10 Menu Makanan Khas Jepang Yang Harus Kamu Coba

By | Juli 26, 2016

Orang Indonesia mulai terbiasa menikmati kuliner dari negara asing. Beberapa restoran menghadirkan makanan khas negara asing, dengan suasana tematik khas tradisi negara tersebut. Salah satunya Jepang.

Jepang seperti tidak ada habisnya memberikan inovasi pada semua bidang, termasuk kuliner. Penggemar makanan Jepang di Indonesia terbilang banyak. Makanan Jepang tergolong cocok di lidah orang Indonesia. Berikut ini makanan khas Jepang yang wajib dicoba pecinta kuliner luar negeri.

Makanan Jepang

makanan-khas-jepang

  1. Wasanbon

Bentuk yang unik dengan warna variatif, permen Wasanbon dari Jepang ini menggunakan gula asli dalam pembuatannya. Wasanbon tidak meninggalkan rasa lengket dilangit-langit mulut. Sehingga cocok sebagai camilan pengisi waktu luang.

  1. Dorayaki

Terkenal di Indonesia sejak kemunculannya di serial kartun Jepang Doraemon. Dorayaki menjadi penganan Jepang bertekstur lembut dan cukup manis. Bentuk kue dorayaki mirip tumpukan dua kue apem yang terkenal sebagai penganan ringan di Jawa, dengan isian madu atau coklat.

  1. Onigiri

Nama lain dari onigiri adalah omusubi. Onigiri adalah makanan wajib orang Jepan dalam bekalnya. Merupakan nasi putih atau merah yang dikepal dan dibentuk segitiga tebal dan dilapisi nori atau lembar rumput laut kering pada salah satu sisinya.  Onigiri mempunyai rasa gurih dan asin.

  1. Sushi

Sudah tentu tidak asing. Nasi yang diratakan kemudian ditarus isian daging ikan, ayam atau sapi dan sayuran campuran garam, gula, dan cuka, kemudian digulung dan dipepatkan. Sushi sudah sangat populer di tengah orang Indonesia. Rasanya lezat dan mengenyangkan. Porsi yang dipotong-potong kecil sesuai ukuran mulut orang Indonesia sehingga menyantap sushi bisa sekali lahap.

  1. Mie Soba

Beralih ke makanan Jepang berkuah. Mie Soba adalah mie yang terbuat dari tepung gandum kuda dengan kuah khas soba. Ada satu cara unik saat memakan mie Soba. Adalah dengan menyeruputnya sampai mengeluarkan suara sebagai bentuk menghormati dan memuji si pembuat Soba.

  1. Ramen

Tidak asing di telinga? Ya, ramen menjadi makanan Jepang yang paling sering dipesan oleh orang Indonesia. Sebagian besar orang Indonesia menyukai makanan olahan mie. Seringkali dalam Anime dan Manga Jepang menyajikan kuliner ini di setiap adegan makan. Ramen atau chuka soba dicampur dengan kuah kaldu kental atau bening, dengan isian chasiu, tofu, menma, telur ikan, tempura, dan irisan daun bawang.

Cara makan ramen pun ada yang unik. Beberapa orang Jepang memakan ramen tanpa sumpit. Menyeruputnya langsung dari mangkuk sampai habis. Tentu dengan suara seruput yang keras, walau yang memakannya adalah wanita.

  1. Yakiniku

Dengan menggunakan daging sapi, daging domba dan jeroannya, yakiniku dipanggang atau dibakar dengan lumuran saus khas Jepang. Hampir sama dengan sate pada umumnya, hanya ukuran daging pada tusukan lebih besar daripada ukuran daging sate di Indonesia. Cara makan sekali lahap menjadi ciri khas orang Jepang menyantap daging tusuk yakiniku.

  1. Teriyaki

Saus berwarna gelap kental dengan rasa asin, manis dan gurih. Siraman saus teriyaki pada daging ikan dan daging sapi digemari banyak orang Indonesia. Di Jepang, saus ini dibuat dengan mencampurkan saus kecap ikan dan sake. Namun karena sebagian besar masyarakat Indonesia berkeyakinan muslim, maka komposisi sake dihilangkan.

  1. Takoyaki

Takoyaki adalah makanan Jepang lain yang wajib dicicipi lidah orang Indonesia. Rasanya gurih, asin, dan sangat lezat. Selain itu, campuran takoyaki semakin beragam. Di Jepang, takoyaki terkenal menggunakan daging gurita. Di Indonesia daging gurita masih belum akrab di lidah. Sebagai variasi, takoyaki dibuat dengan tepung terigu campur potongan keju, coklat, daging ayam, sapi, dan lainnya.

  1. Mochi

Makanan ini tentu sangat populer di Indonesia karena bentuknya yang mungil dan rasa manis serta lembut di lidah. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dihaluskan kemudian dibentuk menjadi bulat. Kue Mochi yang beredar di Indonesia memiliki isian kacang merah, kacang hijau, coklat dan selai buah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *