Beragam Manfaat Terbaik Green Tea Bagi Tubuh

By | Juli 27, 2016

Green tea atau teh hijau dikenal berasal dari Cina. Mengkonsumsi lucha atau teh hijau orang Cina sudah dimulai sejak sekita 4.000 tahun yang lalu. Berawal dari seduhan teh hijau untuk Kekaisaran Shennong tahun 2737 SM. Karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa dari masa ke masa, mengkonsumsi teh hijau sebagai pengobatan tradisional orang Cina semakin terkenal dan merambah sampai dunia barat.

Sedangkan di Jepang, teh hijau dikenal dengan nama ryokucha atau ocha. Seorang pertapa budha, Myoan Eisai membawa teh hijau dari Cina dan memperkenalkannya pada penduduk setempat. Kemudian nama teh hijau ini berubah menjdi nihoncha atau Japanese Tea.

Setelah mengetahui sedikit sejarah teh hijau, berikut ini penjelasan kandungan dan manfaat apa saja yang bisa didapatkan tubuh dengan mengkonsumsi teh hijau.

Manfaat Green Tea

cup of green tea Beragam Manfaat Terbaik Green Tea Bagi Tubuh

Penelitian membuktikan bahwa teh hijau mengandung senyawa aktif dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Dikenal dengan gugus katekin, yaitu bentuk molekul epigallocatechin-3-gallate atau EGCG. Fungsi luar biasa dari molekul ini adalah menghambar tumorigenesis atau proses tumbuhnya daging tumor pada tubuh.

Melawan Kanker

Tidak terdapat sebuah penelitian yang pasti tentang manfaat teh hijau untuk mencegah timbulnya penyakit kanker. Hasil penelitian tentang hal ini sangat terbatas. Kemudian sebuat meta-analisis dari 9 studi kohort prospektif yang dilakukan tahun 2015 menyimpulkan bahwa konsumsi teh hijau pada wanita Asia dapat menekan resiko kanker hati.  Hal yang sama disebutkan dalam sebuah penelitian tahun 2012. Studi ilmiah menyebutkan adanya efek baik penekanan resiko kanker paru-paru setelah mengkonsumsi 5-7 cangkit teh hijau dalam sehari.

Namun penelitian lain membuktikan bahwa mengkonsumsi teh hijau tidak terkait dengan resiko kanker prostat dan pankreas. Hal ini disebabkan tidak adanya bukti jelas dan konsisten pada tiap penelitian. Secara umum, kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau mampu menangkal radikal bebas pemicu kanker.

Anti-Inflamasi

Inflamasi atau peradangan adalah respon yang diberikan tubuh akibat cedera fisik, kimiawi, infeksi dan alergi. Tanda inflamasi adalah muncul bengkak kemerahan yang kadang disertai dengan demam tinggi dan nyeri pada bagian tertentu.  Studi ilmiah tinjauan sistematis dan meta-analisis dari 11 percobaan mengemukakan bahwa teh hijau secara signifikan dapat mengatasi tanda peradangan dengan menaikkan kadar plasma lebih tinggi dari protein C-reaktif.

Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Meminum teh hijau 2 sampai 3 cangkir sehari diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bagaimana studi ilmiah menerangkan hal ini? Ekstrak teh hijau mempengaruhi tingkat konsentrasi kolesterol LDL dalam darah. Teh hijau mengurangi konsentrasi darah dari total kolesterol 7mg/dL. Hal ini berdasarkan penelitian meta-analisis tahun 2013 dalam jangka panjang percobaan selama lebih dari 3 bulan. Jika kadar kolesterol dalam darah menurun, maka penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung tentu dapat dicegah dengan minum teh hijau.

Anti-toksin

Teh hijau dapat membanju kinerja hati dalam membunuh kuman dan zat beracun dalam tubuh dengan mengkonsumsinya secara  rutin, tidak lebih 10-29 mg per kg per hari. Melihat kebiasaan orang Jepang dan Cina yang meminum teh hijau secara rutin, membuat badan merasa lebih sehat, dan awet muda. Tentu racun dalam tubuh dibunuh dengan sempurna sehingga metabolisme tubuh semakin lancar. Namun perlu diingat dosis yang dianjurkan untuk minum teh hijau. Terlalu banyak dosis teh hijau justru memicu kerusakan hati.

Sementara belum ada penelitian lebih lanjut tentang manfaat teh hijau dalam proses menurunkan berat badan khususnya pada penderita obesitas. Semoga artikel tentang manfaat green tea atau teh hijau diatas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *