5 Tips Yang Bikin Belajar Menjadi Semakin Asyik

By | Juli 16, 2016

Sering bosan dengan mata pelajaran atau kuliah atau metode baru dalam pekerjaan? Konsentrasi mudah buyar? Mencari metode belajar terbaik yang efektif dan efisien tentu disesuaikan dengan kebutuhan tiap personal. Karena cara berpikir, kemampuan analisa dna pengamatan setiap orang berbeda-beda, sehingga suatu metode belajar tidak bisa diterapkan langsung ke semua orang. Metode belajar bisa Apa saja tips belajar yang efektif?

5 Tips Belajar Efektif

10 cara belajar efektif D32RgIlgNp 5 Tips Yang Bikin Belajar Menjadi Semakin Asyik

1.  Mandi atau Mencuci Muka

Kondisi tubuh yang segar dan bugar lebih menunjang pikiran yang fresh. Kondisi ini bisa didapatkan setelah berolahraga pagi dan mandi. Saat mandi, siramkan air ke kepala. Ini akan membuat suhu kepala menjadi lebih dingin. Otak akan merespon rangsangan air dingin di kepala dengan membuat seluruh badan terasa segar. Setelah mandi, mulailah belajar. Otak akan lebih cepat menerima informasi dari pelajaran tersebut, sehingga lebih mudah dalam memahami rumus, metode, atau kalimat pada pelajaran. Jika suatu pelajaran membutuhkan 4 kali baca sampai paham, maka tips belajar efektif dengan mandi bisa mempercepat pemahaman dengan 2 kali baca.

2.  Istirahat Tiap 15 Menit Sekali

Tips belajar efektif dengan beristirahat setiap 15 menit sekali membuat otak me-refresh informasi yang sampai lebih baik, daripada istirahat setelah 2 jam belajar. Pola belajar yang ideal bukan pola yang menerapkan cara membaca buku tanpa henti dalam waktu yang lama. Ini sering terjadi pada metode belajar di sebagian besar sekolah. Pola belajar yang benar adalah membagi periode belajar menjadi beberapa sesi. Tentu konsep dari suatu pelajaran lebih mudah dipahami. Membagi waktu belajar dengan istirahat setiap 15 menit sekali terbukti efektif.

Ketika mengistirahatkan otak, maka gunakan waktu tersebut dengan baik. Jika waktu istirahat digunakan untuk mengalihkan konsentrasi pada hal lain, maka hal yang dipelajari sebelumnya mudah terlupa.

3.  Bawa Camilan dan Air Putih

Mengapa camilan? Sebuah studi ilmiah menyatakan bahwa seseorang yang mempelajari pelajaran dengan mengunyah permen karet, meningkatkan konsentrasi sebanyak 30% dan lebih cepat menghapal. Daya konsentrasi meningkat karena syaraf motorik terus bekerja, sehingga otak lebih optimal dalam menyerap informasi. Sediakan camilan kesukaan saat belajar, saat merasa bosan, luangkan waktu sejenak untuk ngemil dan minum air putih. Konsentrasi akan kembali, pikiran lebih segar dan siap menerima pelajaran.

4.  Flash Card Dan Kata Kunci

Tips belajar efektif dengan Flash Card sudah lama diterapkan pada bangku Elementary School atau setaraf Sekolah Dasar di luar negri dan terbukti sangat efektif dan efisien dalam memahami pelajaran. kata kunci (poin-poin penting dalam pelajaran) ditulis dalam sebuah kertas seukuran kartu remi, berikut konsep pemahaman Anda dan definisi yang diterangkan dari buku. Sebaiknya Anda memiliki banyak referensi dalam memahami pelajaran, tidak hanya mengambil referensi dari 1 buku. Tips belajar efektif ini terbukti lebih sistematis dan efisien, karena tidak perlu membaca keseluruhan buku. Kemudian, buat flash card khusus untuk tanya dan jawab. Flash card ini membantu Anda mendapatkan solusi dari perkembangan rumus atau metode dalam buku.

5.  Tukar Pikiran Dengan Belajar Kelompok

Pemecahan soal-soal dan solusi dari permasalahan dengan teman atau keluarga bisa menjadi tips belajar efektif berikutnya. Metode belajar kelompok mempunyai kelebihan, yaitu mempermudah Anda dalam memahami pelajaran dari sudut pandang yang berbeda, saling bertukar informasi, pendapat dan mengajukan tanya jawab. Namun, perlu diingat. Dalam belajar kelompok, hindari mengobrol hal diluar topik pelajaran. Ini justru akan merusak poin dan konsentrasi dalam mempelajari materi.

Demikianlah 5 Tips Belajar Bikin Belajar Menjadi Semakin Asyik, selamat mencoba!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *