Cara Menjual Produk Dengan Mudah Lewat Media Online

By | Juli 24, 2016

Kegiatan jual beli jaman ini tidak lagi dilakukan dengan komunikasi tatap muka seperti yang terjadi di pasar, supermarket, maupun toko. Dunia berkembang dengan teknologinya dan menciptakan satu pasar. Pasar ini memudahkan pembeli tanpa harus keluar rumah. Segala kegiatan pemilihan produk dan transaksi jual beli dilakukan dengan duduk manis menghadap komputer atau laptop.

Ya, jual beli lewat Online Shop. Merambahnya pasar jual-beli ke dunia maya menjadi peluang bisnis tersendiri bagi pengusaha dalam memasarkan produknya. Kemudahan yang diapatkan pembeli menjadi keuntungan tersendiri dari jualan online shop. Shipping dan delivering menggunakan jasa pengiriman terpercaya adalah salah satu metode yang digunakan online shop dalam meningkatkan kualitas jual beli. Berikut ulasan tips menjual dan memasarkan produk via online.

Tips Jualan Online

Sukses Bisnis Lewat Jualan Online Cara Menjual Produk Dengan Mudah Lewat Media Online

Membuat Domain dan Akun Social Media

Tips jualan online pertama adalah dengan membuat website sebagai katalog produk. Pembuatan website tentu berkaitan dengan pembuatan domain.  Domain bisa dikategorikan menjadi 2, berbayar atau gratis. Pembuatan domain disarankan menggunakan nama yang singkat atau produk. Pembuatan nama ini memudahkan pembeli untuk mengakses website secara berkala.

Kemudian membuat akun di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Line, dan lain-lain. Manfaatkan media sosial untuk membagi katalog produk pada website,  sehingga pengguna media sosial pun dapat dengan mudah melihat produk.

Desain Layout Website Yang Ciamik

Mendesain layout web bertujuan agar calon pembeli merasa senang dan semakin tertarik membeli produk. Pembuatannya bisa dipercayakan kepada jasa web design. Jika menggunakan blog sebagai media katalog produk, bisa juga mengatur layout pada setelan blog agar tampilan menjadi lebih menarik.

Buat Penawaran Bagus

Pembeli selalu tertarik dengan suatu penawaran. Big Deal yang menarik membuat pembeli semakin berminat membeli produk. Memberikan diskon, gratis produk dalam pembelian per paket bisa menjadi pilihan. Pandai-pandai melihat peluang pasar, dan ciptakan penawaran hebat dengan harga yang bersaing.

Penjualan Bergantung Pada Katalog Produk

Menjual produk lewat online tentu membutuhkan gambar atau foto. Foto ini memudahkan pembeli mengetahui seperti apa bentuk dan kualitas produk. Unggahlah foto keseluruhan produk : tampak depan, belakang, samping atau dalam produk. Buatlah foto dengan cahaya yang cukup. Tidak perlu memanggil fotografer profesional, dengan kamera ponsel sudah cukup. Namun perlu diperhatikan sudut pengambilan gambar dan pencahayaan. Tentu pembeli lebih tertarik dengan gambar produk yang jelas ketimbang gambar buram, bukan?

Selalu Online

Tidak harus 24 jam online, setidaknya pada jam kerja 8 sampai 4 sore. Keberadaan penjual dengan respon cepat lebih diutamakan agar pembeli merasa puas dengan pelayanan yang disediakan menjadi pelanggan tetap. Servis yang memuaskan menjadi nilai plus dari pembeli untuk semakin sering belanja di sebuah online shop. Tetap pantau penjualan produk lewat smartphone, dengan koneksi internet lancar.

Siapkan Fasilitas Transaksi Seperti Pembayaran dan Pengiriman Produk

Penjualan via online mempunyai beberapa cara dalam melakukan transaksi. Bisa dengan COD atau Cash On Delivery, yaitu pembayaran tunai saat barang diterima pembeli. Atau dengan transfer bank dan Paypal. Percayakan pada jasa pengiriman jika pembeli berada di luar kota, dengan menanggungkan biaya pengiriman pada pembeli atau sudah memasukkannya pada harga jual. Beberapa penjual menerapkan sistem bebas biaya kirim pada pembeli supaya pembeli tidak pusing menghitung berapa harga plus biaya kirim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *