Cara Alami Mengobati Penyakit Hepatitis

By | Juli 31, 2016

Teknologi dalam menyembuhkan penyakit semakin berkembang. Banyak obat yang dihasilkan dari suatu penelitian dan terbukti ampuh mengatasi penyakit yang semakin beragam. Pada kasus hepatitis, pengobatan secara medis bisa dikatakan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di Indonesia masih terdapat penduduk yang menderita hepatitis namun tidak sanggup berobat dengan alasan biaya yang mahal. Ini tentu memberatkan penderita dan keluarga.

Pengobatan secara tradisional menjadi alternatif pengobatan hepatitis dengan ramuan bahan alami. Perkembangan pengobatan alternatif juga mendapat sorotan dari masyarakat karena beberapa penyakit terbukti disembuhkan tanpa efek samping. Bahan alami ini tentu diracik dengan higienis, dan masih berkiblat dengan cara tradisional turun temurun. Apa saja pengobatan dengan bahan alami untuk hepatitis? Simak ulasannya berikut.

Obat Hepatitis

Sebelum masuk pada poin apa saja obat hepatitis secara tradisional, simak dahulu apa itu hepatitis. Hepatitis adalah peradangan akut pada hati karena toksin (racun) dan serangan virus. Racun ini bisa berasal dari zat kimia karena seringnya mengkonsumsi obat-obatan, alkohol, dan agen penyebab infeksi pada hati. Penyebab lainnya adalah virus yang dibagi menjadi , yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E.  Kemudian virus Mumps, Rubella, Epstein-Barr, Cytomegalovirus, dan Herpes.

Hepatitis A menyebar dari air dan makanan pada tempat yang kurang dijaga kebersihannya. Hepatitis B ditularkan melelaui jalur darah, yang biasanya terjadi karena penggunaan jarum suntuk yang sama. Hal ini biasa dilakukan oleh pecandu obat-obat terlarang.  Hepatitis C menular dengan jalur yag hampir sama dengan hepatitis B, namun virus ini sering ditemukan pada pecandu alkohol.  Sedangkan Hepatitis D adalah virus yang menyerang pecandu obat kelas berat. Virus ini juga menjadi rekan-infeksi dari virus hepatitis B. Virus Hepatitis E hampir sama dengan virus hepatitis A, namun menjangkiti negara-negara terbelakang.

Cara Alami Mengobati Penyakit Hepatitis

Penyebab Hepatitis Akut Cara Alami Mengobati Penyakit Hepatitis

Kunyit

Tidak hanya dikenal sebagai bumbu masakan, tanaman rimpang kunyit mempunyai zat alami yag mampu mengobati berbagai  penyakit, termasuk hepatitis. Dengan cara memarut kunyit kemudian dicampur dengan air hangat dan madu. Diminum 3 kali sehari, setiap hari. kandungan kurkumin dan minyak atsiri dipercaya memiliki kemampuan anti-mikroba, anyi HIV, anti-bakteri dan anti-virus.

Mengkudu

Beberapa orang akan merasa eneg dengan buah ini. Apalagi jika diolah menjadi jus. Ternyata mengkudu berkhasiat mencegah dan mengobati hepatitis. Antivirus pada kandungan antioksidan mengkudu dapat menghambat perkembangan virus. Ramuan tradisional pencegah dan pengobatan hepatitis adalah dengan memarut buah mengkudu, kemudian peras airnya. Minum airnya sebanyak 3 kali sehari, rutin setiap hari.

Mahkota Dewa

Buah mahkota dewa dikenal mengandung tanin, fenol, flavonoid, minyak atsiri, dan lignan. Kandungan ini secara efektif mencegah dan mengobati  penyakit hepatitis. Potong-potong mahkota dewa, kemudian rebus pada 200 ml air sampai air surut menjadi setengahnya.  Atau dengan memarutnya lalu rebut parutannya pada 150 ml air. Setelah mendidih, saring airnya, dan minum air rebusan mahkota dewa selagi hangat. Lakukan rutin setiap hari.

Beberapa tahun yang lalu, sebuah pabrikan kimia memproduksi obat hepatitis B dengan harga yang lebih murah dari obat hepatitis pada umumnya. Penderita hepatitis diharuskan meminum obat sepanjang hidupnya agar hati lebih terbantu dan virus tidak semakin menyebar. Ramuan obat  hepatitis diatas juga diharuskan diminum dengan teratur dan rutin.  Segera konsultasikan ke dokter jika terdapat gejala lain yang menyerang tubuh. Semoga artikel diatas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *