam lambung akibat pola makan tidak teratur. Peppermint bisa mengatasinya dengan cara menyeduh daunnya pada air hangat kemudian diminum 2 kali sehari. Selain menetralisir asam lambung, sakit kepala pun hilang.

Obat sakit kepala alami diatas sudah lama digunakan oleh orang-orang jaman dulu dan terbukti ampuh meredakannya. Tentunya diselingi dengan istirahat yang cukup, hindari stress dan aktifitas berat. Luangkan waktu untuk berolahraga rutin, dan melakukan strecthing agar tubuh lebih rileks dan terhindar dari sakit kepala. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *