7 Cara Cerdas Merawat Rambut Untuk Wanita Berhijab

By | Juni 18, 2016

Melakukan perawatan rambut berhijab berbeda dengan rambut wanita yang tidak berhijab. Perempuan yang menggunakan hijab lebih sering menutup rambutnya daripada membukanya. Rambut yang sering ditutup dengan hijab membutuhkan perawatan tersendiri supaya rambut tersebut tetap sehat. Cara merawat rambut wanita berjilbab yang pertama adalah memnuhi nutrisi rambut tersebut. Rambut berjilbab yang kekurangan nutrisi bisa mengalami rontok maupun bercabang. Dengan demikian penuhi nutrisi rambut secara baik dan tentunya sehat.

Merawat rambut berhijab membutuhkan ketlatenan untuk menjaga rambut tetap sehat sehingga tidak terjadi ketombe maupun rontok. Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan dengan mudah untuk merawat rambut berjilbab secara sehat dan alami. Supaya rambut tetap sehat adalah pemilihan jenis kain dari hijab tersebut. Disaat perempuan menggunakan hijab pastilah didalamnya menggunakan inner sehingga akan bertumpuk dengan hijab. Dengan demikian pilihlah inner dan hijab dari kain halus atau katun yang tidak menyebabkan kondisi rambut menjadi lembab.

Tips Merawat Rambut Untuk Wanita yang Berhijab

Perawatan rambut berhijab bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa tips mudah dalam merawat rambut berhijab : Cara-Merawat-Rambut-Panjang-Berjilbab

  1. Sering keramas

Seorang perempuan yang menggunakan hijab sangat disarankan untuk sering keramas. Meskipun rambut tertutup justru sering mengeluarkan keringat jika terlalu lembab ketombe bisa muncul. Dengan demikian lakukan keramas dengan retang waktu 2 hari sekali.

      2.   Manfaatkan jeruk nipis untuk rambut yang berketombe

Merawat rambut berketombe karena menggunakan hijab sedikit lebih sulit. Salah satu cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jeruk nipis sebagai masker rambut. Kandungan vitamin  C didalam jeruk nipis mampu menutrisi kulit kepala secara baik sehingga ketombe bisa berkurang dari waktu kewaktu.

       3.   Hindari penggunaan hijab ketika rambut basah

Penggunaan hijab dalam kondisi rambut basah bisa menybabkan terjadinya kerontokan. Bahkan rasa gatal juga bisa muncul akibat penggunaan hijab dalam kondisi rambut yang basah.

       4.   Manfaatkan lidah buaya sebagai perawatan

Jika ingin memiliki rambut yang lebat maka Anda bisa memanfaatkan lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya secara teratur untuk mendapatkan rambut lembut dan lebat.

       5.   Jangan ikat rambut terlalu kencang

Karena tekanan rambut yang berlebihan bisa membuatnya rapuh. Oleh sebab itu, saat berjilbab jangan ikat rambut terlalu kencang.

       6.   Konsumsi makanan bervitamin

Karena asupan nutrisi yang tepat mampu membuat rambut tetap sehat. Dalam hal ini Anda disarankan untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Pilihlah buah yang mengandung vitamin A, vitamin B, dan juga C yang mampu membuat rambut tetap sehat.

       7.   Sisir rambut secara teratur sebelum menggunakan jilbab

Cara merawat rambut berhijab yang terakhir adalah menyiris rambut sebelum menggunakan hijab secara rapi. Pada saat menyisir gunakan sisir yang bergigi besar karena mengurangi kerontokan pada rambut. Kemudian dalam mengikat rambut juga harus diperhatikan supaya rambut tidak megalami kerusakan seperti bercabang ataupun patah.

Dengan demikian jangan ikat rambut terlalu kuat karena selain menyebabkan kerusakan juga membuat Anda merasa pusing. Jika tidak menyukai mengikat rambut bisa di gelung secara renggang dan tidak terlalu siset. Untuk menjaga kesehatan rambut berhijab, Anda juga perlu memilih shampo yang cocok untuk rambut Anda. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kerontokan ataupun rambut bercabang. Gunakan hijab yang mampu menyerap keringat dengan mudah supaya rambut tidak menjadi lembab. Lakukan beberapa cara diatas jika Anda ingin memiliki rambut sehat selama menggunakan hijab. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *