Tips Melahirkan Normal Dan Tanpa Jahitan

By | Juni 14, 2016

Jahitan pada proses melahirkan umumnya disebabkan karena terjadinya robekan pada vagina. Robekan atau guntingan ini disebut dengan epsiotomi yaitu, pengguntingan yang dilakukan untuk melebarkan proses jalan lahir bayi. Meskipun pada umumnya dokter akan memberikan anestasi lokal untuk mengilangkan rasa sakit tetapi kamu bisa meminimalisir terjadinya episotomi. Melahirkan secara normal tanpa jahitan mungkin akan membuat ibu menjadi lebih tenang dan tidak merasa khawatir pada masa pemulihan kondisi pasca persalinan.

Persalinan merupakan salah satu tahapan yang cukup menegangkan untik seorang ibu hamil ketika memasuki usia trimester akhir. Sehingga tidak jarang ibu hamil yang selalu merasa cemas, khawatir, serta membayangkan rasa sakit ketika proses persalinan berlangsung. Bayi lahir dapat menggunakan metode secara normal ataupun secara cesar. Ketika tidak ada masalah dalam proses persalinan maka bisa melahirkan secara normal. Tetapi, ketika terjadi masalah seperti susang, ataupun kawah keruh maka bayi harus dilahirkan secara cesar.

tips melahirkan normal 730x430 Tips Melahirkan Normal Dan Tanpa Jahitan

Melahirkan secara normal menjadi keinginan setiap kaum perempuan. Karena, mereka ingin merasakan bagaimana sakitnya dalam memperjuangkan seorang bayi untuk keluar melalui jalannya dengan mempertarihkan nyawa. Dengan demikian kamu perlu mengatahui tips untuk melahirkan secara normal yang akan diulas dalam artikel berikut ini :

  • Yakin bahwa proses persalinan akan berjalan dengan lancar

Buatlah diri Anda merasa yakin bahwa proses persalinan akan berjalan dengan baik. Kemampuan diri Anda dalam menjalani proses normal merupakan salah satu modal awal dalam memasuki persalinan normal tanpa terjadi episotomi dan jahitan.

  • Lakukan pijatan prenium di kehamilan tua

Anda  bisa melakukan pijatan prenium yang umumnya dilakukan pada bulan – bulan akhir trimester ketiga.

  • Senam kegel

Selain melakukan pijatan prenium juga bisa melatihnya dengan senam kegel supaya bayi didalam kandungan bisa menempati posisi yang benar. Senam kegel juga bertujuan untuk melatih otot – otot di lubang pengeluaran.

  • Hindari kelelahan pada bulan-bulan terakhir

Hindari kelelahan diusia kehamilan tua terutama ketika sudah mendekati masa persalinan. Karena, episiotomi bisa terjadi jika ibu mengalami gangguan kesehatan baik ringan ataupun berat. Kelelahan merupakan gangguan ringan yang harus dihindari oleh ibu hamil menjelang masa persalinannya.

  • Lakukan gerakan yang mampu melatih otot

Lakukan gerakan ringan untuk melatih otot pada trimester akhir seperti gerakan kepala, dahi dan hidung, sehingga mampu menyentuh lantai. Hal ini membantu bayi didalam kadungan untuk memasuki posisi terbaik serta mendorong bayi. Sehingga mencegah terjadinya posisi susang karena bayi bisa terdorong dengan posisi tepat yaitu kepala berada dibawah.

  • Konsumsi buah alpukat

Konsumsilah alpukat dan minyak zaitun untuk membantu peregangan kulit Anda dari dalam.

  •  Konsumsi teh dalam trimester terakhir

Konsumsi daun teh dan rasberry selama trimester terakhir sebanyak 2 cangkir setiap hari. Hal ini membuat proses persalinan karena adanya kontrasi lebih produktif.

Lakukan tips – tips diatas supaya Anda bisa melahirkan secara normal tanpa terjadi episiotomi. Jangan lupa untuk mengatur berat badan Anda. Karena, ketika tubuh terlalu besar maka proses persalinan secara normal juga akan lebih sulit. Untuk itu aturlah kenaikan berat badan dengan memberikan nutrisi janin secukupnya. Artinya, ibu hamil tidak perlu makan secara berlebihan disetiap harinya. Cukup mengkonsumsi makanan dengan menu sehat bergizi yang mampu merangsang tumbuh kembang janin didalam kandungan. Semoga bermanfaat mom’s!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *