Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Dengan Berolahraga

By | Juli 10, 2016

Kelebihan berat badan bisa menjadi masalah bagi tubuh. Selain dapat memicu penyakit seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, stroke dan penyakit kardiovaskular seperti jantung kegemukan bisa membatasi gerak tubuh dalam beraktifitas. Produktifitas menjadi terhambat dan pekerjaan menjadi tidak selesai tepat waktu. Anda tentu menghindari hal ini, bukan? Bagaimana cara efektif menurunkan berat badan?

Cara menurunkan berat badan yang pertama adalah mengatur pola makan, pagi siang dan sore. Waktu makan yang tidak teratur dengan porsi yang tidak berimbang bisa menjadi faktor kegemukan pada tubuh. Hindari makan sebelum tidur. Selain itu porsi makanan berimbang dengan menu diet sehat juga mejadi keutamaan menurunkan berat badan. Seporsi nasi dengan lauk seperti sebutir telur,sepotong daging, ikan atau tempe dan tahu serta semangkuk sup sayuran lebih bermanfaat bagi tubuh daripada olahan makanan yang mengandung lemak berlebih seperti fast food. Bisa juga dengan setangkup roti gandum isi selada, tomat, keju, dan mayonaise serta segelas susu.

Kedua, berolahraga secara rutin. Kalori pada tubuh lebih cepat terbakar pada saat tubuh merasakan getaran secara konstan. Getaran ini akan mengubah lemak menjadi energi, dan sebagian akan keluar melaui sekresi berupa keringat. Selain itu berolahraga membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Berikut ini 4 olahraga penunjang cara menurunkan berat badan secara efektif :

olahraga_ringan

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Dengan Berolahraga

Lari Pagi 30 Menit

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga lari terbukti efektif mengurangi lemak pada tubuh, mengubahnya menjadi energi. Bawah lengan, pinggang, paha bagian atas adalah bagian tubuh yang bergetar ketika berlari. Mulailah dengan berlari ringan sejauh 1 km, lalu lanjutkan dengan berlari lebih jauh dalam tenggat waktu yang ditentukan secara bertahap, contoh 1 km dalam waktu 15 menit. Lakukan secara rutin setiap pagi.

Bersepeda atau Bycicle Exercise

Otot perut dan paha dapat dibentuk dengan bersepeda. Ukur lingkar perut, pinggul dan paha atas Anda, lalu mulailah dengan rutin bersepeda setiap pagi selama seminggu. Maka Anda akan melihat perubahan signifikan pada lingkar bagian tubuh tersebut.  Jika Anda tidak memiliki sepeda, bisa juga dengan melakukan gerakan bycicle exercise.

Bycicle Exercise dimulai dengan merebahkan badan secara telentang, lalu letakkan kedua tangan dibelakang kepala. Tekut kedua lutut kaki, dan mulai teknik bernapas melalui hidung dan dihembuskan melalui mulut. Lakukan selama 8 hitungan. Setelah itu angkat lutut kanan ke dada bersamaan dengan siku tangan kiri menyentuh lutut kanan. Atur pernafasan : saat posisi rebahan tarik nafaas, hembuskan saat lutut diangkat ke dada. Lakukan hal yang sama pada lutut kiri dan siku kanan secara bergantian, selama 30 menit.

Berenang

Berenang dikenal mampu membakar kalori lebih optimal daripada berlari. Gerakan renang seperi gaya kupu-kupu dan dada membuat otot bekerja keras sehingga kalori dan lemak pada tubuh berubah menjadi energi. Berenang 2 kali dalam seminggu dapat menurunkan berat badan sampai 3 kg.

Sit Up, Back Up, Dan Push Up

Sit up adalah gerakan menarik anggota badan bagian atas dengan memposisikan tangan dibelakang kepala dan lutut ditekuk. Back up dilakukan dengan tubuh telungkup, kemudian menarik anggota badan ke atas. Tangan diletakkan diatas pinggang dan posisi kaki lurus, mungkin Anda juga membutuhkan bantuan orang lain untuk memeganginya. Push Up lebih mengutamakan kekuatan tangan untuk mengangkat bagian tubuh seperti dada, perut, pinggul dan kaki atas. Cara menurunkan berat badan ini sangat mudah dilakukan di rumah. Anda hanya perlu waktu yang cukup lama untuk melakukan ketiga cara ini agar lemak pada perut, bawah lengan dan paha terbakar maksimal.

Itulah Tips Cepat Menurunkan Berat Badan yaitu Dengan Berolahraga, mudahkah tidak perlu mengeluarkan biaya hanya perlu meluangkan sedikit waktu saja maka anda akan mendapatkan tubuh yang ideal, semoga bermanfaat. Selamat Mencoba !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *