Tips Hidup Sehat Supaya Panjang Umur

By | Juni 6, 2016

Gaya hidup sehat menjadi sesuatu hal yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari – hari karena, tubuh yang sehat sangat dipengaruhi dari gaya hidup. Pola hidup yang sehat diawali dari pola makan serta kebiasaan baik dalam sehari – harinya. Gaya hidup sehat bisa diterapkan dengan mudah tanpa harus membutuhkan banyak biaya. Cara sederhana bisa dijadikan sebagai langkah mudah untuk menuju hidup lebih sehat. Karena, gaya hidup yang sehat menjadi pemicu utama akan kesehatan tubuh seseorang.

Memiliki umur yang panjang mungkin sudah menjadi keinginan setiap orang. Menikmati masa tua bersama keluarga dan anak cucu mungkin akan membuat seseorang lebih bahagia. Jika Anda ingin memiliki tubuh sehat dan panjang umur maka harus menerakan gaya hidup sehat. Berikut ini adalah beberapa tips hidup sehat supaya mendapatkan umur panjang :

hidup sehat Tips Hidup Sehat Supaya Panjang Umur

  • Konsumsi air putih dalam jumlah cukup

Tips hidup sehat yang pertama bisa diawali dengan konsumsi air putih dalam jumlah cukup sesuai kebutuhan tubuh. Karena, air sangat  penting bagi tubuh dalam setiap harinya. Dimana, air dibutuhkan tubuh untuk membawa nutrisi dan oksigen keseluruh tubuh. Dalam proses metabolisme, tubuh juga membutuhkan air sehingga ketika tubuh kekurangan air proses metabolisme tidak akan berjalan dengan baik. Hal ini akan ditandai dengan warna urin yang berwarna kuning dan menjadi tanda bahwa tubuh mengalami dehidrasi.

  • Istirahat cukup

Istirahat dalam jumlah cukup akan membuat tubuh tetap sehat. Berbeda dengan  seseorang yang kurang tidur akan mengalami beberapa masalah kesehatan seperti pusing, darah tinggi ataupun lainnya. Selain itu seseorang yang kurang tidur juga menyebabkan terjadinya penuaan diusia dini. Mulai, dari timbulnya kantung mata kemudian keutan pada bagian mata ataupun dahi. Pada saat kita tidur, syaraf – syaraf didalam otak bisa beristirahat dengan baik sehingga untuk keesokan harinya akan lebih fresh dan tubuh juga lebih fit.

  • Konsumsi sayur dan buah

Meningkatkan konsumsi buah dan sayur mampu membuat tubuh tetap sehat. Buah yang mengandung vitamin serta mineral akan membuat tubuh lebih sehat karena kedua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh tubuh. Terutama, buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, apel, lemon, stroberi, jambu, tomat, aprikot dan melon. Dalam mengkonsumsi sayuran leih diutamakan mengkonsumsi sayuran hijau yang mengandung antioksidan nutrisi alami, yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Konsumsi makanan bergizi

Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh cukup dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan terbebas dari lemak jenuh supaya, kolesterol didalam darah tidak menumpuk sehingga menyebabkan berbagai penyakit berbahaya atau kronis seperti stroke dan jantung.

  • Kurangi konsumsi makanan instant dan fastfood

Makanan cepa saji boleh saja dikonsumsi namun jangan berlebihan. Untuk tetap sehat sebaiknya Anda mengkonsumsi satu bulan sekali saja. Karena, konsumsi setiap hari bisa memicu terjadinya obesitas sehingga rentan terhadap serangan penyakit.

  • Olahraga

Kegiatan fisik ini merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang. Olahraga mampu membuat tubuh tetap sehat dan kesehatan tulang pun tetap terjaga.

Untuk itu terapkan tips hidup sehat supaya tubuh tetap bugar dan memiliki umur panjang. Bagi Anda seorang perokok, sebaiknya kurangi kebiasaan ini supaya terhindar dari penyakit jantung dan kanker. Begitu juga para pecandu alhkohol, hentikan kebiasaan konsumsi alkohol supaya tetap sehat hingga masa tua nanti. Semoga bermanfaat Sobat!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *